Thursday, June 29, 2017

Cara mudah update xiaomi via OTA (Over the air) melalui jaringan internet

Setelah  sebelumnya saya merelease tentang update rom xiaomi redmi note 4 ke miui versi 8.2.1.0 atasi bug, ternyata banyak yang bertanya mengenai bagaimana langkah-langkah cara melakukan update. kemungkinan besar masih banyak pengguna xiaomi yang benar-benar tidak tahu bagaimana cara melakukan update.

Update xiaomi sebenarnya sangat mudah, update bisa dilakukan melalui beberapa cara, cara yang pertama bisa dilakukan melalui OTA (Over the air) cara kedua melalui flashing ulang (kalo di komputer flashing bisa diartikean instal ulang sistem), cara ketiga melalui update via uplokasi updater namun file update harus didownload secara manual.

Update via ota khusus hanya bisa dilakukan untuk pengguna xiaomi dengan rom stable baik stable global (global official) maupun cina stable (cina official), juga rom developer (beta) sedangkan untuk hp xiaomi dengan rom distributor tidak bisa melakukan update via OTA.

cara update xiaomi via OTA


Sedangkan update melalui flashing, biasanya dilakukan untuk hp xiaomi yang ingin mengganti jenis rom, misal dari rom cina ke rom global atau dari rom distributor ke rom stable atau official, atau karena rom yang digunakan adalah rom distributor.

Tapi update yang paling cepat, aman dan praktis tentu saja update via OTA, update via OTA bisa dilakukan melalui aplikasi updater / pembaharuan bawaan dari smartphone xiaomi.

Karena masih banyak yang ragu-ragu untuk melakukan update dan masih belum tau, di artikel kali ini saya akan uraikan langkah-langkah bagaimana cara melakukan update miui xiaomi melalui OTA dengan menggunakan aplikasi updater / pembaharuan bawaan dari xiaomi.

Cara Mudah update miui xiaomi via OTA (Over the air) melalui jaringan internet

Salah satu cara praktis untuk melakukan update xiaomi adalah update melalui OTA dengan bantuan aplikasi updater milik xiaomi, cara ini hampir bisa dilakukan untuk semua versi xiaomi, tapi sayangnya cara ini hanya bisa dilakukan untuk xiaomi dengan versi rom sebagai berikut:

Jenis rom hp xiaomi yang bisa melakukan update via ota:
  • HP xiaomi dengan rom stable (stable cina /cina official, maupun stable global / global official)
  • HP xiaomi dengan rom developer (developer cina  maupun developer global) / rom beta.

Sedangkan untuk smartphone xiaomi yang kebetulan menggunakan rom jenis distributor, maka tidak bisa melakukan update xiaomi via OTA.


Jadi sebelum melakukan update anda harus mengenal jenis rom yang dimiliki xiaomi, jika xiaomi anda kebetulan menggunakan rom di atas, maka silahkan lakukan update.

Persiapan sebelum melakukan update 

Melakukan update jangan sampai gagal, karena jika gagal ditengah jalan bisa menyebabkan hp bermasalah seperti bootloop dan lain sebagainya, untuk menghindari permasalahan maka persiapan sebelum melakukan update yang harus anda perhatikan adalah sebagai berikut:

1. Pastikan baterai hp xiaomi anda full atau hp dalam keadaan terhubung pada sambungan daya listrik, ini untuk memastikan agar tidak terjadi gagal update karena hp mati.

2. Jika kapasitas update besar, disarankan menggunakan WI - FI agar quota anda tidak jebol ....xixi.

3. Pastikan kecepatan jaringan WI-FI stabil.

Langkah-langkah update xiaomi via OTA



Langkah-langkah untuk melakukan update / upgrade miui via ota adalah sebagai berikut:

1. Pastikan HP xiaomi sudah terhubung ke jaringan wifi
Perlu menggunakan jaringan wifi, karena biasanya proses update akan didahului melakukan download file update terlebih dahulu yang kapasitasnya bisa lebih dari 1 GB.

2. Pastikan pengaturan update melalui wifi aktif 
Silahkan buka aplikasi updater / pembaharuan di hp xiaomi anda, lalu pilih menu 3 titik di pojok kanan atas, kemudian pilih menu settings / setelan > lalu pada menu cek update via wi-fi only, pastikan dalam keadaan aktif.

3. Cek file update
Sebelum melakukan update, silahkan cek, apakah xiaomi untuk versi rom yang anda gunakan sudah memiliki update terbaru atau belum!. Untuk melakukan cek update silahkan buka aplikasi updater, lalu tekan tombol cek update.  pastikan versi update sudah tersedia. jika belum silahkan cek di hari-hari berikutnya.

4. Lakukan Download file update.
Setelah melakukan cek update jika file update sudah tersedia, silahkan lanjutkan dengan menekan tombol download update sampai 100%, lamanya proses download sangat dipengaruhi oleh kecepatan jaringan, semakin cepat maka downloadpun akan semakin cepat. fili update yang harus didownload biasanya bisa lebih dari 1 GB, jadi pastikan koneksi stabil.

downloading file update xiaomi


Download terkadang bisa memakan waktu berhari-hari, seperti apa yang saya alami, download jika belum selesai akan dilanjutkan tanpa harus mendownload lagi dari awal.

Tunggu proses download hinga download 100%.

5. Lakukan proses update sampai selesai.
Masih di aplikasi updater bawaan xiaomi, jika hasil download sudah 100%, maka nanti akan aktif tombol start update. silahkan tekan saja tombol start update tersebut.



Ketika proses update, hp xiaomi anda akan melakukan restart yang dilanjutkan dengan proses update, proses update biasanya memakan waktu 30 menit sampai 1 jam, jadi pastikan daya hp anda berada di kisaran 70% ke atas, atau disarankan daya dalam keadaan terhubung.

Tunggu proses update sampai selesai, jika selesai perangkat akan melakukan restart ulang dan hp xiaomi anda akan menyala dengan sistem yang baru.



Update via ota jika berhasil biasanya akan menghilangkan dan mengatasi bug-bug yang sebelumnya sering muncul di hp xiaomi, biasanya hp xiaomi akan lebih stabil dan tidak akan menganggu kinerja 4G, jika kebetulan hp xiaomi anda mendukung 4G LTE.

4 comments

Proses update OTA ini tidak menghapus data internal kan gan ? Jadi tidak perlu backup kan

Saya selalu update via ota, tidak ada data yang terhapus. aman gan

Mba klo update via ota aplikasi yg kita download hilang gak?

Beberapa kali update via ota tidak ada data yang terhapus termasuk aplikasi yang kita download

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon