Tuesday, August 27, 2019

Tips Mengenali ciri charger HP Samsung Original vs palsu

 Ketika kita beli smartphone samsung atau merk apapun, pasti dilengkapi dengan satu buah charger samsung original untuk mengisi daya, charger tersebut harus dijaga agar tidak hilang dan kondisinya selalu baik dan bisa digunakan.

Di artikel kali ini saya ingin membahas mengenai ciri-ciri charger hp samsung asli/original vs hp samsung kw alias palsu, ingin sekali saya bahas berhubung ada teman yang kebetulan salah membeli charger hp samsung miliknya karena tergirut dengan harga murah.

Ternyata charger yang dibelinya tersebut adalah charger palsu alias KW, dia baru sadar pada saat pengisiannya sangat lambat sekali. setelah saya lihat ternyata charger hp samsung yang dibelinya KW.

Untuk pengguna smartphone, terutama untuk pengguna hp samsung, keberadaan charger memang sangat penting, oleh karena itu kondisinya harus selalu dijaga jangan sampai rusak atau hilang,

Tapi sayangnya karena beberapa hal bisa saja charger original bawaan samsung kondisinya rusak atau mungkin saja hilang, tentu saja tanpa charger penggunaan hp samsung akan semakin terbatas, terutama pada saat daya mati mungkin hp tidak bisa lagi digunakan untuk sementara.

Sebenarnya ngecarger hp samsung bisa saja menggunakan charger hp milik merk lain dengan spesifikasi serupa terutma voltase dan ampherenya, karena saat ini colokan atau port dari hp sudah standar umumnya menggunakan mini USB.

Sayangnya penggunaan charger sembarangan untuk mengisi daya baterai hp samsung, jika sering digunakan bisa saja akan membuat hp samsung anda cepat sekali rusak, terutama pada kondisi baterai yang digunakan.

Cara yang paling aman adalah menggunakan charger original untuk hp samsung yang anda gunakan, jadi ntuk menjaga kondisi baterai hp agar selalu sehat, maka Jika charger hp samsung anda hilang cara terbaik yaitu dengan membeli charger dengan merk dan spesifikasi serupa dengan charger samsung yang hilang tersebut.

Kenali Charger HP Samsung Palsu vs Original/Asli

Dalam membeli charger hp, hal pertama yang harus diperhatikan adalah keaslian charger tersebut, jangan salah di pasaran saat ini ada banyak sekali dijual charger palsu, walaupun menggunakan merk serupa.

Kita sebagai pembeli sebaiknya berhati-hati jangan tergiur dengan harga charger yang murah, karena jika salah membeli dan kita tanpa sengaja menggunakan charger palsu tersebut, mungkin saja akan membuat hp samsung kita lebih cepat rusak atau baterai hp samsung kita ngedrop dan mudah terkuras.

Perbedaan charger samsung KW/ Palsu dan Original/Asli

Berikut beberapa perbedaan yang bisa anda amati secara fisik antara charger hp samsung Original dengan hp samsung palsu:

1. Bentuk logo dan label//tulisan.
Jika anda bisa menyentuhnya secara fisik, silahkan amati bentuk tulisan label pada body charger samsung yang ingin anda beli.


pada charger KW atau palsu terdapat tambahan tulisan A+, ya mungkin itu sebagai simbol bahwa charger tersebut KW.

Beberapa karaktersitik tulisan charger palsu vs original:

Original:
Tulisan  dan logo terlihat lebih rapih, solid, halus dan warna tulisan silver elegan doff

Palsu:
Biasanya logo atau tulisan tidak rapih, kadang dibeberapa huruf ada scratch/terkelupas, warna sedikit tua dan dengna permukaan lebih kasar


Bentuk Fisik Kepala usb

 Bagian Micro USB:
Umumnya bentuk fisik dari kepala micro usb charger Palsu lebih panjang, jika dibandingkan dengan charger original, ketika dimasukan besi micro usb kepala charger tidak masuk semua karena kepanjangan.

Selain itu logo pada charger samsung palsu lebih jelas, seperti gambar di bawah ini:


Bagian Colokan USB:
Pada colokan USB palsu lubang di tengah agak sedikit ke bawah, sementara yang original agak ke atas, begitu juga dengan simbol USB, pada charger USB palsu warna lebih gelap.


Bentuk Fisik Kaki Colokan Charger

Antara charger hp samsung original dan palsu anda juga bisa mengamati bagian colokan charger, colokan charger hp samsung asli biasanya ada lekukan karena perbedaan diameter, sementara pada yang palsu tidak ada.

Bentuk lubang colokan USB Charger

Anda juga bisa mengamati bentuk lubang colokan USB pada kepala charger, umumnya pada lubang USB terlihat kurang rapi dan nampak seperti ada sambungan, terlihat seperti gambar di bawah ini:

Charger Palsu Lambat dalam pengisian daya

Ciri yang berikutnya untuk membedakan charger KW dengan charger original adalah, pada saat digunakan untuk mengisi daya, umumnya charger palsu proses pengisian akan sangat lama sekali. sementara yang asli tidak.

Charger palsu lebih ringan dan terkadang bagian dalam tidak kokoh

Charger palsu biasanya agak sedikit ringan, selain itu bagian dalah tidak kokoh, kadang ketika digoyang, terdengar suara gemeretak.

Tips membeli Charger HP Samsung Original

 Ketika anda memutuskan ingin membeli charger hp samsung anda, upayakan untuk mencari charger hp samsung yang original agar lebih maksimal dalam pengisian daya dan tidak akan cepat membuat  baterai hp jebol atau rusak.

Berikut beberapa tips untuk mendapatkan charger hp samsung original:

1. Jangan tergiur dengan Harga yang murah.

Tentu bagi pelanggan hal pertama yang dicari ketika ingin membeli barang adalah harganya yang murah, anda harus hati-hati, karena harga biasanya menentukan kualitas barang.

Apalagi ketika anda ingin membeli hp sansung original di market place, akan ada banyak sekali yang jual charger hp samsung dengan berbagai harga.

Silahkan amati harganya dan jangan mudah tergiur dengan harga yang murah, bisa jadi harga menentukan kualitas barang, yang anda dapat bisa saja yang kualitas KW.

2. Beli langsung di samsung center

Agar lebih terjamin kualitasnya, lebih baik langsung beli di samsung center.

3. Hati-hati ketika beli di market place

Ketika anda memutuskan untuk membeli charger hp samsung anda di market place seperti tokopedia.com atau bukalapak.com, lihat testimoni pelanggan, dan pastikan jangan langsung tergiur dengan harga murah, tanyakan secara transparan pada penjual agar anda mendapatkan apa yang benar-benar anda inginkan.

Demikian tentang ciri-ciri charger hp samsung asli dan palsu, semoga setidaknya informasi di atas dapat membantu anda pada saat ingin membeli charger hp samsung.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon