Thursday, June 8, 2017

Cara mudah mengetahui status Unlock bloatloader (UBL) pada HP Android (xiaomi, asus, oppo, samsung dll)

Untuk hp dengan sistem android versi terbaru status bootloadernya biasanya dalam keadaan di lock atau dikunci, tapi ada juga yang sudah unloack (terbuka tidak dikunci), alasan lock pada boot loader biasanya sangat erat kaitannya dengan sistem keamanan perangkat itu sendiri, dengan boot loader dalam keadaan terkunci maka hp android menjadi sangat aman.

Tapi bootloader yang di-lock juga ternyata membatasi pengguna untuk memodifikasi sistem xiaomi, misalnya ketika ingin melakukan flashing rom, flashing twrp dan keperluan lainnya, oleh karena itu untuk tujuan tertentu terkadang bootloader pada hp android harus dalam keadaan unlock bootloader (ubl) atau terbuka, karena jika bootloader masih dalam keadaan terkunci modifikasi sistem tidak akan berhasil, bahkan bisa membuat perangkat bootloop atau softbreak.

Untuk anda yang bermaksud memodifikasi sistem xiaomi seperti ingin menginstal ulang custom room atau melakukan flashing baik flashing room maupun recovery, maka langkah pertama yang harus anda ketahui adalah status bootloader dari perangkat xiaomi tersebut, dengan mengetahui statusnya maka anda bisa memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Di artikel kali ini saya akan coba memberikan tutorial sederhana bagaimana cara mengetahui status bootloader di hp android xiaomi, apakah statusnya unlock atau lock.

Cara mengetahui status Unlock bloatloader (UBL) pada HP Xiaomi

berikut adalah langkah-langkah untuk mengetahui status bootloader pada hp xiaomi, apakah lock booatloader atau unlock bootloader (UBL)!:

Untuk mengetahuinya kita bisa menggunakan tool khusus yaitu minimal adb fastboot. tool ini bisa digunakan untuk semua perangkat android. langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Download minimal adb fastboot
Tool ini merupakan tool gabungan dari adb dan fast boot, adb (android device bridge) sendiri adalah tool menyediakan perintah khusus untuk memerintahkan perangkat android anda, sedangkan fastboot adalah tool khusus untuk memodifikasi sistem android, melakukan flashing dan modifikasi lainnya.

2. Instal tool adb and fasboot di komputer anda seperti biasa.

3. Matikan hp android anda, lalu masuk ke fastboot mode, caranya dalam keadaan hp mati tekan tombol volume bawah dan power secara bersamaan, tahan beberapa saat sampai hp menyala. Mode fastboot di xiaomi akan terlihat seperti gambar di bawah ini:



4. Hubungkan hp dengan komputer menggunakan kabel usb, komputer akan menginstal driver untuk perangkat hp android yang anda hubungkan, tunggu hingga perangkat dapat terhubung dengan baik, pastikan driver terinstal dengan baik. biasanya notifikasinya akan muncul di sudut kanan bawah layar komputer.

Klik saja untuk mengetahui informasinya, Jika bergambar x merah itu artinya error, silahkan gunakan dialog tersebut ikuti petunjuknya, agar window secara otomatis mencari dan menginstal driver yang dibutuhkan.

5. Jalankan tool minimal adb fastboot, akan tampil seperti gambar di bawah ini:


6. Cek perangkat dengan mengetikan perintah : fastboot devices


Gambar di atas menandakan perangkat sudah terbaca oleh tool adb and fastboot, jika tidak muncul kemungkinan driver hp anda tidak terinstal dengan baik alias error ketika melakukan instal /hp tidak dikenali oleh komputer. silahkan perbaiki

7. Cek status bootleader dengan mengetikan perintah fastboot oem device-info


Lihat pada tulisan Device unlocked, jika bertuliskan fasle, maka itu artinya bootloader pada perangkat android anda masih terkunci (locked bootloader) , jika nilainya true maka itu artinya bootloader hp android anda sudah dibuka (unlock bootloader  /ubl).

Tool di atas juga selain dapat anda gunakan untuk mengecek status unlock bootloader, bisa juga anda gunakan untuk fungsi berikut:

a. Membuka bootloader (perintahnya : fastboot oem unlock)
b. Mengunci bootloader kembali. (perintahnya : fastboot oem lock)
c. Flash TWRP
perintah:
fastboot erase recovery
fastboot flash recovery
recovery.img (file .img harus disimpan satu folder dengan instalasi tool adb and fastboot)

Perintah-perintah fastboot lainnya anda bisa baca di sini

Atau bisa juga anda lihat dengan mengetikan perintah fastboot help: command akan menampilkan perintah-perintah fastboot beserta keterangannya secara lengkap.

Keluar dari fastboot mode
Oh ya untuk keluar dari fastboot mode di hp android anda bisa tekan tombol power dalam waktu yang lama sampai hp melakukan restart.


Demikian artikel sederhana mengenai Cara mengetahui status Unlock bloatloader (UBL) pada HP Android (xiaomi, asus, oppo, samsung dll), semoga artikel di atas cukup membantu.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon