Wednesday, May 24, 2017

Mengenal Istilah Android (Root, Flash, TWRP, UBL, HH, Bootloop, Hardbrick, Softbreak)

Tags

Mengenal Istilah Android (Root, Flash, TWRP, UBL, HH, Bootloop, Hardbrick, Softbreak) - Kebanyakan yang memiliki hp android statusnya hanya sebagai pengguna murni saja tidak lebih, namun terkadang jika terjadi suatu kerusakan pada perangkat android miliknya, maka mulailah si pengguna yang tadinya hanya tau menggunakan mencari cara bagaimana cara memperbaiki hp tersebut.

Pada umumnya jika terjadi kerusakan pada hp android, ada 2 cara yang bisa dipilih, yang pertama diperbaiki oleh pribadi dan yang kedua bawa ketukang service hp, namun jika ingin menempuh jalur hemat  ya pilihannya adalah memperbaikinya sendiri.

Saat ini ada banyak sekali jenis kerusakan yang bisa terjadi pada smartphone anda, terutama smartphone dengan sistem opearasi android, baik kerusakan hardware, kerusakan software atau kerusakan pada sistem android, jika kerusakan terjadi pada sisem softwarenya kemungkinan besar bisa diperbaiki, bahkan tanpa bantuan teknisi sekalipun, karena saat ini ada banyak sekali informasi yang beredar di internet yang menawarkan segala macam solusi yang bisa kita coba untuk memperbaiki hp yang kita miliki.

Mengenal Istilah Android (Root, Flash, TWRP, UBL, HH, Bootloop, Hardbrick, Softbreak)


Yang menjadi kendala pemula yang ingin mencoba memperbaiki ponselnya sendiri biasanya terbentur istilah-istilah android yang sulit untuk dipahami, karena umumnya informasi yang diuraikan di dalam sebuah artikel tutorial android yang bertebaran di internet kebanyakan menggunakan istilah-istilah android yang kadang baru didengar oleh pemula.

Untuk para pengguna android yang sering ngoprek, istilah tersebut tentu dapat dipahami dengan baik karena mereka sering membaca dan mendengar istilah tersebut, tapi untuk pemula saya yakin anda akan dibuat pusing memahaminya sehingga tidak jarang mereka harus mencari tau sendiri pengertiannya.

Mengenal Istilah Android (Root, Flash, TWRP, UBL, HH, Bootloop, Hardbrick, Softbreak)

Di artikel kali ini, saya akan menjelaskan mengenai istilah-istilah yang berkaitan dengan dunia android, terutama yang sering digunakan oleh teknisi atau pengguna yang sering ngoprek android, sehingga untuk anda yang baru mengenal dunia android bisa memahaminya dengan baik.

Ada banyak sekali Istilah-istilah android, namun istilah yang akan saya uraikan di artikel kali ini adalah istilah yang sering sekali digunakan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Root / Rooting

Ketika berurusan dengan perangkat android, setidaknya anda sering mendengar istilah root/rooting, lantas apa itu root/rooting ?
 
Jika diartikan root itu adalah akar, namun root di dunia android berkaitan dengan level user yang sering juga digunakan di dunia linux.

Root di dunia android sebenarnya adalah nama level user yang memiliki akses full terhadap sistem android, sayangnya di  semua ponsel android  yang beredar di pasaran level user root ini kebanyakan dalam mode terkunci, pengguna android biasanya hanya memiliki level penguna yang aksesnya dibatasi, mereka hanya bisa menambahkan /memodifikasi /menghapus aplikasi android dari pihak ke 3 saja tanpa bisa memodifikasi sistem android secara penuh.

Agar pengguna android memiliki akses penuh terhadap sistem android miliknya, maka dibutuhkan akses dengan level root, untuk tujuan ini, maka salah satu caranya si pengguna harus mampu membuka kunci level root tersebut, aktivitas ini disebut dengan rooting, istilah rooting ini sama halnya dengan jail break di smartphone apple.

2. Flash / Falsing

Istilah yang kedua yang tidak kalah seringnya didengar adalah istilah flash /flashing, istilah ini sering kita dengar manakala ada kerusakan di hp android, lantas apa itu flash / flashing ?

Flashing jika di dunia komputer sama dengan melakukan instal ulang sistem operasi, tidak jauh berbeda, di android juga istilah flashing artinya melakukan instal ulang sistem operasi android, untuk melakukan flash biasanya membutuhkan ROM android sesuai dengan merk dan versi hp yang digunakan (semacam software sistem operasi window).

Untuk melakukan flashing, biasanya memerlukan bantuan tool lainnya, semisal TWRP yang akan dijelaskan berikutnya.

3. TWRP

TWRP adalah singkatan dari Teamwin Recovery Project, adalah sebuah tool boot android yang dapat berjalan pada saat hp android anda dalam mode boot (kondisi ketika hp dihidupkan sebelum masuk ke tampilan utama).

Tool TWRP jika dijalankan hanya menampilkan menu-menu sederhana dengan background gelap. Tool ini biasanya sangat dibutuhkan, untuk keperluan pemulihan atau recovery pada hp android, seperti misalnya ganti room dll.

Tampilan utama tool twrp android
Contoh tampilan twrp

TWRP untuk beberapa merk hp android sudah disediakan oleh sistem android itu sendiri, namun untuk beberapa versi ada yang belum ada, sebagian ada yang hanya menyajikan menu backup dan restore saja tergantung dari merk hpnya.

Agar hp android anda memiliki tool TWRP yang memiliki fitur lengkap biasanya harus melakukan instalasi/flash TWRP sendiri secara manual..

Untuk masuk ke mode TWRP, ponsel android harus dalam keadaan mati, kemudian tekan tombol Volume + (Volume atas)  dengan tombol power secara bersamaan dalam waktu beberapa detik, ponsel anda akan melakukan booting seperti menyala dan akan masuk ke mode TWRP  jika di hp android anda sudah terpasang TWRP.

Tool ini sangat berguna ketika hp anda ingin di root, flash dengan room yang lebih baru, melakukan backup atau recovery, menghapus file sistem (Wipe) dan fitur-fitur pemulihan lainnya yang cukup berguna.

4. UBL / Unlock Boatloader

Jika anda sering membaca android, setidaknya anda akan sering mendengar istilah UBL, istilah ubl ini sebenarnya singkatan dari unlock boatloader, yaitu membuka kunci boatloader agar hp bisa diinstal TWRP dan tool lainnya.

Status bootloader di beberapa perangkat android, seperti misalnya di hp xiaomi keluaran versi terbaru, boatloadernya dalam keadaan dikunci, tujuannya adalah untuk membuat hp terproteksi dengan baik, namun dengan beberapa alasan boatloader terkadang perlu di unlock. tentunya dengan bantuan tool khusus.

5. HH

Di beberapa forum dan artikel internet terutama yang membahas tentang android banyak yang menyebut istilah HH, perlu anda ketahui bahwa yang dimaksud dengan HH sebenarnya sama dengan hp itu sendiri, HH merupakan singkatan dari Handheld artinya dipegang oleh tangan yang kemudian diartikan sebagai handphone. karena ingin kelihatan keren banyak yang menyebutkan HP dengan istilah HH.

So jangan bingung lagi  ya ketika ada teman atau ketika membaca sebuah artikel ada yang menyebut istilah HH, sekarang anda sudah tau artinya.

6. Bootloop

Bootloop adalah suatu kondisi ketika hp anda terus melakukan boot ulang dan tidak mau masuk ke home screen, kondisi ini terjadi  ketika hp dihidupkan atau direstart.

Boot adalah saat ketika hp startup ingin menyala, sedangkan loop adalah pengulangan, boot loop adalah ketika hp anda terus- menerus melakukan boot -restart -boot restart begitu seterusnya tanpa berhenti.

Bootloop biasanya disebabkan karena adanya modifikasi sistem secara ekstrim, seperti misalnya melakukan flashing yang gagal, kesalahan melakukan root android, error ketika melakukan flash twrp dan penyebab lainnya.

7. Softbreak dan Hardbreak

Softbreak adalah suatu kondisi kerusakan pada hp ketika hp dihidupkan tidak mau masuk ke menu utama atau home screen, hp hanya menampilkan animasi logo saja tanpa mau start atau orang banyak yang menyebutkan stuck logo.

Softbreak biasanya penyebabnya sama dengan bootloop, dan hp masih bisa diperbaiki dengan cara-cara tertentu.

Hardbreak adalah kondisi yang lebih parah dari hardbreak, biasanya kondisi hp mati total, namun ketika di cash, indikator baterai masih kelihatan, penyebabnya tidak jauh berbeda dengan penyebab yang bisa menyebabkan hp bootloop atau softbreak.

Ketika hp dalam kondisi hardbreak kemungkinannya sangat kecil untuk bisa diperbaiki dan pulih kembali mungkin kesempatan hp kembali normal hanya 3% saja, ada cara-cara tertentu untuk memperbaikinya, jalan terakhir adalah memperbaikinya ke service center.



Itulah beberapa istilah android (Root, Flash, TWRP, UBL, HH, Bootloop, Hardbrick, Softbreak) yang sering sekali digunakan, semoga uraian pada artikel di atas bisa menambah informasi untuk anda.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon