Wednesday, May 24, 2017

Cara Tepat Mengatasi HP Yang terendam Air atau terkena Air

Ada saja permasalahan yang bisa terjadi pada perangkat smartphone, hp atau ponsel. Yang sering terjadi adalah hp tanpa sengaja terkena air atau terendam terjatuh kedalam air, parahnya lagi hp dalam kondisi menyala, jelas untuk beberapa merk hp yang tidak punya perlindungan khusus terutama pada hp touch screen yang sangat mengendalkan layar, bisa jadi akan mengakibatkan kerusahakan pada hp dan layar LCDnya, bahkan terkadang hp bisa mati total.

Sebenarnya ketika  hp masuk air tidak selamanya bisa merusak hp, tergantung seberapa lama dan seberapa parah hp tersebut terkena air, jika yang terkena air bukan bagian yang penting seperti layarnya saja atau sebagian besar bagian luar saja, kemungkinan hp masih berfungsi dan bisa digunakan.


Mengatasi HP yang terendam atau terkena air

Namun jika yang tekena air adalah bagian inti hp yang penting seperti sambungan sirkuit baterai dan bagian komponen dalam hp, maka hp biasanya akan mati total karena terjadi konslet. berhubung air adalah konduktor atau penghantar listrik yang baik.

Jika hp terjaduh ke air dan ketika hp diangkat masih dalam keadaan hidup, maka untuk menghindari kerusakan lebih parah sebaiknya anda harus melakukan tindakan-tindakan pencegahan.

Sayangnya tidak banyak yang tau apa cara yang harus dilakukan untuk menghindari kerusakan pada hp yang tekena air, oleh karena itu di artikel kali ini saya akan berbagi informasi untuk anda terutama yang mengalami ponselnya jatuh ke air, agar hpnya bisa digunakan kembali dengan normal.

Cara Mengatasi HP yang terjatuh ke dalam air 

Ketika hp terjatuh maka selain bisa menyebabkan hp mati total alias tidak bisa menyala, terkadang hp juga bisa jadi menyala normal namun biasanya akan ada bekas air seperti embun di LCD atau layar hp taouch screen anda.

Ingat jangan salah mengambil tindakan dan jangan sekali-kali menjemur hp anda langsung dibawah terik matahari, karena bisa berakibat fatal pada hp anda.

Berikut adalah cara-cara yang bisa anda tempuh ketika hp anda masuk terjatuh ke dalam air:

1. Ketika hp masih menyala namun masih ada genangan air di layar LCD atau ada sisa-sisa semacam embun, maka yang harus anda lakukan adalah, membongkar casing hp tersebut, dan bagian-bagian penting lainnya yang bisa dipisahkan, seperti kartu, baterai, memory card dan bagian lainnya, kemudian keringkan bagian-bagian yang bisa dijangkau dengan tisu kering, kemudian gunakan kipas angin untuk mengeringkan sisa-sisa air yang ada didalamnya, pastikan pisisi hp dalam keadaan berdiri.

Kipas angin akan membantu mengerikan sisa-sisa air yang terdapat di hp, memang terkadang akan membutuhkan waktu berjam-jam, namun cara seperti ini ampuh sekali menghilangkan sisa-air yang menempel di LCD,

Jika anda sanggup anda juga bisa membongkar seluruh body hp dan mengeringkannya kemudian merangkainya kembali sayangnya cara ini pernuh resiko apalagi anda tidak terbiasa.

Anda juga bisa menggunakan hair drayer namun jangan terlalu dekat karena biasanya suhu dari hair drayer sedikit panas. atur jarak, lakukan sampai hp anda kering.

2. Jika hp anda masih ada embun di layar LCDnya
Anda juga bisa menggunakan media beras, beras sangat baik untuk menyerap embun, caranya bongkat casing hp anda dan bagian-bagian lainnya yang terpisah, kemudian letakan di dalam wadah lalu timbun dengan beras, diamkan ditempat terbuka, silahkan tunggu minimal 1 x 24 jam dan anda bisa lihat hasilnya, jika berhasil embun biasanya akan hilang. cara ini juga bisa anda coba untuk hp yang keseluruhan sirkuit dalamnya tenggelam.

3. Ketika hp terendam air laut/ kopi teh manis dll.
Jika hp tercebur air laut atau kopi (bukan air tawar), maka jika kondsi tenggelamnya sangat parah, anda terpaksa harus mencuci dengan air tawar terlebih dahulu untuk bagian yang terkena air laut atau kopi tersebut, lalu kemudian keringkan dengan cara di atas.

4. Jangan mengocok dan menggoyang-goyang hp yang terendam.
Untuk hp yang terendam hindari untuk menggoyang-goyang hp dengan tujuan agar air terciprat keluar, karena cara ini bisa menyebabkan air masuk ke bagian hapi yang lain.

5. Pastikan hapi dalam keadaan mati.
Pastikan hp dalam kadaan mati, cabut baterai jika perlu. kadang memang ketika hp terendam hp tetap dalam kondisi hidup, jika demikian lebih baik silahkan anda matikan tekan tombol power atau cabut baterainya.


Hidupkan kembali hp anda jika kondisi hp dirasa sudah cukup kering, beberapa kasus hp bisa diselamatkan dan embun-embun atau basah yang muncul pada layar lcd sudah bisa diatasi.

Demikian tentang cara mengatasi hp yang terendam atau tenggelam kemasukan air semoga cara di atas manjur untuk hp anda.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon