Tuesday, May 30, 2017

Pengalaman memakai HP xiaomi redmi note 3 & 4, kelebihan serta kekurangannya!

Sebenarnya saya sendiri bukanlah penggemar xiaomi, tertarik untuk membeli xiaomi awalnya karena banyak rumor di luar sana yang beredar bahwa hp xiaomi ini bagus, diambah lagi di negerinya sempat mendapat kabar bahwa xiaomi menjadi salah satu hp terlaris bahkan mampu mengalahkan tingkat penjualan samsung yang pada waktu itu merajai pasaran cina.

Saya sendiri awalnya tidak tau apa yang membuat orang banyak yang mengklaim bahwa xiaomi itu bagus. namun karena ternyata banyak juga para penggemar gadget di indonesia ramai membicarakan xiaomi dan ramai pula mencari hp yang satu ini, maka sayapun akhirnya tertarik untuk membelinya, padahal pada waktu itu perangkat xiaomi masih sulit kita dapatkan dipasaran indonesia.

Pengalaman memakai xiaomi


Xiaomi pertama yang saya bel adalah xiami redmi 2, namun tidak mampu bertahan lama karena hp tersebut saya kasih pada kakak saya. berikutnya saya beli xiaomi redmi note 3 pro dengan chipset cualcomm, tapi sayang xiaomi redmi note 3 yang saya pilih menggunakan rom developer cina, akhirnya saya sendiri direpotkan harus menginstal aplikasi google play sendiri secara manual, mengingat di xiaomi rom developer cina  diperuntukan untuk cina dan hanya menyediakan mi store sedangkan produk google tidak tersedia.

Xiaomi redmi note 3, menurut saya sepesifikasi nya lumayan bagus, apalagi sudah support 4G, harganya pun terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan merk hp lainnya dengan spesifikasi serupa.

Xiaomi redmi note 3 menurut saya benar-benar ampuh dan nyaman, untuk chipset qualcomm sistem cukup stabil serta tidak mudah panas, bateraipun awet, tapi saya sempat terkendala dengan jaringan 4G yang tidak bisa digunakan, kabarnya sih karena adanya peraturan dari pemerintah tentang TKDN (tingkat kandungan dalam negeri), bahwa hp yang di ekport dari luar harus mengandung TKDN jika tidak maka tidak bisa mengakses 4G.

Dengan membaca referensi akhirnya jaringan 4Gpun bisa bekerja dengan baik, walaupun tidak permanen dan harus selalu melakukan konfigurasi manual untuk mengaktifkan jaringan tersebut. Tidak bertahan lama akhirnya saya pun menjual xiaomi redmi note 3 ke teman saya, alasannya karena saya tertarik dengan xiaomi redmi note 4 yang pada waktu itu baru release.

Membeli HP Xiaomi Harus hati-hati jika tidak anda bisa dirugikan.

Saya baru tau bahwa membeli hp xiaomi itu harus hati-hati, karena jika tidak maka anda bisa dirugikan, dikarenakan hp xiaomi yang berada dipasaran indonesia tidak semuanya resmi, bahkan sebagian ada yang datang dari black market.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari teman dan dari referensi internet, sebelum membeli hp xiaomi maka anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

Pilih garansi Resmi

Pastikan bahwa hp xiaomi yang anda akan anda beli memiliki garansi resmi, karena xiaomi dengan garansi distributor resmi biasanya kualitasnya terjamin, anda juga sebenarnya bisa memilih garansi distributor, namun anda harus selektif memilih distributor yang dapat dipercaya jika tidak kemungkinan hp xiaomi yang anda dapatkan xiaomi abal-abal.

Pilih ROM Stable

Perlu juga anda ketahui, xiaomi yang beredar di pasar indonesia memiliki bermacam-macam rom atau firmware, rom itu semacam sistem operasi lah kalo diwindow. beberapa rom yang dimiliki xiaomi yang beredar di pasar indonesia adalah sebagai berikut:
  • ROM Stable cina official
  • Rom Stable Global official
  • Rom Developer cina
  • Rom Distributor abal-abal.
Pastikan rom xiaomi yang anda pilih bukan rom distributor, dikarenakan rom distributor biasanya sudah dimodifikasi dan tidak jarang didalamnya sudah diinjek dengan iklan sehingga terkadang xiaomi dengan rom jenis ini kadang suka ada muncul iklan tiba-tiba ketika digunakan tanpa anda kehendaki, bahkan beberapa sudah terpasang bloatware, aplikasi bawaan yang sulit di hapus.

Untuk diindonesia sih disarankan pilih xiaomi dengan rom stable global official, karena xiaomi rom jenis ini sudah diperuntukan untuk skala global, didalamnya sudah mengandung bahasa indonesia, dan sudah terinstal produk aplikasi google, xiaomi jenis ini siap digunakan tanpa harus anda instal-instal lagi.

Anda juga bisa memilih rom cina, namun anda harus menginstal aplikasi bawaan google seperti google playstore dan sahabatnya, juga anda hanya disajikan 2 pilihan bahasa, yaitu inggris dan cina. sedangkan rom developer cina ini juga bisa anda pilih, namun rom ini diperuntukan untuk pengujian fitur baru dari xiaomi dan status versinya akan beta selamanya walaupun sudah anda update.

Ini Pengalaman saya menggunakan xiaomi Redmi note 4

Berbekal informasi di atas akhirnya saya membeli redmi xiaomi note 4 secara online dengan harga kisaran 2.160.000, alasan saya memilih xiaomi versi ini dikarenakan spesifikasinya yang lumayan tinggi, namun harganya cukup murah, sebagaian spesifikasi  yang saya minati adalah sebagai berikut:
  • Ram: 3 Gb
  • Support 4G
  • Memory internal 64GB (menurut saya sangat besar)
  • Layar 5,5 inci, sangat ideal menurut saya, pas digenggaman tangan
  • Sudah suport fingger print
  • Kamera juga lumayan 
  • Desain elegan menurut saya
  • Spesifikasi selengkapnya dan gambar bisa anda lihat di gmsarena.com, terlalu panjang kalo dijabarkan disini

Spesifikasinya lumayan tinggi bukan, sayapun tertarik  untuk membelinya, karena keterbasan dana sementara perlu banget, akhirnya memilih xiaomi redmi note 4 dengan chipset mediatek dengan rom global official, namun garansinya distributor terpercaya, sory saya lupa lagi nama garansinya.

Banyak yang menyarankan memilih xiaomi redmi note 4 yang qualcomm, dikarenakan mediatek kabarnya cepat panas, karena terlanjur memelinya ya sudahlah kelebihan dan kekurangan yang ada saya telan saja, berhubung waktu itu dananya tidak cukup.

Ini Kelebihan xiaomi redmi note 4 menurut saya

Pertama kali menggunakan xiaomi redmi note 4, saya benar-benar terkesan dengan desainnya, dan memang benar berbeda dengan merk hp lain baik dari sisi desain maupun fitur yang ada didalamnya, benar saja kenapa banyak yang  menyebut xiaomi dengan apple dari negeri tirai bambu memang pantas.

Kelebihan yang saya rasakan ketika memakai xiaomi redmi note 4 diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Desain elegan, relative sih, tapi saya suka
2. Tampilan bersih, mungkin karena masih baru
3. Main game berat, lancar jaya
3.  Kelebihan lainnya bisa dilihat di spesifikasinya.

Ini kekurangan xiaomi redmi note 4 ketika pertama kali digunakan

Sayangnya dibalik kelebihan, banyak terdapat kekurangan, terutama untuk hp dengan spesifikasi yang saya gunakan, yaitu xiaomi redmi note 4 mediatek dengan rom global official.

Kekurangan yang saya dapatkan adalah sebagai berikut:

1. Kamera ngelag, ketika kamera pertama kali digunakan ngelag dan sangat berat, namun ini bisa diatasi caranya bisa dilihat di sini.

2. Pemutar video ternyata ngelag juga, saya baru tau ketika sudah beberapa minggu digunakan, dikarenakan ketika awal beli tidak pernah saya cek. ini juga bisa diatasi dan saya tulis di artikel cara mengatasi kamera dan video ngelag di xiaomir edmi note 4.

3. Suara ngeresek (sunda) berisik alias noise dan tersendat-sendat. ini sering muncul ketika hp digunakan untuk bermain game atau mendengarkan mp3.

4. Temparatur hp cepat panas dan baterai boros, ini mungkin akibat sistem xiaomi redmi note 4 menggunakan chipset mediatek dan sistem xiaomi yang masih banyak memiliki bug, sehingga menyebabkan termperatur hp cepat panas dan berakibat baterai boros, bahkan baterai tetap boros ketika hp tidak digunakan sama sekali.

Untuk hp xiaomi redmi note 4 mediatek yang saya gunakan, selain kelemahan di atas saya tidak menemukan kelemahan lainnya, dan untungnya kelemahan-kelemahan yang terdapat pada xiaomi redmi note 4 mediatek tersebut dapat di atasi dengan melakukan update xiaomi miui ke versi 8.2.1.0.


Itulah artikel tentang Pengalaman saya memakai xiaomi redmi note 3 & 4 kelebihan serta kekurangannya!, semoga informasi di atas bisa memberikan informasi bermanfaat untuk anda terutama ketika anda memutuskan untuk membeli xiaomi.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon