Friday, June 16, 2017

2 trik ampuh lock aktifkan 4G /Lte di hp xiaomi yang selalu hilang dan tidak aktif

2 trik ampuh lock jaringan 4G /Lte xiaomi yang selalu hilang (tidak aktif) - Saat ini ada banyak sekali dijual ponsel xiaomi yang sudah dilengkapi fitur 4G LTE, sayangnya di indonesia sendiri masih banyak hp xiaomi yang dipasarkan secara ilegal bukan lewat jalur resmi, sehingga banyak xiaomi dengan rom distributor (non-resmi), sehingga rom xiaomi menjadi tidak original lagi, akibatnya tidak jarang membuat hp xiaomi banyak memiliki kendala dan permasalahan.

Salah satu kendala yang sering dialami oleh pengguna hp xiaomi adalah hilangnya jaringan 4G  atau jaringan 4G tidak dapat diaktifkan pada perangkat xiaomi miliknya, padahal sebenarnya perangkatnya sudah support 4G Lte dan kartu seluler yang digunakanpun sudah aktif 4G, ini bisa terjadi karena jenis rom xiaomi yang digunakan bukan rom resmi atau bisa juga karena anda melakukan modifikasi sistem xiaomi seperti melakukan update xiaomi sehingga pada versi update menyebabkan 4G lte tidak berfungsi.

Kasus jaringan 4G yang hilang ini banyak terjadi pada smartphone xiaomi redmi note 3 dengan rom distributor baik yang menggunakan miui 7 maupun yang sudah menggunakan miui 8, tentunya dengan adanya kasus ini banyak pengguna yang merasa kurang puas dengan performa xiaomi yang digunakannya, apalagi kita tau jaringan 4G kecepatannya ada di atas jaringan 3G, siapa yang tidak mau, bahkan di indonesia sendiri saat ini 4G sudah mulai tersebar hampir di semua tempat dengan performa yang cukup baik.

Seperti yang pernah saya singgung di artikel sebelumnya mengenai cara mengaktifkan 4G lte xiaomi,  Sebenarnya jaringan 4G yang hilang di hp xiaomi bisa kita akali agar jaringan tersebut bisa muncul dan bisa aktif serta berfungsi dengan baik, namun sayangnya belum banyak pengguna xiaomi yang mengetahui caranya, oleh karena itu di artikel kali ini saya akan share trik bagaimana cara lock jaringan 4G di xiaomi agar bisa aktif dan berfungsi dengan baik.

Cara Ampuh lock jaringan 4G /LTE xiaomi yang selalu hilang (tidak aktif)

Untuk anda pengguna hp xiaomi yang sudah support 4G  lte, namun hp nya belum bisa menangkap jaringan 4G maka anda bisa mencoba cara-cara di bawah ini:

Syarat:
Sebelum menggunakan cara-cara di bawah ini pastikan persyaratannya sudah lengkap sebagai berikut:
  1. HP xiaomi anda sudah dilengkapi fitur 4G
  2. Anda sudah menggunakan kartu seluler yang sudah mendukung 4G dan sudah diaktifkan.
  3. Di sekitar hp digunakan sudah terdapat jaringan 4G.

Sedangkan langkah-langkah untuk mengaktifkan atau lock jaringan 4G di hp xiaomi anda adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan hp xiaomi anda.

2. Masuk ke menu setelan /settings / pengaturan

3. Scroll ke bagian paling bawah lalu pilih menu about cellphone/ tentang ponsel

4. Pada halaman tentang ponsel, tap sebanyak 5 kali pada memory internal sampai anda masuk ke halaman testing.

 5. Pada halaman testing pilih Phone information 1, atau phone information 2, tergantung dimana anda meletakan kartu untuk internetan.

Cara lock 4g lte xiaomi

6. Di halaman phone info, pada bagian "set preferred network type" silahkan anda pilih LTE Only jika sinyal 4G di tempat anda kuat, atau pilih LTE/WCDMA jika jaringan 4G di tempat anda kurang bagus agar ketika 4G tidak tertangkat jaringan akan beralih ke WCDMA.


Sayangnya cara di atas kelemahannya adalah tidak permanen, artinya ketika hp anda di restart, maka pengaturan akan terhapus jadi anda harus melakukan pengaturan lagi dari awal.

Bagaimana jika Set Preferred Network tidak dapat dipilih ?

Terkadang untuk beberapa hp xiaomi dengan versi rom tertentu, set preferred network type tidak dapat dipilih sama sekali, atau setiap kali dipilih selalu kembali pada pilihan sebelumnya.

Jika pada hp xiaomi anda kebetulan tidak bisa memilih bagian set preffered network, anda bisa mencoba cara berikut:

Caranya sedikit berbeda dengan cara di atas:

1. Aktifkan hp xiaomi anda, lalu cabut simcard yang digunakan untuk internetan, anda bisa masuk mode pesawat dulu sebelum mencabutnya agar anda tidak mematikan hp dulu.

2. Masuk ke menu setelan /settings / pengaturan

3. Scroll ke bagian paling bawah lalu pilih menu about cellphone/ tentang ponsel

4. Pada halaman tentang ponsel, tap sebanyak 5 kali pada memory internal sampai anda masuk ke halaman testing.

 5. Pada halaman testing pilih Phone information 1, atau phone information 2, tergantung dimana anda meletakan kartu untuk akses internet, misal saya pilih phone info 1, maka akan masuk ke halaman seperti gambar di bawah ini:

cara lock mengaktifkan 4G LTE


4. dengan mencabut simcard, pilihan set preferred network type akan aktif dan bisa anda pilih, silahkan pilih LTE Only jika 4G di tempat anda kuat, atau pilih LTE/WCDMA jika jaringan 4G di lokasi anda lemah.

5. Masih di halaman yang sama, setelah jenis jaringan dipilih, silahkan masukan ulang kartu untuk internetan pada simcard semula.

Dengan cara di atas jaringan 4G pada hp xiaomi anda akan terkunci, walaupun beberapa kasus terkadang kembali lagi ke jaringan 4G.

Ingat kelemahan cara di atas adalah setingan akan kembali hilang, ketika anda melakukan restart pada perangkat xiaomi anda, jadi setiap kali restart anda harus kembali melakukan cara-cara yang sama untuk mengaktifkan jaringan 4G seperti langkah-langkah di atas.

Itulah artikel tentang 2 trik ampuh lock jaringan 4G /Lte xiaomi yang selalu hilang (tidak aktif), semoga berhasil.

1 comments so far

Terima kasih atas tutorialnya sangat membantu.dan sukses

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon