Monday, February 12, 2018

Fungsi Mode baca (reading mode) di hp xiaomi ternyata bermanfaat untuk kesehatan mata

Saat ini perkembangan teknologi mobile terutama smartphone dengan sistem operasi android  benar-benar sangat pesat, bahkan sudah melibatkan unsur-unsur yang dapat menjaga dan memelihara kesehatan penggunanaya. salah satunya adalah tersedianya fitur mode baca atau reading mode.

Saya yakin jika anda pengguna smartphone dengan teknologi terkini akan sedikit dibuat heran dan bertanya-tanya mengenai fitur mode baca ini, apa sebenarnya fungsi dan manfaatnya ?.

Fitur mode baca di hp xiaomi pada umumnya secara bawaan dalam keadaan non-aktif, anda bisa mengaktifkannya melui menu pengaturan di hp xiaomi anda, ketika mode baca diaktifkan maka warna cahaya layar hp android anda akan berubah menjadi ke kuning- kuningan terlihat gersang.

fungsi mode baca di hp android xiaomi


Memang jika tidak biasa, anda akan sedikit dibuat tidak nyaman, dengan warna kekuningan yang dipancarkan layar hp anda ketika mode baca dalam keadaan aktif, namun anda harus tau dibalik warna kekungingan tersebut tujuannya  ternyata untuk menjaga kesehatan mata pengguna.

Fungsi dan Kegunaan Mode baca di hp android xiaomi ternyata bermanfaat untuk kesehatan mata

Mode baca atau reading mode di hp android sebenarnya digunakan untuk keperluan membaca, mode baca sengaja dibuat berwarna kekuningan, tujuannya adalah untuk menghilangkan atau menyaring warna hijau dan biru pada kombinasi cahaya lahar hp anda.

Manfaatnya ternyata sangat baik untuk pengguna, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti (salah satunya Prof Paul Gringras) menyatakan bahwa dengan mengurangi warna biru pada cahaya screen hp anda, maka akan menunda jam tubuh untuk beristirahat, sehingga si pengguna tidak akan merasa kantuk walaupun membaca selama berjam-jam.


Tanpa anda ketahui ternyata cahaya kekuningan pada mode baca  selain dapat menunda jam tubuh untuk beristirahat, juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata, Mata akan dibuat sangat nyaman ketika digunakan untuk membaca artikel dan lain sebagainya.

Fungsi Reading mode di hp android:
  1. Mengurangi radiasi cahaya yang masuk ke mata
  2. Menunda jam tidur sehingga pengguna tidak akan mudah mengantuk ketika membaca
  3. Membuat  mata lebih fokus
  4. Menghemat baterai smartphone android anda
  5. Dapat digunakan dimalam hari dan siang hari
  6. Tidak membuat mata lelah.

Jadi pastikan anda mengaktifkan mode baca di hp xiaomi anda ketika anda ingin membaca novel / cerpen melalui hp xiaomi anda, karena dengan mengaktifkan mode baca, mata anda akan lebih sehat dan terjaga dari hal-hal yang dapat membuat mata lelah.

Lantas bagaimana cara Mengaktifkan Mode baca di hp xiaomi  ?

Di beberapa merk hp saat ini sudah menyediakan reading mode atau mode baca, seperti misalnya di hp xiaomi, asus, samsung, lenovo, andromax dan merk hp android lainnya.

Umumnya untuk mengaktifkan reading mode ini ada di menu settings / setelan / pengaturan. mungkin penyajian antara merk hp satu dengan merk hp lainnya sedikit berbeda.

Namun di hp xiaomi untuk mengaktifkan mode baca ini langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke menu settings / setelan

2. Pada halaman setelan/ settings > pilih menu Display 

3. Pada halaman display, silahkan aktifkan Opsi Reading Mode.

Dengan mengaktifkan reading mode, maka hp android xiaomi anda akan sedikit berwarna kekuningan. dengna tujuan untuk mengurangi warna biru dan hijau.

Itulah mengenai Fungsi Mode baca di hp android xiaomi yang ternyata bermanfaat untuk kesehatan mata, semoga bermanfaat



2 comments

Okh gitu ya bermanfaat banget infonya paham saya sekarang

Ternyata itu manfaat mode baca baru tau gue😁

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon