Sunday, May 14, 2017

Update xiaomi redmi note 4 ke MIUI 8.2.1.0 Atasi lag pada video, kamera dan suara

Sampai artikel ini di buat saya kurang lebih sudah 2 bulan menggunakan hp xiaomi redmi note 4, kebetulan xiaomi yang saya gunakan menggunakan chipset mediatek. walaupun ada rumor mediatek mudah panas, saya tetap membelinya berhubung dana sangat minim hanya cukup untuk xiaomi dengan spesifikasi tersebut.

Dari awal saya menggunakan xiaomi redmi note 4 mediatek ini ada banyak sekali kendala yang sudah saya alami, benar saja hp mudah sekali panas, permasalahan yang paling serius yang saya temukan adalah kamera dan juga pemutar video sering lag alias lemot, bahkan terkadang membuat sistem xiaomi menjadi hang dan tidak jarang harus di restart. Tapi kabar baiknya saya sudah menemukan cara mengatasi kamera dan pemutar video lag tanpa harus update rom walaupun terkadang cara ini tidak 100% berhasil tapi cukup membuat hp lag menjadi sangat jarang.

update miui xiaomi redmi note 4 atasi masalah lag lemot kamera dan pemutar video



Selain permasalahan di atas ada satu lagi permasalahan yang akhir-akhir ini sering muncul di hp xiaomi redmi note 4 milik saya, yaitu suara terkadang noise / berisik tersendat-sendat dan sangat mengganggu serta membuat kurang nyaman di dengar. permasalahan ini sangat sulit untuk diatasi, karena ternyata sampai saat ini di google belum ada yang sukses memberikan solusinya.

Permasalahan di atas ternyata bukan hanya pada xiaomi milik saya saja, namun hampir semua pengguna xiaomi redmi note 4 mengalaminya, dan solusi yang paling jitu yang banyak ditawarkan oleh pengguna xiaomi lain untuk mengatasi permasalahan-permasalahan pada xiaomi redmi note 4 adalah dengan melakukan update rom ke versi rom developer cina.

Setelah mendengar solusi tersebut, saya tidak berani melakukan update rom dikarenakan ketika pertama kali beli saya dikabari oleh penjual bahwa jangan melakukan update apapun karena akan membuat jaringan 4G hilang, namun karena penasaran, pertengahan bulan mei 2017 ini akhirnya saya memberanikan diri untuk update miui xiaomi redmi note 4 melalui OTA (On The Air), karena ada notifikasi bahwa update miui  terbaru sudah tersedia dan siap di download.

Update xiaomi redmi note 4 ke MIUI 8.2.1.0 dapat mengatasi lag pada video, kamera dan suara

Kebetulan xiaomi redmi note 4 punya saya menggunakan rom global official, jadi update hanya sebulan sekali tidak seperti xiaomi dengan rom developer cina yang updatenya satu minggu sekali.

Karena ada pemberitahuan bahwa update miui xiaomi redmi note 4 miui 8.2.1.0 via ota sudah tersedia, maka saya putuskan untuk melakukan update, walaupun awalnya saya tidak berani melakukan update karena khawatir jaringan 4G hilang, namun akhirnya update pun saya lakukan.

Pengalaman update xiaomi melalui OTA.
Saya melakukan update menggunakan aplikasi update miliki xiaomi yang sudah tersedia di hp xiaomi redmi note 4 melalui OTA, sebelum melakukan update, saya harus mendownload file update sebesar 1.4 G, setelah file berhasil di download seluruhnya, maka updatepun dimulai.

Proses update kurang lebih memakan waktu sampai setengah jam, jadi saya putuskan untuk menghubungkan perangkat android ke carger agar tidak kehabisan baterai ketika proses update, dan pada akhirnya update pun berhasil.

Apa yang terjadi setelah Update
Awalnya saya mengira akan muncul permasalahan baru pada hp xiaomi saya setelah melakukan update, namun ternyata salah besar, setelah melakukan update ini yang saya alami:

1. Ponsel xiaomi saya terasa semakin stabil tidak mudah panas.

2. Jaringa 4G yang sebelumnya dikhawatirkan hilang ternyata tidak, 4G dapat berjalan dengan nomal.

3. Lag pada kamera dan juga pemutar video sudah hilang.

4. Permasalahan suara yang berisik dan tersendat-sendar sepertinya sudah tidak ada lagi, saya buktikan dengan bermain game 3D berjam-jam, sebelum update sering sekali suaranya berisik namun setelah update suara game menjadi normal dan sangat jernih.

5. Getaran fingger print untuk membuka kunci layar di hilangkan
Sebelum update mungkin saja fingger print untuk unlock hp anda masih bergetar, namun setelah update getaran tersebut tidak ada lagi, ini kabarnya di update miui terbaru getar pada fingger print sudah dihilangkan, namun tetap masih berfungsi dengan baik.

 Itulah pengalaman saya update xiaomi redmi note 4 ke miui 8.2.1.0. jadi untuk anda yang kebetulan menggunakan xiaomi redmi note 4 dan mengalami beberapa permasalahan dengan ponsel anda, maka saya sayarankan silahkan lakukan update ke miui 8.2.1.0, pengalaman saya setelah update membuktikan permasalahan pada hp xiaomi redmi note 4 terutama pada kamera dan pemutar video yang sering lag atau lemot akan berjalan normal, bahkan suara pun menjadi normal dan baik.



73 comments

jadi ngak ada bug sampai sekarang? saya sekarang di miui 8.1.7.0 global ver. ngak ada masalah sih selama ini

Agan beruntung kalo tidak ada bug, dari awal menggunakan hp xiaomi redmi note 4 mediatek punya ane banyak sekali bug.

Setelah update miui ke 8.2.10 hp kelihatannya lebih stabil gan, bug-bug sebelumnya sebelum update juga hilang. hp juga sangat dingin dan daya awet ketika tidak digunakan. padahal sebelum update baterai boros walaupun hp tidak digunakan.

Tapi yakin ya 4gnya ga akan ilang sist? Saya kebetulan skrg pake xiaomi redmi note 4, pengen update tp tkt hilang 4gnya karna pengalaman sebelumnya update rom waktu di note 3pro dari miui 7 ke 8, 4gnya hilang sis. Takut kejadia serupa terulang lagi

Saya barusan update, eh malah sekarang hape saya gak bisa getar sama sekali 😢

Pengaturan getarannya kali gan dimatikan

Tidak sama sekali gan, karena saya juga pengguna xiaomi redmi note 4 global official gan,cuma saya saya pake chipset mediatek

Maaf mau nanyak,HP saya redmi note 4 MTK msih MIUI 8040 mau d upgrade ke MIUI 8210,apa setelah d upgrade tidak ada kendala?????

Punya saya xiaomi redmi note 4 mtk rom global official, di update malah lebih stabil gan, bug dan lemot / lag vide kamera pun hilang, saya update via OTA mellaui updater xiaomi menggunakan WIFI

Info dong, saya habis upgrade ke 8.2.1.0 kenapa baterai jadi boros ya #mohon pencerahan min

Pastikan penghemat batrai di menu schurity/keamanan dalam keadan aktif gan, batasi juga aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Saya sudah coba upgrade tapi knp lama banget ya,nyampk 43% malah gk jalan lagi,mohon infonya?

Harus pake jaringan wifi gan, bahkan saya sendiri sampai 2x yang pertama tidak sampai 100% di lanjut lagi di hari ke 2 karena kapasitasnya cukup besar kisaran 1,4 GB kalo tidak salah.

Yang lain ada yang sudah coba update kah? Ada kendala dengan 4G nya?

Makin gahar aja gan setelah upgrade 8.2.1.0.semua ngelag,ngehang atau restart lagi uda teratasi semua.thanks xiaomi....xiaomi ....yang lain ketinggalan !!!!

Tuh di bawah ada testimoni gan.

Testimoni lainnya bisa dibaca juga di komentar artikel berikut:

http://bincangandroid.blogspot.co.id/2017/04/mengatasi-kamera-dan-video-hp-xiaomi-ngelag-lemot.html

Saya sudah upgrade,tapi kenapa batreinya boros ya,dari 100% ke 60% boros tapi 60% ke bawah gak,info donk????

Maaf ini maksudnya gimana ya, maklum newbie nggak ngerti :)

"sebelum melakukan update, saya harus mendownload file update sebesar 1.4 G"

Yap betul gan, ketika agan melakukan update via OTA melalui aplikasi updater bawaan, maka prosesnya akan melakukan download dulu, kemudian setelah download selesai baru akan melakukan proses update.

Kalo bukan via ota juga tetap agan harus download dulu file updatenya.

gan mau tnya saya dari rom stable 8.1.15.0 kok gk bisa diupdate yaa ke 8.2.5.0 padahal muncul pembaruan tersedia terus. Tapi pas di download udh 100% tulisannya gini "Tidak dapat verifikasi pembaruan" trus coba lagi download ulang tetep kyak gitu terus. Tolong pencerahaannya gan thx :))

Maaf di hp saya kok g ada update nya ya...

ada banyak kasus seperti agan, padahal kalo via OTA seharusnya rom cocok dan terverifikasi.

-Download lagi via wifi gan yang jaringannya stabil, bisa jadi ada file yang corrupt.

-kalo tidak agan bisa update rom nya secara manual dengan mendownload romnya dulu, pastikan pilih yang cocok dengan perangkat, lalu simpan di internal memory, lalu update via updater.

Rom agan mungkin rom distributor gan bukan rom stable or developer.
update manual saja gan

Xiaomi sy stlh apdet sinyal gps'a ilang2 Mulu. Pdhl sblm apdet sinyal GPS anteng.

Gan,setelah saya update kok fingerprint saya tidak mau getar ya?di setingan sudah saya cek tidak ada pengaturan getar untuk fingerprint,padahal sebelum saya update bisa getar.makasih

menurut forum miui, di miui terbaru getar fingger print untuk membuka kunci dihilangkan gan, sehingga ketika menggunakan jari yang tepat tidak ada getar namun tetap terbuka, namun jika salah masih getar

kasih tau tutorial update donk sist....belum paham sya..download rom'nya dimna..
punya saya suara ngadat2 terus...

Maaf gan mau nanya saya penguna Xiaomi redmi note 4x,saya mau update hilang tidak sinyal 4gnya gan

Punya saya xiaomi redmi note 4 MTK update via OTA ke 8.2.1.0 tidak ada masalah dengan 4G. ok-ok saja

Agan bisa coba via aplikasi updater/pembaharuan bawaan xiaomi gan, biasanya akan muncul updatenya, jika tidak muncul kemungkinan rom agan distributor harus pake cara lain

Sy pake 8.1.2.0....pas mau update ga bs keteranganya tdk ada versi terbaru...cara updatenya gmn ya???

Berarti updatenya belum tersedia untuk versi agan, atau bisa juga rom agan rom distributor yang tidak bisa melakukan update via OTA.

Agan bisa cek dimari
http://en.miui.com/download.html

SIlahkan cari untuk xioami versi yang agan gunakan, nanti bisa kelihatan saat ini sudah release rom versi berapa

Gan hp saya xiaomi redmi note 4x miui 8.1.7.0 sebelumnya si gak ada masalah kemudian saya update ke miui 8.2.1.0 dgn harapan ingin lebih baik karna sebelum ya hp cepet panas bgt tp setelah diupdate hp malah kena bug,apa ada yg salah dgn cara update nya? Dan gimana biar bsa normal lg... Tlng infonya kembali... Trims

Bug yang muncul apa aj agan?, yang punya saya xiaomi redmi note 4 MTK justru malah bagus setelah diupdate

Alhamdulillah berhasil. Makasih banget. Sekarang udah gak panas lagi . Lancar jaya

Gan, apakan setelah di update ke MIUI 8.2.1.0. 4G akan tetap ada tidak ilang? Kata teman saya akan hilang gan.? apa bener? thx

Di xiaomi redmi note 4 MTK saya setelah diupdate jaringan 4G tetap berfungsi dengan baik, bahkan perangkat menjadi lebih stabil dan bug-bug yang sebelumnya sering muncul seperti lag video,music dan kamera hilang, perangkatpun tidak lagi mudah panas dan baterai pun lebih awet padahal mediatek

Redmi note 4 Saya pernah saya update tapi gagal malah mentok di pembaruan terus gk bisa di hidupin akhir nya saya Service ke counter tempat saya beli

Ko pya saya redmi note 4 MTK Ga bis pembaruan, selalu ada notifikasi "tidak dapat terhubung ke jaringan" padahal udah pake wifi

Pastikan keterhubungan aktif,
BUka pembaharuan, lalu klik menu titik tiga di pojok kanan atas > settings > check using wifi only pastikan dalam keadaan aktif.

Jika masih tidak bisa update kemungkinan rom hpnya rom distributor gan. rom distributor tidak bisa melakukan update via OTA

Hh agan kena bootloop atau softbreak jika hanya loading di logo ketika dihipin, gagal update biasanya seperti itu, tapi biasanya bisa diperbaiki kok, semoga saja bukan hardbreak.

Kak jika 4G saya Hilang untuk mengatasinya gimana kak, saya Binggu dan tidak tau. Xiomi redmi note 4

Coba cara ini:

http://bincangandroid.blogspot.com/2017/06/trik-lock-jaringan-4g-lte-xiaomi.html

atau cara ini:
https://bincangandroid.blogspot.co.id/2017/04/cara-mengaktifkan-4g-di-xiaomi-redmi.html

Saya beli hp sebelum lolos tkdn apa sinyal 4g bakalan tetap ada ?

Sy baru beli xiaomi note 4 room global(Tam) snapdragon 626, apakah bisa diupgrade roomnya?
Karena info dari penjual jgn upgrade nanti 4G nya hilang?
Mohon pencerahannya ? baru ini menggunakan hp xiaomi

Terimakasih sebelumnya

Regards

Hendra

Wah mantap hp xiaominya snap dragon lebih unggul dibandngkan mtk.

Berarti pesan penjual sama seperti yang saya terima, saya dapat pesan yang sama ketika membelinya katanya: "jangan update dulu, 4g bisa hilang".

tapi saya memberanikan diri untuk mengupdatenya ke versi miui 8.2.1.0, tidak ada masalah gan, jusru hp jadi jauh lebih baik. 4G ok tidak masalah, punya saya sama xiaomi redmi note 4 tapi yang mediatek

Oh ya jika ingin update, pastikan via ota melalui aplikasi updater bawaan xiaomi, menurut saya jika sudah terdeteksi ada update terbaru, update saja.

Jika masih rom cina biasanya 4g, 3g 2 g akan berfungsi dengan baik

gan jadi kalok di update redmi note 4 nya 4G gk ilang gan ane mau updatr tapi kata salesnya kalol diupdate 4G nya ilang

Redmi note 4 yang menggunakan rom cina official or rom global official, 4g tidak hilang gan. tetap ok

Gan saya baru beli xiomi note 4 tiba2 tombol bawah ny tidak berfunsi tapi tc ny bisa gan mohon pencerahan ny gan atau saya harus upgread gan k mui 8.2.10

Gan mohon pencerahan ny saya baru bli xiomi note 4,tiba2 tombol bawah ny tidak berfungsi sendiri tpi tc ny bsa gan

terima kasih mbak pencerahannya hp saya note 4 kemarin parah semua macet berat setelah update jadi lancar semua

Yap, sama-sama gan, semoga hpnya semakin baik

Akhirnya ikutan update MIUI via OTA juga setelah baca artikel ini. Tapi aneh nya 4G nya ke Lock. Ya untung nya ada artikel mba sebelumnya yg cara untuk Unlock 4G. Makasih ya. Lumayan enteng dan gk nge lag lagi hp nya.

Sist sy kn mau bli redmi note 4 yg mediatek tpi msh rgu krna bnyk yg bilang cpt panas,boros batre nya, sama kalo main game hd kdg lag jga,yg mau sy tanyakan definisi panasnya itu udah overheat atau cuma panas"hangat(wajar) aja dan definisi masalah batre nya yg boros itu Mksdnya dlm shri harus nge-charge beberapakali ya (buat nonton film,browsing,social median,chatingan) mohon pencerahan nya sist...

Saya juga saat ini pengguna xiaomi redmi note 4 mtk,

Benar mas, tapi permasalahan itu sudah dapat di atasi setelah melakukan update.

Panasnya juga tdak terlalu panas, memang awalnya baterai boros, tidak digunakan sekalipun baterai boros.

Permasalahan di atas semuanya sudah dapat teratasi dengan melakukan update rom ke versi 8.2.1.0.

Saya sendiri juga sudah merasa puas sekarang dengan hp xiaomi media tek redmi note 4x

Lanjut nanya lagi ya sist 😂...
Sist bisa kasih gambarannya yg lbh detail gk tntg suhu pemakaian brpa lama baru bisa buat suhunya bisa anget"cenderung panas gitu ,performa,dan penggunaan durasi batre nya tahan brpa lama buat pmkaian normal kya buat (nonton film,browsing,social median,chatingan)setelah melakukan update rom ke versi 8.2.1.0. Oh iya kalo d pake main game sekelas kaya coc,getrich gitu oke aja ga atau ada lag" nya...

setelah update tidak mudah panas sis,dingin-dingin aja, lumayan lama ke panasnya,

baterai awet jika tidak dipake tidak seperti sebelumnya kadang 12 jam saja sudah terkuras,setelah update bahkan bisa lebih dari 24 jam, ya tergantung penggunaan juga sih. tapi setelah update lumayan tahan lama dibanding sebelum update.

Coc untuk redmi note 4 sangat enteng, kalo saya sering main game 3d mobile arena, vainglory, king of avalon, legacy of heroes, enteng-enteng aja tidak ada masalah setelah melakukan update



Ya ampun sist nya baik bngt udah ngeladenin dan jawabin pertanyaan saya yg panjang dan seabrek,ngebantu bngt pencerahan dan jawabannya makasih banyak ya sist,sukses selalu...

Ok sama-sama sist semoga membantu n hanks untuk kunjungannya :D

klo mau update apa data dan aplikasi harus di backup dulu?

Tidak perlu gan, kecuali agan update via recovery atau melakukan flashing ulang data sebaiknya diamankan.

Kalo update via ota, tidak masalah gan, data tidak hilang

gan versi resmi nota 4 saya versi 8.2.4 mau update ke versi 9.0.0 apakah aman gan 4 g ny ga bakal hilanh

cara download OTA ny gimana kk?

Gunakan uplikasi updater bawaan xiaomi gan. jika tidak bisa keungkinan rom punya agan rom distributor, caranya terpaksa harus flashing

Gan ini ane pakai redmi note 4x versi miui global 8.2 | stabil 8.2.1.0 (mbfmidl). Apakah itu udah versi paling baru? Soalnya hape ane boros pake versi ini dan panas

Untuk melihat release rom terbaru agan bisa cek di situs resmi xiaomi untuk versi reno agan,

agan bisa baca-baca dimari:
http://bincangandroid.blogspot.co.id/2017/07/cara-mudah-mengetahui-rom-hp-xiaomi.html

halo nadia mohon maaf saya bertama saya pake redmi note 4 juga chipsetnya deca core max 2.11 nah skr posisi miuinya di global 8.0 stable 8.0.3.0 nah ini saya mau update apakahg bisa lgs dr hp maksud saya ada notif untuk update??? karena waktu saya beli di tokonya bilang jgn di update nanti 4g hilang atau lgs aja tanpa backup??

sis saya mau nanya "saya update via OTA mellaui updater xiaomi menggunakan WIFI" ini maksudnya gmn ya mohon pencerahan saya masi awam dan bingung

Itu aplikasi updater bawaan dari xiaomi, coba lihat di xiaomi agan biasanya ada di folder mi tools, namanya aplikasi updater/pembaruan, jika agan ingin update miui bisa lewat sana.

Sama, dulu saya juga di wanti-wanti jangan update dulu miuinya, karena banyak bug saya coba update ke 8.2.1.0 karena ada notif, setelah update tidak ada masalah malah lebih stabil, hp saya xiaomi redmo note 4 yang Mediatek

gan, saya kok gak bisa di update ya gan, pas tekan " chose update package" dia malah minta "install file explorer first"
kenapa ya gan?

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon