Saturday, May 6, 2017

#8 Kekurangan ASUS Zenfone Max 3 (ZC553KL) yang harus anda tahu!

Asus zenfone memang merupakan hp yang cukup mendapatkan kepercayaan dari konsumen indonesia, bagaimana tidak, karena perusahaan asus merupakan perusahaan yang sudah malang melintang di dunia digital, dan produknya pun benar-benar sangat rekomended, bahkan saya pribadi dari awal memiliki smartphone yang pertama saya beli adalah produk dari asus ini, karena saya percaya kualitas dari asus ini, dari mulai asus zenfone 4s, asus zenfone 2 laser saya sudah pernah memilikinya dan saya tau persis apa kelebihan dan kekurangannya.

Karena baru-baru ini asus mengeluarkan beberapa seri terbarunya, salah satunya yaitu asus zenfone 3 max ZC553KL, sayapun tertarik untuk memilikinya, walaupun banyak rumor menyebutkan banyak kekurangan dari asus zenfone ini, namun karena saya tertarik dengan spesifikasinya yang aduhai apalagi ditambah chipset qualcomm snap dragon, saya pun akhirnya membelinya.

Zenfone max 3


Seri asus ini memang sedikit berbeda dengan seri pendahulunya, seri ini kembali mengunakan tombol kapasitif, dimana sebelumnya menggunakan tombol virtual, desain fisik dan kamerapun seperinya ada peningkatan yang cukup significan dibandingkan dengan versi pendahulunya. namun walaupun spesifikasinya aduhai, ternyata setelah mencoba mengamati secara fisik kemudian setelah cukup lama menggunakannya, benar saja saya menemukan beberapa kekurangan dari asus zenfone untuk seri ini.

1. Layar tanpa corning gorila glass

Berbeda dengan seri pendahulunya, dimana asus zenfone ini paling duhulu menggunakan layar dengan teknologi gorilla glass, sehingga beberapa versi asus zenfone layarnya tahan terhadap goresan dan tidak perlu menggunakan pelindung layar, namun sepertinya  di seri (ZC553KL) ini asus tidak melengkapi layarnya dengan corning gorila glass, tapi menggunakan teknologi oleophobic cloating.

Teknologi screen protector ini yang kabarnya walaupun masih tahan terhadap gorsan namun kualitas daya tahannya masih dibawah gorila glass, namun kelebihan teknologi layar ini adalah tidak mudah terkena minyak dari jari atau tidak mudah terkena kotoran, layar akan tetap jernih.

Oleh karena itu, untuk anda yang ingin memiliki asus zenfone seri ini alangkah baiknya untuk melapisinya dengan pelindung layar tempered glass, untuk berjaga-jaga saja agar layarnya lebih terlindungi dari goresan-goresan yang tidak diharapkan.

2. Adanya border hitam pada sisi-sisi layar (bingkai layar)

Ini menurut saya sangat disayangkan walaupun bukan merupakan kelemahan yang significan, namun bingkai layar hitam ini membuat ponsel asus dari sisi desain menjadi kurang maksimal, walaupun serinya max. bahkan garis hitam di sisi layar ini benar-benar sangat kelihatan untuk warna terang.




Namun begitu dari sisi body, tampilan asus ini terlihat tipis, sehingga memiliki nilai estetika yang bagus. Screen to body rationya mencapai 72.3%.

Masukan untuk anda yang tertarik ingin membeli asus zenfone 3 max ini, agar border hitam tidak kelihatan maka pilihlah seri hitam / gray di bagian belakangnya.

3. Body samping mudah retak

Walaupun di bagian belakang menggunakan metal, namun sayang sekali di bagian sampingnya menggunakan material yang menurut saya kurang berkualitas. karena ada banyak sekali keluhan dari pengguna bahwa beberapa kasus untuk sisi bawah retak terutama dibagian lubang scrup diantara lubang carger padahal hp dalam kondisi baru dan tidak pernah jatuh. Ini menandakan bahwa material sampingnya memang menurut saya kurang berkualitas.

4. Adanya Bloatware

Bloatware adalah aplikasi bawaan yang sudah diinjek ke rom hp yang bersangkutan, kadang tidak bisa diuninstal, ini biasanya sering muncul di hp versi rom distributor, oleh karena itu agar anda mendapatkan hp yang berkualitas baik, maka ketika memutuskan untuk membeli hp versi ini, pastikan bahwa garansinya adalah distributor resmi.

Biasanya barang dengan garansi resmi memiliki kualitas yang benar-benar terjamin jika dibandingkan dengan garansi resmi, selain itu complain garansi pun akan lebih mudah ditangani, bahkan bisa di toko canbang yang ada dikota anda.

5. Sensor Sidik jari tidak terdeteksi

Permasalahan lainnya adalah sensor sidik jari, ini bukan pengalaman pribadi saya, beberapa pengguna mengeluhkan bahwa untuk asus zenfone 3 max ini bermasalah dengan sensor jari, jadi ketika diaktifkan ada pemberitahuan bahwa perangkat keras sensor tidak ada. kemungkinan besar ini hanyalah masalah software saja, biasanya seiring sering melakukan update sistem permasalahan seperti ini biasanya akan teratasi.

6. Tidak tersedianya aplikasi splendid

Aplikasi splendid adalah aplikasi khusus bawaan asus yang berfungsi untuk mengatur warna layar dan juga ketajaman layar, dengan aplikasi ini anda bisa memilih warna layar sesuai dengan keinginan anda sekaligus mengatur ketajaman layar, sayangnya di asus zenfone seri max 3 ini aplikasi ini tidak ada.

Padahal untuk beberapa pengguna yang sebelumnya sudah menjadi pengguna setia asus, splendid ini benar-benar sangat diperlukan untuk mengoptimalkan warna nyala hp zenfone ini

7. Bluetot kadang sulit untuk diaktifkan

Beberapa pengguna asuz zenfone ini mengeluhakan tentang bluetoot, ketika perangkat bluetoot diaktifkan terkadang membuat hp ngelag dan hang bahkan sering membuat hp mati sendiri, tapi sepertiya kasus ini hanya untuk beberpa hp yang kemungkinan penyebabnya adalah ada masalah dengan hardwarenya,

8. Belum tersedianya fast Charging

Charging agak lama karena memang belum tersedianya fitur fast charging, charging kadang memakan waktu sampai 3 jam lebih, padahal chipset qualcomm snap dragon yang diusungnya sudah support past charigng yang seharunya support fast charging dengan kecepatan 3x lebih cepat,

Selain itu permasalahan lainya terkait charging ini adalah charger terkadang tidak bisa membuat baterai full, walaupun di cass cukup lama.


Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon