Tuesday, July 11, 2017

Solusi atasi hilangnya shortcut icon applikasi di hp android lenovo tanpa factory reset

Solusi atasi hilangnya shortcut icon applikasi di hp android lenovo tanpa factory reset - Permasalahan pada setiap merk smartphone memang terkadang bermacam-macam, salah satu permasalahan yang sering saya dengar yang banyak dikeluhkan pengguna hp android adalah hilangnya icon aplikasi, sehingga icon tersebut tidak ditemukan baik di menu utama (home screen) maupun di drawer, namun di sistem sepertinya aplikasi yang iconnya hilang tersebut sebenarnya masih berjalan.

Hilangnya icon aplikasi ini bisa terjadi pada aplikasi-aplikasi non bawaan seperti aplikasi pdf, aplikasi media sosial facebook, bbm, twitter dan aplikasi lainnya, namun yang hilang hanya iconnya saja, padahal aplikasinya masih bisa digunakan.

Seperti misalnya aplikasi pdf, di layar hp hilang tidak kelihatan, namun ketika file pdf dibuka melalui file manager / file ekplorer / x-plore, ternyata dokumen pdf tersebut bisa terbuka secara normal.

mengatasi shortcut app icon hilang di hp lenovo


Bahkan ketika aplikasi tersebut diakses melalui playstore, yang muncul adalah tombol update dan buka, itu dengan jelas menandakan bahwa hanya icon aplikasinya saja yang menghilang alias tidak kelihatan, karena ketika tombol open / buka di klik, aplikasi tersebut langsung terbuka.

Kasus ini kelihatannya banyak dialami oleh pengguna smartphone lenovo, biasanya penyebabnya juga bermacam-macam, beberapa kasus pennyebab permasalahan ini diantaranya adalah:
  • Permasalahan muncul setelah menggunakan usb otg, icon applikasi yang disimpan di sd card hilang
  • Ada juga permasalahan hilangnya icon aplikasi terjadi setelah melakukan update sistem via ota

Untuk mengatasi tersebut sebenarnya sangatlah mudah, cara yang akan saya uraikan di artikel ini bisa anda coba, semoga saja bisa mengatasi permsalah di hp lenovo anda.

Solusi cara mengatasi hilangnya icon applikasi (shortcut) di hp android lenovo

Untuk anda yang menglami permaslaahan icon shortcut beberapa aplikasi hilang dari home screen bahkan di halaman drawer hp android lenovo anda , anda bisa menggunakan cara-cara berikut yang cukup ampuh dan terbukti bisa mengembalikan icon aplikasi yang hilang atau tidak kelihatan.

Langkah-langkahnya adalahs sebagai berikut:

1. Pastikan bahwa aplikasi tersebut masih terpasang di hp lenovo anda

Untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut masih ada di hp android lenovo anda, buka saja playstore, lalu cari aplikasi yang dimaksud, jika yang muncul adalah tombol Update/ pembaharuan dan buka / open, maka aplikasi tersbut masih ada.

Namun jika yang muncul di halaman google play store untuk aplikasi yang dimaskud adalah tombol Instal, maka itu artinya aplikasi yang anda maksud memang sudah terhapus, untuk kasus ini, anda tinggal melakukan instal ulang kembali.


2. Lakukan clear data & Cache pada aplikasi launcher

Jika setelah dicek di google play store aplikasi tersebut ternyata diketahui masih ada, kemungkinan icon aplikasi tersebut disembunyikan di salah satu folder yang hidden, maka salah satu solusi untuk memunculkan icon aplikasi (shortcut yang hilang tersebut adalah dengan melakukan clear data & cache apliksi launcher di hp lenovo anda.

Lagkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Buka halaman pengaturan / settings / setelan

b. Lalu pilih menu apps / apl 

c. Di halaman apps / apl silahkan geser ke pilihan All / semua

d. Cari dan pilih aplikasi Launcher / peluncur

e. Kemudian lakukan hapus data
Dengan cara ini maka akan menghapus folder icon Anda termasuk folder tersembunyi yang berisi aplikasi, setelah folder terhapus, ikon aplikasi  / shortcut yang sebelumnya hilang akan menjadi terlihat kembali

6 comments

Terima Kasih.. Bermanfaat, saya pengguna lenovo yang sedang mengalami masalah tersebut. dan sekarang clear, aplikasi udah balik semua ke layar

terimakasih sangat bermanfaat ini solusi yang saya lagi cari

Kok blum bisa balik icon App nya ya???
Ada saran lain kah?.
HP gue, Lenovo Vibe P1ma40

Kok masih belum muncul icon app nya ya?
Ada Cara lain Kah? HP saya Lenovo Vibe P1ma40

coba matiin hpnya, lalu buka baterainya, lalu masukan lagi dan hidupkan, pengalaman saya pas langsung dihidupkan lgi ada file yang gagal diunduh, jadi bisa juga penyebabnya ada file-file atau aplikasi yang gagal diunduh.

makasiiih...launcherku pada ilang diapusin anakπŸ˜‚..bisa muncul lagii..bermanfaat banget.. πŸ˜ƒ

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon