Wednesday, July 19, 2017

3 Cara kalibrasi baterai hp android yang benar dan terbukti ampuh

Baterai adalah alat penyimpan daya yang saat ini banyak digunakan hampir diperangkat gadget, baterai yang banyak digunakan saat ini selain semakin tipis dan ringan, juga memiliki kapasitas penyimpanan daya yang semakin besar, sehingga teknologi baterai yang digunakan di hp android mampu menyimpan daya dalam waktu yang cukup lama.

Untuk urusan baterai, sistem android benar-benar memiliki fitur yang cukup lengkap, salah satu fitur baterai adalah informasi tentang baterai salah satunya pengukur sisa kapasitas baterai, sehingga ketika hp android digunakan maka sistem akan menampilkan informsi berapa persentase baterai tersisa sehingga bisa antisifasi tidak sampai kehabisan baterai.

Sayangnya seiring berjalannya waktu, terkadang kondisi baterai yang digunakan oleh hp android tidak selalu normal, banyak kasus karena usia perangkat sudah lama,  baterai yang digunakan pun mudah sekali habis.



Ketika baterai hp android anda mudah habis terkuras, padahal tidak digunakan secara berlebihan, maka ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi pada baterai tersebut, bisa karena rusak secara fisik seperti menggelembung, retak dll, atau bisa juga karena rusak secara software.

Baterai yang rusak dari sisi software biasanya nilai persentase level baterai yang terbaca tidak menunjukan angka yang sebenarnya, informasi angka persentase yang terlihat bisa lebih besar dari sebenarnya, bisa saja terlihat 80%, padahal baru terisi 40%, sehingga dianggap baterainya bermasalah.

Lakukan Kalibrasi baterai untuk mengembalikan tingkat akurasi pembacaan level batarai

Ketika kondisi baterai hp anda dirasa tidak nomral seperti biasanya, misalnya batarai cepat habis, padahal daya 100%, salah satu yang bisa anda coba untuk memperbaikinya adalah dengan melakukan kalibrasi baterai.

Ada banyak sekali pengguna yang menganggap bahwa kalibrasi baterai untuk meningkatkan daya baterai agar tahan lama, atau ada juga yang menganggap untuk meningkatkan performa baterai, padahal kalibrasi baterai tujuannya adalah untuk mengembalikan tingkat akurasi pembacaan level baterai, sehingga pembacaan level baterai kembali bekerja dengan baik.

Oleh karena itu cara yang bisa anda coba ketika anda merasakan baterai hp android anda tidak lagi berjalan normal seperti biasanya seperti awal ketika digunakan, maka anda bisa mencoba melakukan kalibrasi pada baterai hp  android anda.

2 Cara Kalibrasi baterai hp android 

Sebenarnya cara kalibrasi baterai tidak memiliki standar khusus,  tapi ada banyak cara yang ditawarkan untuk melakukan kalibrasi baterai hp android anda, ada yang menggunakan software khusus, ada juga yang menggunakan cara manual tanpa bantuan aplikasi.

Di artikel kali ini saya akan uraikan bagaimana cara kalibrasi baterai baik secara manual maupun dengan bantuan software khusus.

1. Cara kalibrasi baterai hp android secara manual tanpa bantuan software

Cara ini paling umum digunakan dan sangat sederhana, tidak perlu software apapun. langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Cara manual ke #1 :

1. Gunakan perangkat hingga baterai habis sampai perangkat mati dengan sendirinya.

2. Lakukan pengisian baterai (charge) dalam keadaan mati hingga kapasitas baterai full 100%.

3. `Setelah terisi 100%, biarkan perangkat dan jangan dulu digunakan selama 1 jam.

4. Selesai.


Cara manual ke #2:

1. Isi baterai hp sampai penuh 100% dalam keadaan menyala

2. Lalu setelah penuh matikan, dan lakukan pengisian ulang sampai 100%

3. Cabut charger lalu nyalakan hp, pasang lagi hingga 100%

4. Setelah terisi 100%, cabut charger dan biarkan (jangan digunakan) sampai ponsel mati sendiri setelah mencapai level baterai 0%. Setelah mati, isi lagi sampai penuh

5. Selesai.

2. Cara kalibrasi baterai menggunakan software / aplikasi khusus

Cara ke 2 yang dapat anda gunakan untuk kalibrasi baterai adalah menggunakan bantuan software khusus.

Ada banyak skali aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk kalibrasi baterai, beberapa diantaranya adalah

a. Current Widget : Baterai Monitor
Aplikasi khusus untuk melihat informasi kapasitas baterai sebenarnya, jadi dengan bantuan alat ini anda bisa mengisi baterai anda hingga kapasitasnya penuh berdasarkan informasi dari aplikasi ini.

Silahkan download aplikasi Current Widget : Baterai Monirot, lalu instalkan, setelah diinstal anda akan melihat informasi kapasitas baterai hp android anda, silahkan lakukan pengisian baterai hingga kapasitas Current widget : Baterai monitor terlihat penuh

b. Baterai Calibration 
Aplikasi yang kedua yang dapat membantu melakukan calibrasi baterai hp android adalah baterai calibration yang bisa anda download dari google play store.

Baterai calibration memiliki informasi persentase level baterai tersendiri, tugas anda adalah melakukan charge sampai penuh 100%, lalu setelah full, baru anda tinggal menekan tombol calibration. dengan cara ini  data kapasitas baterai sebelumnya akan diganti dengan yang terbaru sesuai dengan ukuran yang diinformasikan oleh baterai calibration.


3. Calibrasi baterai melui Mode Recovery TWRP /CWM

Di beberapa merk hp android sudah difasilitasi dengan mode recovery, atau anda bisa melakukan custom recovery TWRP /CWM agar anda bisa masuk ke mode recovery di hp android anda.

Untuk masuk ke mode recovery anda bisa mematikan hp anda, lalu tekan tombol volume atas dan tombol power secara bersamaan selama beberapa detik.

Jika anda sudah bisa masuk ke mode recovery, maka anda tinggal memilih opsi Advanced Section, di tampilan opsi ini anda akan melihat opsi Hapus statistik baterai, silahkan anda klik opsi tersebut.

Setelah itu kuras baterai anda dengan cara menggunakan perangkat sampai mati, setelah ituisi baterainya sampai full 100% lalu hidupkan.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon