Wednesday, June 7, 2017

Solusi gagal update rom xiaomi (tidak dapat verifikasi pembaharuan / can't verify update)

Hampir di semua merk hp berbasis android pada umumnya selalu menyajikan update sistem secara periodik, notifikasi update biasanya akan muncul jika developer untuk perangkat yang bersangkutan telah merelase secara resmi file sistem update terbaru, update dibuat dengan tujuan untuk memperbaiki bug-bug yang terdapat pada sistem.

Karena tidak jarang walaupun perangkat hp telah direlease kepasaran, banyak ditemukan bug yang terkadang membuat sistem tidak stabil. untuk memperbaiki bug yang ditemukan maka developer terus melakukan perbaikan sistem dengan menyajikan sistem update yang bisa didownload dan diinstal untuk upgrade perangkat.



Di xiaomi sendiri untuk semua versi hp xiaomi,  terutama xiaomi dengan rom stable (cina official dan global official) dan xiaomi dengan rom developer, update biasanya bisa dilakukan via OTA (On the air)  yang dapat dirposes melalui aplikasi updater bawaan xiaomi secara mudah.

Seperti yang pernah saya jelaskan di artikel sebelumnya tentang update miui xiaomi redmi note 4 MTK ke versi rom 8.2.1.0,  ketika melakukan update via OTA, biasanya aplikasi updater akan melakukan download file update terlebih sampai 100%, kemudian setelah download selesai, aplikasi updater xiaomi secara otomatis akan melakukan proses update, proses update biasanya memakan waktu cukup, oleh karena itu agar update berjalan lancar pastikan hp terisi daya yang cukup dan terhubung ke internet.

Walaupun update miui xiaomi sebenarnya sangat praktis dan mudah, sayangnya untuk beberapa kasus banyak yang mengalai proses update yang gagal, xiaomi tidak bisa melakukan update padahal file update sudah terdownload seluruhnya 100%.

Kasus gagal update pada hp xiaomi yang paling banyak ditemukan adalah munculnya pesan kesalahan " Can't verivy update" atau tidak dapat verifikasi pembaharuan" sehingga update tidak diproses. pesan tersebut muncul walaupun update dilakukan via OTA.

Penyebab gagal update (tidak dapat verifikasi pembaharuan / can't verify update)

Tidak ada penjelasan khsusus kenapa bisa terjadi gagal update walaupun update dilakukan via ota melalui aplikasi updater bawaan xiaomi. namun kemungkinan-kemungkinan terjadinya gagal update adalah sebagai berikut:

1. Jaringan internet yang anda gunakan untuk melakukan update tidak setabil, pastikan menggunakan wifi.

2. File hasil update ada yang corrupt atau rusak.
Ini bisa terjadi jika jaringan internet yang anda gunakan tidak stabil.

3. Adanya modifikasi pada sistem xiaomi
Pastikan anda tidak pernah melakukan modifikasi pada sistem xiaomi, misalnya menghapus file sistem, mengganti font dan modifikasi lainnya.

4. Jika update via OTA tidak tersedia, kemungkinan hp xiami anda menggunakan rom distributor.
Hp xiaomi yang bisa melakukan update via ota hanyalah hp xiaomi dengan rom stable dan juga rom developer.

Untuk memberikan solusi terhadap permasalahan gagal update tidak dapat verifikasi pembaharuan tersebut, maka di artikel kali ini saya akan coba memberikan solusi sederhana untuk mengatasinya, anda bisa coba semoga berhasil.

Solusi gagal update rom xiaomi (tidak dapat verifikasi pembaharuan / can't verify update)

Berikut beberapa solusi yang bisa anda coba untuk melakukan update yang gagal anda lakukan:

Cara ke 1 :
Silahkan coba untuk melakukan update ulang.

1. Pastikan hp sudah terhubung ke wifi.

2. Pastikan setingan updater benar.
  • Buka uplkasi updatert > pilih menu titik tiga di pojok kanan atas > pilih settings / setelan, pastikan pilihan menu periksa via wifi dalam keadaan aktif dan menu automatic update/pembaharuan otomatis off atau dalam keadaan mati.
3. Pastikan jaringan internet wifi stabil.

4. Silahkan lakukan dowload update dan rposes update seperti biasanya.


Cara ke 2:
Jika cara di atas masih juga belum berhasil di hp xiaomi anda, maka langkah terakhir yang dapat anda pilih adalah melakukan update secara manual. langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Download dulu rom xiaomi terbaru menggunakan komputer di sini
Pastikan anda mendownload versi rom yang sesuai dengan perangkat xiaomi yang anda gunakan

3. Rename file .zip hasil download
Setelah download berhasil silahkan rename file .......zip menjadi Update.zip, anda bisa juga mencobanya tidak melakukan perubahan nama, silahkan coba, semoga berhasil, walaupun beberapa pengguna gagal.

2. Simpan file Update.zip di memory internal hp xiaomi anda
Selanjutnya salin ke penyimpanan internal hp xiaomi anda, di luar saja jangan di dalam folder. silahkan restart ulang hp xiaomi anda.

4. Masuk ke aplikasi updater, kemudian klik menu titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih menu "Pilih paket pembaharuan / Choose update package, setelah itu, silahkan arahkan ke file update.zip yang anda simpan di memory internal hp xiaomi anda.

Silahkan ikuti langkah-selanjutnya xiaomi akan melakukan proses update, silahkan tunggu sampai selesai.

Beberapa pengguna xiaomi berhasil dengan cara kedua ini, semoga anda juga bisa berhasil.

Cara ke 3:
Jika cara ke kedua di atas tidak juga berhasil, maka cara ke 3 yang bisa anda coba adalah melakukan flash ulang (instal ulang rom) dengan menggunakan Mi Flash tool.

Melakukan flash ulang dengan mi flash tool biasanya harus menggunakan bantuan komputer dan hp xiaomi ada harus ada dalam fast boot mode, saya tidak akan membahasnya disini dan belum menyajikan artikel cara melakukan miFlash, anda bisa cari bagaimana cara melakukan flash xiami menggunakan mi flash tool.

Cara ke 4:
Jika anda tidak berani melakukan fast boot mode, maka langkah terakhir yaitu anda bisa meminta bantuan jasa teknisi, silahakan minta untuk melakukan update.



Demikian artikel tentang Solusi gagal update rom xiaomi (tidak dapat verifikasi pembaharuan / can't verify update), semoga membantu, dan update xiaomi anda berhasil.


21 comments

Kak, saya pengguna hp xiaomi redmi note 4x SD posisi ada di rom 8.2.10.0 sudah ubl, mau pindah ke rom 7.9.15 tapi tidak dapat reboot to recovery mode (muncul gambar colok ke pcsuite), apa bisa bantu cara lain kak?

Itu sistem recoverynya dilock sama xiaomi, coba agan cari bagaimana cara unlocknya di google, atau sekalian instal custom recovery aj bisa pake TWRP atau CMW

ada nya pesan tidak bisa diverifikasi karena file download anda korup, entah kenapa download rom di indihome biasanya korup mungkin di intercept isi konten nya sama keaman indihome. cara yang paling sukses sementara ini adalah menggunakan VPN untuk mendownload rom anda jadi tidak ada yang mengotak atik file anda.file rom anda aman sampai tujuan. selamat mencoba

Makasih atas masukannya kk, infonya cukup berguna untuk yang lain

Kak di hp xiaomi 4x saya ketika mau saya lihat apa yg baru. Di miui nya muncul tulisan =Sorry, You don't have the permission to access the update log Please try to login in the system with an authorized XiaoMi ID

Update yang ada sedang disuspend oleh xiaomi, jadi tunggu saja update setelahnya.

kaaak, ada yang tau cara pembaruan mi5x ? kayanya hp udah mulai lemot padahal ram gede tidak ada aplikasi yang berat tiap kali cek pembaruan tidak ada notif pembaruan. padahal teman udah 3x pembaruan . mohon info kaakaak

Curiga kalo hp xiaomi tidak ada pembaharuan berarti rom yang digunakan bukan rom resmi, apalagi ditambah berat, memang kalo rom abal-abal suka banyak kendala.

Agar dapat pembaharuan mi kk harus di flash ulang (ganti rom) dengan rom resmi global official sesuai dengan versi minya.

Hp saya xiaomi redmi 4x distributor,apa romnya abal2 ? Jika iya, utk update miui versi baru harus update rom global kan, apa ada resiko update rom global ?

Hp saya xiaomi redmi 4x distributor, sering gagal update miui 9, padahal udah download 100% , klu update rom global apa ada resiko atau efek sampingnya ?

kak, mau tnya, ni mau upgrade miui, tapi pas mau di upgrade malah tidak terhubung ke jaringan padahal udah terhubung di jaringan wifi, mohon solusinya,
tipe HP xiaomi redmi note 4,
rom 8,0,5.0.0

Rom xiaomi agan sepertinya rom palsu bukan rom resmi, dan salah satu kendalanya tidak bisa update miui

kak saya rom nya global, saya mau ke dev china karna ada akses root nya
saya gagal update seperti yg kk tuliskan
saya gk ada wifi dan pas download versi china sering saya pause, apa itu yg menyebabkan file corup kk?

Kak saya mau tanya, apa bisa ya kalau kita update dari miui 7 langsung ke miui 9?

Lebih baik ikuti pembaruan yang muncul di menu update xiaomi, karena belum tentu versi xiaomi yang agan gunakan cocok jika dipaksakan.

Bisa jadi, lebih baik pake jaringan wifi coba jangan distop

saya memakai redmi 4x (TAM)mau up ke versi MIUI V9.5.4.0 lwt wifi, pas selesai download malh coba lagi, (tidak dapat verifikasi pembaruan).g biasanya kyk gini.

saya bisa download rom updatenya tpi past mulai ulang dan pembaharui. setelah saya pencet dan hp saya mulai ulang saya tunggu sampai proses selesai tapi miuimya ttp sama aj ga ada berubah udah nyoba 10 kali semua caranya sama aja.

sebenarnya updatenya itu simple,anda cukup menggunakan VPN terdahulu sebelum update.dijamin 100% working

Kak saya pake xiaomi redmi 3s di posisi rom miui 9.5.8.0 waktu itu ada update ke 9.6.1.0 tapi hp saya abis batere nah setelah itu saya download rom nya terus saya copy ke internal, setelah itu saya cas lalu saya update tapi malah gakbisa,tulisannya "its not allowed to upgrade unofficial rom " padahal itu dari updaternya, terus saya mau coba download lagi romnya tetep gak bisa , gimana solusinya?

rom dianggap bukan rom resmi, lebih mudah upgrade via OTA gan melalui aplikasi updater bawaan xiaomi

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon