Wednesday, June 14, 2017

#2 cara ampuh atasi error autentifikasi google playstore (diperlukan autentifikasi / autentication is required)

Memang terkait dengan hp android banyak sekali permasalahan-permasalahan yang terkadang muncul silih berganti, tentunya untuk pengguna berpengalaman mudah sekali untuk memperbaikinya, namun untuk pengguna baru masalah sekecil apapun yang terjadi pada hp android miliknya kadang merasa kesulitan untuk di perbaiki.

Android sebenarnya sistem operasi terbaik dan sangat minim dengan masalah sistem, masalah biasanya muncul karena disebabkan oleh faktor-faktor ekternal prilaku pengguna.

Salah satu masalah yang sering muncul adalah terkait error autentifikasi pada google play store, pesan error tersebut biasanya muncul ketika pengguna membuka aplikasi google play store untuk melakukan download aplikasi android di google play store, karena masalah tersebut akhirnya download pun tidak bisa dilakukan.

Pesan error yang sering muncul terkait autentifikasi play sotore ini adalah "Authentication is required. you need to sign in to google account. try again".

Atau

Jika setingan bahasa hpnya bahasa indonesia pesan error yang muncul adalah "Diperlukan autentifikasi. Anda perlu masuk ke akun google. coba lagi". kurang lebih pesannya terlihat seperti gambar di bawah ini:

error autentication google playstore


Masalah autentifikasi di atas bisanya terjadi karena google play store tidak dapat mendeteksi akun pengguna android, kita ketahui bahwa untuk mengakses google play store sebenarnya diperlukan login menggunakan akun google mail (gmail) dan passwordnya), biasanya akun google ini diinput ketika anda melakukan seting android ketika pertama kali digunakan.

Masalah muncul, karena google tidak dapat menemukan data akun tersebut, walaupun sebelumnya akun google telah anda seting, permasalahan bisa muncul karena adanya faktor-faktor tertentu yang tanpa anda sadari membuat akun google tidak terbaca oleh google play store.

2 Cara ampuh atasi error autentifikasi google playstore (diperlukan autentifikasi / autentication is required)

Sebenarnya untuk mengatasi error autentikasi di google play store sangatlah mudah, namun tidak semua pengguna tau cara mengatasinya.

Ada 2 cara yang umum digunakan untuk mengatasi masalah ini meliputi:

a. Menghapus cache data milik google playstore

b. Menghapus dan memasukan kembali akun google yang sebelumnya sudah diseting sebagai akun pengguna android

Cara ke #1 : Menghapus data milik google playstore

Cara pertama yang bisa anda coba untuk menagatasi error autentifikasi pada google playstore adalah menghaspus cache data miliki google playstore, cache data adalah data yang tersimpan secara otomatis ketika pengguna menggunakan google playstore, cache data ini berfungsi agar google play dapat berjalan dengan cepat pada saat pengguna menampilkan halaman yang sama.

Langkah-langkah untuk menghaspu data cache milik google adalah sebagai berikut:

a.  Masuk ke halaman setelan / settings

b. Di halaman setting scroll ke bawah dan pilih menu aplikasi terinstal / instaled apps atau di beberapa merk hp android sebelumnya tulisannya manager aplikasi atau ada juga apps. isinya biasanya daftar aplikasi yang terinstal di hp android anda.

c.  Pada daftar aplikasi cari google play store lalu silahkan klik anda akan masuk ke halaman informasi tentang aplikasi google play store.


d. Di halaman info aplikasi silahkan anda tekan tombol hapus data dan tombol hapus cache, seperti gambar di bawah ini:




Aplikasi akan memberi tahu bahwa jika menghapus data akan menghapus seluruh data-data terkait google playstore, file, setelan akun, basis data dll. tidak masalah hanya akan menghapus data konfigurasi playstore saja, silahkan tekan saja OKE.

e. Silahkan coba buka kembali aplikasi google play store, google playstore akan melakukan proses pencarian data autentifikasi, silahkan tunggu dan berikutnya akan muncul dialog konfirmasi seperti gambar di bawah ini:

Autentikasi ulang google playstore

Lalu tekan tombol TERIMA , jika berhasil anda akan masuk ke google playstore secara normal dan anda sudah bisa mengakses dan mendownload aplikasi dari google play store seperti biasa.

Jika masih tidak bisa silahkan lakukan langkah dari a - c, dihalaman informasi aplikasi google play store, tekan tombol paksa berhenti, lalu restart ulang hp anda dan bukan kembali aplikasi google play store seharusnya bisa berfungsi dengan baik.

Cara ke #2 -  Mengganti ulang akun google

Sebenarnya dengan cara pertama seharusnya sudah bisa mengatasi masalah error autentikasi di google play store, namun terkadang juga untuk beberapa pengguna cara di atas gagal, jika anda juga belum berhasil dengan cara pertama, maka anda bisa mencoba cara kedua dengan mengganti ulang akun google di hp android anda.

Langkah-langkahnya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan artikel yang pernah saya tulis sebelumnya tentang cara mengganti akun google di hp android,  langkah-langkahnya kurang lebih sebagai berikut:

a. Masuk ke menu Settings atau setelan, kemudian pada halaman settings cari  dan pilih menu account atau akun


cara mengganti akun email google play store


b. Di halaman Account cari dan pilih Google, seperti terlihat di gambar di bawah ini:

ganti akun gmail google play store


c. Lalu pada halaman berikutnya klik atau tap pada tulisan alamat email anda, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:



d. Centang pada daftar aplikasi yang tidak ingin lagi menggunakan email tersebut, lalu tekan tombol titik tiga vertical di pojok kanan atas, kemudian pilih menu hapus.



Sampai langkah di atas akun google play store anda akan terhapus dan anda harus membuat akun baru untuk hp android anda.

Cara membuat akun Google play store baru

Untuk membuat akun google play store baru, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Kembali lagi, silahkan buka pengaturan atau setting/setelan

2. Kemudian Pilih menu akun/account > kemudian klik pada tambahkan akun seperti gambar di bawah ini:



3. Kemudian pilih Google, seperti terlihat di gambar di bawah ini:


Anda akan diminta untuk memasukan email dan password anda, silahkan anda gunakan email gmail anda, ikuti langkah-langkahnya sampai selesai, sampai tahap ini berarti anda sudah berhasil mengganti akun atau email aplikasi google play store di hp android anda.

Setelah langkah di atas anda lakukan, selanjutnya silahkan buka kembali aplikasi google play store, jika berhasil anda bisa menggunakan applikasi google playstore dengan normal.


Demikian tentang  #2 cara ampuh atasi error autentifikasi google playstore (diperlukan autentifikasi / autentication is required), semoga bermanfaat.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon