Sunday, June 25, 2017

Cara Keluar (Logout) email gmail di semua hp android (samsung, xiaomi, asus, lenovo, vivo)

Google email atau gmail di perangkat android merupakan aplikasi bawaan yang biasanya sudah tersedia di setiap smartphone dengan sistem operasi android, apapun merk hp yang digunakan, baik itu  merk samsung, xiaomi, asus, lenovo, vivo dan merk lainnya selama menggunakan sistem operasi android rata-rata di dalamnya sudah tersedia aplikasi email gmail.

Aplikasi gmail tersebut biasanya akan langsung terintegrasi secara otomatis dengan akun google yang anda seting di perangkat android sebagai akun pengguna.

Kita ketahui bersama bahwa ketika pertama kali menggunakan hp android, hp akan meminta anda melakukan konfigurasi awal, dan salah satu konfigurasi yang anda harus masukan adalah email gmail anda.

Email tersebut akan digunakan sebagai akun pengguna yang akan langsung terintegrasi dengan produk-produk google yang memerlukan login, jadi setiap kali anda menggunakan produk google seperti email gmaol, youtube, google play store dan produk lainnya, anda tidak perlu melakukan login ulang, aplikasi secara otomatis akan login menggunakan akun google yang anda masukan di pengaturan awal hp android anda.

Cara keluar atau sign out dari email gmail di android


Terkait dengan aplikasi gmail, untuk beberapa kasus, ada saja pengguna yang sengaja ingin keluar atau sign out dari akun gmail di hp android miliknya, salah satu alasannya mungkin saja pengguna ingin agar aplikasi gmail digunakan untuk akses akaun gmail yang lain.

Tapi sayangnya aplikasi gmail di hp android tidak seperti aplikasi gmail berbasis web yang biasa anda akses lewat komputer, sign out atau keluar dari aplkasi gmail berbasis web di komputer sangatlah mudah, karena memang fasilitas signout tersedia. Tapi untuk aplikasi gmail di hp android fasilitas sign out atau tombol keluar tidak tersedia, sehingga tidak sedikit pengguna yang merasa kesulitan ketika ingin keluar dari akun gmail miliknya di hp android.

Untuk itu bagi anda yang ingin keluar atau logout dari aplikasi gmail di hp android,  dan tidak mengetahui caranya, maka di artikel kali ini saya akan coba jelaskan trik keluar dari email gmail di hp android.

Cara Keluar (Logout) email gmail di semua hp android (samsung, xiaomi, asus, lenovo, vivo)

Untuk anda pemilik hp android baik itu samsung, xiaomi, asus, lenovo, vivo dan merk hp android lainnya yang merasa kesulitan ketika ingin logout dari akun email gmail di aplkiasi android, anda bisa mencoba cara-cara di bawah ini:

Cara ke #1

Untuk keluar dari akun gmail salah satu caranya adalah menghapus akun google yang sudah anda tambahkan sebagai akun pengguna di perangkat android anda.

Untuk menghapus google akun di setiap perangkat android sedikit berbeda caranya, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Menghapus akun google di HP Xiaomi: 
Masuk ke bagian settings/setelan > Other Accounts > Google > pilih alamat email yang terpasang di hp android anda > tekan tombol ... bertuliskan more, ada di bagian bawah > pilih remove accounts

b. Menghapus akun google di HP Asus zenfone:
Masuk ke bagian setelan / settings > Akun > Google > klik pada alamat email ......@gmail.com > di halaman berikutnya, tekan menu titik tiga di pojok kanan atas > lalu pilih Hapus akun

Di beberapa merk hp android lainnya caranya tidak jauh berbeda dan biasanya ada di halaman pengturan.

Dengan menghapus google akun maka secara otomatis akun gmail pun akan keluar atau sign out. tapi sayangnya dengan menghapus google akun anda tidak akan bisa menggunakan produk google yang membutuhkan login untuk mengaksesnya.



Cara ke #2

Jika niat anda ingin keluar dari akun email gmail di hp android anda karena anda menginginkan aplikasi gmail tersebut untuk akun email gmail lainnya yang anda miliki, maka langkah terbaik adalah menambahkan akun gmail lainnya pada layanan email gmail tersebut.

Dengan demikian anda bisa saling tukar diantara kedua email yang anda seting tersebut, ini menurut saya cukup praktis dari pada cara ke 1 di atas.

Silahkan tambahkan akun google baru melalui aplikasi email gmail anda, langkahnya adalah sebagai berikut:

a.  Buka aplikasi google mail (gmail) di perangkat android anda

b. Klik pada menu utama bergambar baris 3 yang letaknya di pojok kiri atas

c. Pada menu yang muncul, pilih Menu settings/setelan > add account > google.

d. Anda akan diminta untuk memasukan alamat email gmail baru, silahkan masukan alamat email gmail lainnya yang anda miliki untuk diintegrasikan dengan aplikasi email gmail.


Gunakan alamat Email Gmail yang baru tersebut untuk aplikasi gmail
Setelah alamat email gmail baru anda pasang, silahkan integrasikan dengan aplikasi gmail, agar setiap kali ada pesan masuk dari email tersebut notifikasinya dapat terbaca.

Langkahnya adalah sebagai berikut: 

a. Masik di aplikasi gmail, tekan lagi menu utama bergambar 3 baris yang letaknya dipojok kiri atas.

cara keluar dari aplkasi email gmail di hp android
b. di bagian atas yang ada gambar dan foto berbentuk lingkaran, silahkan klik pada icon arah panah ke bawah tepat disamping kanan alamat email ......@gmail.com.

Cara ganti email di aplikasi email gmail android


c. Nanti akan keluar menu, silahkan pilih alamat email yang ingin anda pasang.


Itulah beberapa alternatif bagaimana cara sign out atau keluar dari aplikasi gmail di hp android, semoga membantu.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon