Friday, May 26, 2017

Cara Mudah Menambahkan widget android di HP Xiaomi untuk pemula

Kali ini saya ingin memberikan tutorial tetang bagaimana cara memasang atau menambahkan widget android di xiaomi, saya ingin share tutorial ini dikarenakan pengaktifan widget di hp xiaomi tersembunyi dan sedikit berbeda dengan hp kebanyakan sehingga masih banyak orang yang tidak tau bagaimana caranya.

Kita ketahui bersama bahwa Hp android sampai saat ini mampu menjadi salah satu hp yang paling  banyak digemari di seluruh dunia. Selain memiliki antar muka yang menarik dan ramah pengguna, fitur yang ditawarkan android juga sangat lengkap tidak kalah dengan merk hp yang lebih dulu populer.

Salah satu fitur yang terdapat di hp dengan sistem android adalah tersedianya widget yang siap untuk dibongkar pasang dengan mudah. Widget adalah aplikasi yang khusus disediakan untuk melengkapi dan mempermudah akses terhadap sebuah aplikasi android.

cara menambahkan dan memunculkan widget di hp xiaomi


Fungsinya sebagai perwakilan aplikasi  agar aplikasi dapat diakses lebih mudah.  Dengan menggunakan widget pengguna tidak perlu repot-repot harus membuka aplikasi yang dimaksud. Informasi bisa didapat cukup hanya dengan melihat widget yang dipasang di dashboard saja.

Aplikasi Widget di hp android ada yang sudah tersedia secara bawaan seperti widget calender, clock, cuaca dan widget lainnya, ada juga widget karena menginstal aplikasi pihak ke 3, namun tidak semua aplikasi memiliki widget ketika diinstal.

Untuk memasang widget pada umumnya pengguna harus mengaktifkan widget tersebut secara manual. Di perangkat android cara mengaktifkan widget sebenarnya sangat mudah, namun terkadang setiap merk hp memiliki cara yang berbeda- beda.

Di artikel kali ini saya akan mengurikan cara memasang atau mengaktifkan widget di hp xiaomi. Saya membahas artikel ini dikarenakan sistem operasi android xiaomi sedikit berbeda dengan merk hp kebanyakan. Dan cara menambahkan widget pun sedikit berbeda.

Cara memasang widget di ponsel xiaomi.

Walaupun xiaomi sama-sama menggunakan sistem operasi android. Namun sistem operasi android xiaomi berbeda dengan sistem operasi android kebanyakan. Dikarenakan android xiaomi sudah mengalami banyak modifikasi, sehingga ada banyak perbedaan terutama ketika melakukan konfigurasi sistem. termasuk cara  memasang atau menambahkan widget.

Cara mengaktifkan widget di xiaomi baik xiaomi redmi note 2, xiaomi redmi note 3, xiaomi redmi note 4 dan versi xiaomi lainnya langkahnya sebenarnya sangat mudah. sayangnya tidak semua pengguna xiaomi mengetahui caranya, terutama pengguna pemula yang baru dengan xiaomi.

Untuk anda yang kebetulan belum tau cara menambahkan widget di hp xiaomi,  langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan hp xiaomi anda.

2. Pada tampilan utama (homescreen) atau tampilan menu xiaomi. Arahkan jari anda ke ruang kosong yang  kebetulan tidak ditempati menu. Lalu tap dan tahan agak lama. nanti akan muncul tombol menu khusus pengaturan yang dapat digunakan untuk:
  • Memilih Tema
  • Menambahkan widget
  • Memilih efect animasi gulir layar
  • Memilih walpaper


Untuk menambahkan widget pilih saja tombol widget bergambar +, nanti akan muncul widget-widget yang sudah terinstal di perangkat xiaomi anda yang siap anda pilih, terlihat seperti gambar di bawah ini.




4. Silahkan klik pada salah satu widget yang ingin anda tampilkan di halaman dashboard hp xiaomi anda.

Sampai langkah 4 di atas widget akan mincul di layar menu hp anda dan sudah siap untuk anda gunakan, silahkan atur tata letak dan ukurannya sesuai dengan yang anda inginkan.


Sangat mudah bukan, cara menambahkan widget di atas saya coba di xiaomi redmi note 4 dan sepertinya di xiaomi redmi note 3 dan xiaomi lainnya juga langkah-langkahnya tidak jauh berbeda.

Demikian artikel sederhana tentang Cara Menambahkan widget android di hp xiaomi, semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda selamat mencoba.

5 comments

Saya punya hp Xiaomi Redmi 3 cara tersebut tidak berhasil mas walaupun sudah saya tekan lama pada home screen

Coba Alternatif lain mas,
Caranya:

Gunakan telunjuk dan ibu jari di area kosong renggangkan dikit lalu tempel di permukaan layar, lalu gerakan ibu jari dan telunjuk secara bersamaan sampai kedua jari tersebut menempel. ilustrasinya sama halnya seperti sedang menangkap capung. biasanya menu akan muncul

ikon kamera di homescreen xiaomi saya terhapus. apk kameranya masih ada, hanya ikon nya saja tidak ada. gimana cara memunculkan kembali ikon kamera nya ke home yah? terimakasih.

Sepertinya aplikasi sistem tidak akan bisa dihapus.

Coba ganti icon theme nya ke default, mungkin terembunyi,

Atau coba masuk ke
Settings >installed app > cari system louncher lalu clear cache.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon