Wednesday, April 19, 2017

Kamera dan Video HP Xiaomi Ngelag / Lemot, cara ini bisa anda coba!

Di artikel kali ini saya akan uraikan bagaimana cara mengatasi camera dan video ponsel xiaomi yang ngelag dan lemot - Saya akhir-akhir ini memang lebih menyukai merk hp xiaomi alasannya karena spesifikasi tinggi dan sangat murah jika dibadingkan dengan merk hp lainnya dengan spesifikasi serupa, selain itu xiaomi menjadi  daya tarik dikarenakan di negaranya sendiri hp ini sangat populer bahkan tingkat penjualannya pun bisa mengalahkan samsung,  Xiami memang banyak digemari dikarenakan inovasi dan fiturnya tidak beda jauh dengan apple iphone, bahkan banyak yang menjuluki xiaomi dengan sebutan iphone dari negeri tirai bambu.

Ketika memberanikan diri untuk membeli hp xiaomi karena saya anggap sempurna, ternyata di luar dugaan tadinya saya menganggap tidak akan ada trouble dengan hp xiaomi saya namun ternyata saya menemukan banyak sekali kelemahan, terutama terkait versi xiaomi yang saya gunakan, kebetulan xiaomi yang saya gunakan adalah xiaomi redmi note 4, 3/64 4G dengan chipset mediatek,

Mengatasi kamera xiaomi lemot dan lag


Seperti yang sudah pernah saya ulas di artikel sebelumnya terkait kelemahan xiaomi versi redi note 4 mediatek, ada 1 kelemahan lagi yang cukup menyebalkan, ternyata kamera dan video xiaomi ngelag dan lemot ketika dibuka, Ketika mencoba Video dan Camera, benar-benar sangat lambat dan lemot, terkadang tidak terbuka sama sekali, bahkan sering menyebabkan kinerja hp menjadi terganggu, panas serta seperti hang.

Setelah mencari referensi untuk memperbaikinya ternyata kasus kamera lemot dan ngelag ini banyak dialami juga oleh beberapa pengguna xiaomi lainnya, dan ternyata setelah mencari tau, ini disebabkan oleh beberapa setingan xiaomi yang kurang tepat, akhirnya setelah setingan di modfikasi kamera dan video xiaomi redmi note 4 saya mulai berjalan normal.

Bagi anda yang kebetulan memiliki ponsel xiaomi dan kebetulan mengalami permasalahan serupa, maka untuk memperbaikinya disini saya akan uraikan langkah-langkahnya.

Cara Memperbaiki Camera dan Video Xiaomi yang lemot dan ngelag

Untuk memperbaiki camera xiaomi dan video yang lemot ketika dioperasikan, maka langkah pertama anda harus mengaktifkan mode pengembang pada perangkat xiaomi anda.

Aktifkan mode pengembang

Untuk memperbaiki camera xiaomi yang lemot dan lag maka langkah pertama anda harus mengaktifkan mode pengembang. jika mode pengembang sudah aktif biasanya akan muncul menu opsi pengembang / developer option yang terdapat pada menu setelan > pengaturan tambahan. jika tidak muncul berarti opsi pengembang belum diaktifkan.

Di artikel sebelumnya saya sudah menguraikan bagaimana cara mengaktifkan mode pengembang di ponsel xiaomi, kurang lebih caranya adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan hp xiaomi anda

2. Masuk ke menu seting / pengaturan, kemudian scroll ke bawah pilih menu About ponsel / tentang ponsel


tentang ponsel xiaomi


3. Pada halaman about ponsel, cari menu versi MIUI /MIUI Version, kemudian ketuk-ketuk sebanyak 7 kali, sampai muncul notifikasi "Anda sudah menjadi pengembang"

miui version


4. Untuk masuk ke menu opsi pengembang, silahkan kembali ke menu setting, lalu pilih menu Setelan tambahan... / additional settings... . Pada halaman additional settings/ setelan tambahan, cari dan klik menu Opsi pengembang / developer options, di halaman tersebut pastikan pilihan opsi pengembang sudah dalam keadaan on / aktif.

Opsi pengembang xiaomi


Ini Setingan Untuk mengatasi kamera hang /ngelag /lemot 

Pada halaman opsi pengembang /developer options, untuk mengatasi hp ngelag atau lemot, maka silahkan scroll ke bawah, kemudian cari menu Pengoptimalan Memory / Memory Optimization,  pastikan memilih non aktif. Lalu scroll lagi ke bawah, pastikan Menu Hidupkan Optimasi MIUI dalam keadaan aktif.



Setelah langkah-langkah di atas anda lakukan, silahkan restart HP xiaomi anda, dan coba lihat hasilnya, di HP xiaomi saya (xiaomi redmi note 4 3/46 mediatek), cara di atas berhasil mengatasi kamera dan juga perekam video xiaomi yang tadinya lemot dan ngelag menjadi smooth dan lancar. semoga cara di atas berhasil juga untuk hp xiaomi anda. god luck.

Setelah Berhasil dengan Melakukan Seting di atas Lho kok hp saya lemot lagi Bagaimana solusinya

Ini bisa saja terjadi pada xiaomi anda, karena saya juga sama mengalaminya, setelah melakukan seting di atas, kamera memang menjadi normal, namun kadang-kadang kamera kembali ngelag dan lemot,  Apa yang saya lakukan adalah melakukan restart hp ketika kamera ngelag lagi, bahkan saya sempat merestartnya beberapa kali, dan setelah peristiwa tersebut kamera xiaomi redmi note 4 saya akhirnya berjalan normal tanpa harus restart ulang terus, bahkan sempat setiap kali ambil beberapa foto saya matikan kamera dan matikan layar. lalu hidupkan lagi, ketika ingin digunakan kembali. dampaknya sampai saat ini lancar-lancar saja tanpa harus on off ulang.

Saran agar kamera berjalan mulus, jika memang sedang digunakan untuk foto-foto dalam jumlah yang sering misalnya untuk mendokumentasikan ketika anda sedang liburan dan lain sebagainya, lebih baik ubah ke dalam mode terbang /pesawat agar hp tidak mudah panas, dan jika tidak sedang digunakan pastikan layar hp dimatikan.

Pemutar Video Xiaomi Anda lemot Ini Solusinya

Ternyata kekurangan dari xiami terutama xiaomi redmi note 4 bukan hanya pada kameranya yang sering ngelag ketika ingin digunakan, pemutar video bawaannya pun bahkan lebih parah, setiap kali digunakan untuk memutar video maka hang, ngelag dan suara berisik akan muncul sehingga tidak jarang membuat sistem xiaomi hang tidak bisa diapa-apakan, pada akhirnya hanya restart saja jalan terakhir.

Jika pada posel xiaomi anda mengalami permasalahan serupa pada pemutar video bawaan xiaomi untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa baca artikel berikut :
Mengatasi masalah lag/hang pada pemutar video bawaan xiaomi

UPDATE Terbaru 100% work:


Ada kabar baik untuk pengguna xiaomi redmi note 4 mediatek/qualcomm snap dragon yang kebetulan masih mengalami permasalahan lag/lemot pada kamera dan juga pemutar video bawaah xiaomi,juga permasalahan pada suara yang kadang berisik atau tersendat-sendat ketika bermain game atau memutar music MP3, cara ini 100% berhasil mengatasi semua permasalahan tersebut.

Silahkan update MIUI 8 Xiaomi redmi note 4 anda ke miui versi 8.2.1.0 yang sudah tersedia, bisa via OTA atau manual, setelah saya coba melakukan update via OTA menggunakan aplikasi updater bawaan xiaomi, ternyata dengan melakukan update MIUI ke versi 8.2.1.0 100% dapat mengatasi semua permasalahan di xiaomi redmi note 4 saya.

Awalnya khawatir 4G tidak akan jalan setelah melakukan update, namun setelah dicoba 4G berjalan normal dan sejak melakukan update beberapa hari yang lalu, permasalahan pada suara, lag pemutar video dan juga kamera sekarang tidak ada lagi, benar-benar manjur.

MIUI 8 Xiaomi redmi note 4 versi 8.2.1.0


Jadi untuk anda pengguna xiaomi redmi note 4 yang masih mengalami permasalahan di atas silahkan lakukan update ke miui versi 8.2.1.0 yang sudah siap di download via OTA ataupun manual, kapasitas downlod kira-kira 1.4G jadi pastikan menggunakan WIFI, update MIUI kurang lebih memakan waktu 30 menit.

Semoga setelah update tidak muncul lagi permasalahan baru, yo...kita tunggu saja testimoni berikutnya.


Demikian tentang langkah-langkah untuk memperbaiki kamera dan video xiaomi yang lemot dan ngelag, semoga artikel di atas membantu.

29 comments

Thanks sarannya gan, ternyata trip gan work 100%, sekali trimakasih

Terimakasih banyak mas bro,, sangat bermanfaat, bekerja 100%, td nya kamera saya memang nge lag, dan rasa nya pengen jual ni hp, padahal redmi note 4 ini kamera nya bening bgt, yah gk jd dech,,, makasih banyak sekali lg, panjang umur murah rezeki ya,
Salam...

Emg lancar gan setelah mencoba tutorial diatas, tpi ga lama kemudian, kamera mulai lag lgi gan. Solusinya dong

Persis seperti apa yang saya alami ketika pertama kali gan, walaupun melakukan seting di atas ternyata kadang camera lemot lagi, yang saya lakukan setiap kali lang restart ulang hp nya, akhirnya sampai saat ini camera berjalan normal, tanpa harus direstart-restart lagi, ntahlah mungkin ada yang menunggu proses tersimpan di rom nya atau gimana saya juga kurang tau

Thanks sarannya gan sangat membantu sekali

Manjur bgt resepnya,thanks bgt,tadinya sempet kepikiran mo dijual ni note4 saya, pdhl baru dipake 1mggu, setelah ikuti saran dari Anda,gx jd deh dijual, udah enak makenya, 4 jempol deh buat admin,,

Xiaomi rom global official sudah ada update silahkan update melalui OTA, permasalahan semua berhasil diatasi.dan sudah tidak ada bug lagi

gan, solusi kalo setiap habis buka apk/mau keluar apk kembali ke home screen mesti lemot itu gimana ya? ganggu bgt soalnya kalo harus nunggu bufering muter2

Coba agan masuk ke developer option / opsi pengembang, silahkan aktifkan dulu opsi pengembangnya, pada artikel di atas ada caranya.

Di halaman opsi pengembang, scroll ke bawah, pastikan menu Don't keep activities / jangan simpan kegiatan dalam keadaan Mati. kemudian silahkan restart, semoga membantu

Gan ini bnran gak bkln hilang 4Gnya? Soalnya pngn bngt upgrd tpi takut 4Gnya hilang gan. Xiaomi redmi note4 sya sering ngelag saat buka ig, youtube,pdhl saya sdh coba pake mx player pro. Sempat brhsil tpi harus bgtu" terus saat hp di nyalakan. Tolong sarannya gan

Punya ane xiaomi redmi note 4 mediatek rom global official sudah diupdate ke miui 8.2.1.0 semua ok gan termasuk 4G malahan bug sudah hilang semua.

Jika xiaomi agan sama silahkan dicoba gan.

work! update ke 8.2.1.0 ternyata bisa perbaikin semua tanpa harus kehilangan jaringan LTE, sejauh ini lancar jaya, thanks mba Nadiya.
Note: hp saya Xiaomi Note 4 mediatek, sebelumnya pakai MIUI 8.0.4.0

Betul sekali gan, bahkan hape tidak mudah panas.

Klau redmi pro gmna gan
Putar video music mp3 lag terus
Minta solusinya

Gan saya udah miui8 redmi3 ram3 kenapa lag ya??

ane udah di up. bener engga ada lag lagi. tapi baterai cepet sekali gan habisnya.. kenapa yah?

Maaf gan. ane udah update, tapi ko masalah panas masih ada selagi main game.. daj baterainy jadi agak cepet habisngan
saran gan.. makasij

Normal panas kalo lagi dipake mah gan, apalagi main game iru normal.

Tapi jika sedangdisimpan disaku hp masih suka panas sendiri itu baru tidak normal, seperti xiaomi punya saya sebelum update.

Mbk via OTA itu gmn?? Maklum msih gaptek mbk.. Mksh

OTA over the air gan, di xiaomi biasanya melalui aplikasi updater bawaan xiaomi

bisa dibaca disini:
https://bincangandroid.blogspot.co.id/2017/06/cara-update-xiaomi-via-ota.html

Saya mau tanya ... saya makai XiaoMi Mi Note 2 ... pas Rekam Di Instagram kok patah" ya ?

Kebetulan hp gw juga redmi note 4, 3/64 dan ngelag parah. Tapi miui bawaan gw udah 8.2.1.0 nah gimana neh? Udah nyoba yg developer options, tapi pas yg pengoptimalan memorynya gabisa di nonaktifkan, tulisannya suruh ngeroot dulu hp. Apa upgrade miui 9 aja ya? Mohon bantuannya wkwkwk thaaannnkkksss

Kalo menurut saya coba downgrade ke vers sibelumnya, lalu upgrade ke versi 8.2.1.0

Dulu masalah selesai karena upgrade ke 8.2.1.0

kok xiaomi redmi note 4X ku wifinya sering putus kenapa ya?

kak kalo di upgrade ke 8.2.1.0 apakah data2 seperti foto,video dll akan hilang atau tidak? thanks

Hanya hanya update tidak akan hilang, kecuali agan ganti rom atau melakukan flashing dulu sebelum update baru hilang

Barangkali masalah jarngan gan tidak stabil

saya mau update ke versi baru tp kok tidak bisa y...keterangannya belum tersambung pada wifi padahal sudah...itu knp y???mohon bantuannya y

Pastikan mode wifi di menu pembaharuan aktif

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon