Friday, April 28, 2017

Ini Resiko / kekurangan dan Kelebihan Melakukan Jailbreak pada Iphone !

Anda pasti sudah sangat kenal dengan istilah jailbreak bukan?, istilah ini sering disematkan pada produk apple iOS, seperti misalnya iPhone dan produk apple lainnya, jailbreak adalah  proses meretas iPhone OS agar dapat menerima aplikasi gelap (bukan melalui jalur resmi Apple App Store).

Alasan banyak pengguna iphone memutuskan untuk melakukan jailbreak pada iphone miliknya adalah karena mereka merasa dibatasi dan kurang leluasa untuk menggunakan iphone, kita tau iphone sangat ketat dalam proteksi sistemnya, salah satu cirinya adalah iphone tidak mengizinkan untuk menginstal aplikasi ataupun media yang bersumber dari luar, iphone hanya mengizinkan aplikasi yang bersumber dari itunes atau app store, padahal applkasi di appstore dan itones kebnayakan adalah aplikasi berbayar.



Untuk lebih leluasa menginsta aplikasi pada iPhone, maka salah satu cara yang banyak ditempuh adalah melakukan jailbreak pada iphone, sehingga akses pengguna terhadap sistem iphone tidak lagi dibaasi dan menjadi lebih leluasa. tapi harus diingat Jailbreak adalah prosedur ilegal dan penuh resiko, jadi jika anda memutuskan ingin melakukan jailbreak, maka setidaknya anda harus mengetahui resiko yang akan anda dapatkan. sehingga ini bisa menjadi pertimbangan apakah iphone anda harus dijailbreak atau tidak.

Di artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai resiko buruk dari melakukan jailbreak untuk memberikan informasi kepada anda agar anda bisa berfikir 2 kali sebelum melakukan jailbreak pada iphone anda.


Resiko Melakukan Jailbreak pada Iphone !

Apakah jail break berbaya untuk iphone?, tentu saja ada bahayanya, Berikut akan saya uraikan beberapa resiko melakukan jailbreak pada iphone:

1. Iphone kehilangan garansi 
Resiko pertama jika anda melakukan jailbreak pada iphone anda adalah iphone anda akan kehilangan garansi, karena ketika iphone terdeteksi secara online melakukan tindakan jailbreak, maka apple akan langsung membaned seri iphone tersebut dan garansi akan hilang.

2. Bisa menimbulkan Error 
Resiko kedua, tindakan jailbreak bisa membuat hp iphone anda mengalami error, ini bisa terjadi jika proses jailbreak tidak benar atau gagal. dan ini berlaku untuk iPhone berbagai versi baik versi 4, 5 dan versi lainnya.

3. Terinstalnya aplikasi khusus jailbreak
Kelemahan yang berikutnya adalah di iphone akan banyak ditemukan aplikasi-aplikasi kusus yang diinstal otomatis ketika proses jailbreak.

4. Berubahnya logo apple ketika iphone proses startup
Resiko berikutnya akibat anda melakukan jailbreak adalah, berubahnya logo iphone anda ketika proses startup berlangsung, basanya logonya tadinya apple berubah menjadi nanas atau kelapa tengkorak.

Keuntungan Melakukan jail break pada iPhone

selain memiliki resiko, tindakan jail break ternyata memiliki banyak keuntungan jika dilakukan secara hati-hati dan dengan cara yang benar. keuntungannya adalah sebagai berikut:

1. Anda akan memiliki akses full terhadap sistem Iphone
Jika jailbreak berhasil maka anda akan memiliki akses full terhadap sistem iphone, sehingga anda bisa mengobrak-abrik melakukan modifikasi, menghapus dan tinakan lainnya pada Iphone tersebut.

2. Iphone bisa menginstal aplikasi dari luar
Yang kedua adalah iphone akan dapat melakukan instalasi aplikasi dari luar, jadi aplikasi yang diinstal tidak perlu dari app store saja

Pertimbangkan ini sebelum melakukan jailbreak!

Jadi jail break atau tidak ?, Jika anda benar-benar memutuskan ingin melakukan jailbreak pada perangkat ponsel iPhone anda, maka sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

1. Jika jail brak menurut anda akan berguna maka silahkan lakukan jailbreak dengan hati-hati dan jangan sampai gagal.

2. Lakukan jailbreak setelah garansi produk habis, karena berdasarkan resiko di atas, jail break bisa menghilangkan garansi.

3. Anda harus siap dengan resiko yang mungkin terjadi, karena jailbreak merupakan tindakan ilegal dan sangat tidak disarankan oleh apple.



Itulah tentang resiko jailbreak, kelemahan dan kelebihan melakukan jail brak pada ponsel iPhone anda. semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon