Thursday, April 27, 2017

Mengenal Ciri-Ciri Iphone (Apple) Asli atau Palsu alias Rekon

Iphone salah satu produk besutan perusahaan apple yang akhir-akhir ini sedang naik daun sehingga permintaan di negara indonesia kabarnya terbilang cukup tinggi, namun berbanding terbalik dengan daya beli masyarakat, karena kita kenal iphone adalah salah satu merk hp yang benar-benar elegan dan harganyapun terbilang sangat tinggi, namun karena daya beli masyarakat indonesia lemah, sehingga banyak sekali pihak yang berusaha menghadirkan produk iphone dengan harga yang murah.

Harga murah tersebut bisa dihadirkan di indonesia karena ternyata produk yang dijual adalah produk bekas alias rekon yang sudah dipoles, atau produk black market atau rubbis sehingga kelihatan baru. secara kasat mata memang sangat sulit dibedakan, karena sudah di kemas sedemikian rupa sehingga produk tersebut sangat mirip sekali dengan original.



Untuk orang awam yang belum mengenal ciri-ciri iphone asli atau rekon jelas akan sangat sulit, membedakan mana iphone asli dan mana iphone bekas, sehingga  bisa jadi iphone yang mereka beli adalah iphone bekas alias rekon, walaupun kemasannya seperti baru.

Oleh karena itu untuk anda yang menggemari produk dari apple ini, untuk memastikan bahwa iphone yang akan anda beli adalah iphone asli, maka setidaknya anda harus mengetahui ciri-ciri iphone asli dan iphone rekon, sehingga dengan mengetahui ciri-cirinya anda akan lebih mudah memutuskan untuk membelinya atau tidak membelinya.

Mengenal Ciri-Ciri Iphone (Apple) Asli atau Palsu alias Rekon

A. Iphone Palsu

Beberapa ciri yang dapat diidentifikasi dari iPhone Rekon atau Bekas atau BM adalah sebagai berikut:

1. iPhone Rekondisi Garansi 1 thn Distributor.

Yang pertama untuk mengenali iphone asli atau rekon, dilihat dari garansinya, jika garansi distributor walaupun  1 tahun, bisa jadi iphone yang dijual adalah iphone bekas. Iphone seperti ini  biasanya iPhone yang didatangkan dari luar negri dalam bentuk spare part bekas, kemudian diperbaiki dan diganti casing baru serta aksesoris dan dus baru, lalu diberi garansi distributor selama 1 tahun. 

Untuk mengenalinya Jenis iPhone ini biasanya merupakan tipe tipe lama yang sudah tidak ada harganya di negara maju. Contohnya seperti iPhone CDMA, iPhone 4, iPhone 4s, bahkan iPhone 5 dan harganya sangat murah sekali.

Ada beberapa distributor besar juga mendatangkan iPhone jenis ini dari cina dalam bentuk sudah terakit dan siap jual. Hati - hati dalam membeli iPhone jenis ini, jika anda memutuskan untuk membelinya maka sebaiknya perhatikan penjualnya dan distributornya, pilih yang mempunyai nama besar dan mau bertanggung jawab.

2. Iphone yang memiliki masa garansi 1 bulan ke bawah

Untuk anda yang ingin membeli iphone dan ternyata di ketahui garansi yang diberikan 1 bulan ke bawah, maka sebaiknya anda hati, hati karena kemungkinan besar iphone jenis ini biasanya rekon black market.

Distributor yang mendatangkan iphone jenis ini tidak mau repot memberi pajak palsu dan kartu garansi untuk menggaransi selama 1 tahun. Pembeli pun sudah menyadari bahwa saat membeli produk ini keadaanya ya demikian itu. Harga lebih murah dari iPhone rekondisi distributor. Jenis yang ada dipasaran biasanya iPhone 4 CDMA, iPhone 4g, 4s bahkan 5.


3. iPhone Refurbish (pre owned)

Jenis ini jika di cek garansinya masih belum jalan. Namun sebenarnya ini adalah Apple rekondisi dari apple bekas di jadikan baru. Namun yang merekondisi adalah resmi dari pihak Applenya. Sehingga garansinya masih penuh 1 tahun. Harganya lebih miring bahkan dari iPhone rekondisi distributor.

Jika anda memutuskan untuk membeli iphone murah sangat disarankan untuk memilih jenis iPhone preowned ini. Sebab garansinya masih full, semua aksesoris orisinil, hanya mesinnya saja yang bekas. Jenis ini yang sudah masuk ke indonesia adalah iPhone 5 dan iPad.

4. iPhone yang harganya 1 juataan saja

Jangan terlalu gembira jika anda ditawari iphone dengan harga sangat murah seharga satujutaan, karena bisa jadi iphone yang dijual tersebut merupakan iphone Supercopy atau iPhone palsu. perlu anda ketahui iphone jenis ini sesuai dengan namanya, ini bukanlah produk iPhone sebenarnya, ini sebenarnya adalah HP android yang menggunakan casing sperti iPhone, dan menggunakan thema persis iPhone.

Untuk mengenalinya cukup mudah selain harganya sangat murah, cirinya adalah pada app store iPhone palsu ini menggunakan Playstorenya Android. Kualitasnya pun ancur dan tidak worth it unutk di beli bahkan dicoba sekalipun. Satu satunya kemiripannya adalah tampilan dan bentuknya jika dilihat dari jarak jauh. Jadi fungsinya untuk gaya saja. Yang ada dipasaran, iPhone 5 sc, iPhone 5s sc, iPhone 6, 6+.

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu
Cara paling mudah adalah dengan mengecek bahwa. iPhone asli akan menggunakan App Store apple bukan Play Store Google. Jenis material yang digunakan pun kualitas murahan, yang mudah pritil.


B. Iphone Asli (Rekomended)

Jika anda cukup dana dan memutuskan untuk membeli iphone sangat direkomendasikan untuk membeli iphone asli, namun anda harus mengenali ciri-cirinya agar anda tidak salah dalam membeli produk apple yang satu ini, berikut beberapa ciri dari iphone asli yang sangat direkomendasikan untuk anda yang punya cukup dana.

1. Iphone baru dengan garansi international

Jika anda mendapatkan iphone kondisi masih baru dan garansinya internasional, maka ini adalah salah satu kategori dari iphone yang benar-benar asli, karena sebenarnya apple corp tidak punya cabang di indonesia, Maka pengguna apple Indonesia yang tidak mau menggunakan produk iphone Rekondisi akan memilih iPhone garansi Internasional. 

Pada dasarnya iPhone ini adalah iPhone unlock baru yang dijual di luar negeri, misal singapore atau Australia. Yang dibawa masuk ke Indonesia dan di Jual di Indonesia. iPhone jenis ini adalah benar benar baru dan garansinya belum jalan. Hanya saja claim garansinya agak sulit karena harus di negara asalnya. Harganyapun tinggi, sesuai standar website apple masih ditambah sekitar 2 juta sebagai biaya bea cukai dan margin distributor. Biasanya tipe tipe produk apple baru seperti iPhone 5s, 6, 6+. Distributor yang bertanggung jawab biasanya bisa dititipi untuk masalah garansi produk apple jenis ini.

Tapi anda jangan khawatir walaupun claim garansi jauh kemungkinan besar iphone jenis ini benar-benar sangat berkualitas dan jarang sekali memiliki kendala.

2. iPhone New dengan Label Resmi Indonesia

Jika anda mendapatkan iphone baru dan ada label resmi indonesia maka ini bisa menjadi salah satu produk yang bisa anda beli, tapi anda jangan terlalu percaya dengan sebutan resmi, karena sebenarnya kata tersebut tidak terlalu tepat disandang untuk produk iphone ini. pasalnya perusahaan apple corp tidak membuka cabang di indonesia.

Kata resmi hanya sekedar klaim dari distributor besar untuk membedakan dari iPhone garansi Internasional dari distributor yang lebih kecil. Karena Cabang Apple belum ada di Indonesia. Maka distributor besar mendatangkan iPhone yang diproduksi untuk negara negara diluar cabang resmi. Kemudian diberi garansi dengan nama distributor tersebut dan di klaim resmi. Harganya sangat mahal, bahkan lebih jauh lebih mahal dari website resmi apple. Jika uang bukan masalah, dan anda benar benar ingin iPhone baru tanpa takut tertipu, maka iPhone jenis ini paling cocok.

Jangan tertipu dengan kata kata Resmi, masalah garansi prosesnya akan sama saja dengan distributor lainnya. Lama dan menunggu dikirim keluar negri, berbelit belit dan kadang akan dimintain biaya tambahan. Sebab kembali lagi, belum ada apple resmi di Indonesia. Produk apple ini biasanya adalah iPhone 4 gsm 8gb, iPhone 4s 8gb, iPhone 5 16gb, iPhone 52 16gb. Sedang iPhone 6 sampai saat ini masih belum masuk.


Memang ada banyak sekali cara untuk membedakan iphone asli dengan iphone rekon atau BM, bisa dari distributornya, bisa dari harganya dan juga bisa dari software bawaanya, setidaknya ciri-ciri di atas cukup untuk mengidentifikasi apakah iphone asli atau palsu, semoga informasi di atas bermanfaat.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon