Tuesday, August 1, 2017

Cara mudah Install / update google play service secara manual di hp android

Instal / update google play service perlu dilakukan secara manual, karena memang tidak tersedia di google play store dan sekaligus untuk menghindari error karena memory perangkat penuh, kecuali anda mendapatkan panduan update google play service dari notifikasi yang muncul di hp android anda, baik notifikasi update, maupun dari pesan kesalahan yang mengharuskan anda update google play service.

Ada beberapa alasan kenapa google play service perlu di instal ulang atau di update, beberapa diantaranya adalah karena di hp anda google play service tidak ada, google play service sudah tidak kompatibel dengan aplikasi yang anda sering gunakan, atau google play service error.

Perlu diketahui bahwa keberadaan google play service fungsi utamanya sebenarnya adalah perangkat lunak pendukung aplikasi-aplikasi android yang diproduksi oleh google, seperti misalnya, aplikagi google play store, google+, gmail, dan aplikasi yang diproduksi oleh google lainnya.



Sebenarnya untuk beberapa merk hp dengan sistem operasi android google play service sudah build in, artinya sudah terinstal sebagai aplikasi bawaan, namun di beberapa merk hp seperti misalnya xiaomi dengan rom cina google play service belum tersedia, karena memang xiaomi dengan rom cina, tidak didukung oleh produk google.

Namun begitu keberadaan google play service di perangkat tertentu terkadang suka muncul masalah, seperti yang disebutkan di atas, misalnya sudah tidak kompatibel dengna aplikasi tertentu, sehingga perlu diupdate karena jika tidak aplikasi yang membutuhkan keberadaan google play service tidak akan bisa dijalankan, atau karena google play error yang disebabkan oleh hal-hal tertentu dan permasalahan lainnya.

Sayangnya untuk menginstal atau melakukan update google play service tidak bisa melalui play store (hehe...soale gue ndak tau caranya katro ya...), salah satu caranya adalah anda harus mendownload google play service lalu instalkan secara manual, namun anda harus tau cara update / instal yang benar, karena jika salah google play service bisa crash sehingga tidak akan berjalan dengan normal.

Cara Install atau Update Google Play Service secara manual di hp android

Update atau instal google play service harus hati-hati dan harus dilakukan dengan cara yang benar agar tidak terjadi crash atau error. Langkah-langkah update google play service secara manual adalah sebagai berikut:

Cara instal google play service

Untuk anda yang kebetulan di hp nya belum terinstal google play service seperti misalnya di hp xiaomi rom cina, lalu ingin menginstal aplikasi produk google seperti google+ gmail dan aplikasi lainnya, maka anda bisa melakukan instalasi google play service dan sekaligus google play serta beberapa produk bawaa hp android dari google menggunakan Google instaler.

Silahkan baca:
2 Cara instal google play store & play service

Cara Update Google play service.

Sedangkan untuk anda yang ingin melakukan update google play service, karena misalnya tidak bisa menjalankan aplikasi tertentu karena google play service tidak compatible, atau karena memory penyimpanan di hp android anda penuh, anda bisa coba melakukan update secara manual, langkah-langkahnya adalah di bawah ini:

1. Aktifkan hp android anda lalu buka setelan / settings

2. Pilih opsi apps atau instaled apps atau manage apps, di beberapa merk hp android mungkin tampilannya berbeda, intinya anda harus cari daftar seluruh aplikasi yang terinstal di hp android anda.

4. Pada daftar aplikasi terinstal, cari dan klik google play services.

5. Jika sudah ketemu, silahkan klik untuk masuk ke halaman app info, lalu lihat nomor serinya, kurang lebih seperti gambar di bawah ini:


Anda harus lihat dan catat 3 angka terakhir saja, angka tersebut menunjukan nomor seri google play service di hp android anda yang harus anda cari, misal gambar diatas tertera 038.

Nomor tersebut untuk mendapatkan google play service yang cocok, harus sama jika tidak biasanya akan menyebabkan crash. google play service tidak akan berfungsi dengan baik.

6. Langkah selanjutnya mencari aplikasi google play service di google.
Kita bisa mencarinya di situs apkmirror.com,

Agar pencariannya cepat, caranya silahkan buka browser di hp android anda, lalu lakukan pencarian di google dengan format kata kunci sebagai berikut:

apkmirror.com google play service no_seri

Untuk kasus di atas berarti kata kunci yang harus diketikan adalah


apkmirror.com google play service 038



Jangan lupa sesuaikan dengan no seri google play service yang terinstal di hp android anda. 

Anda akan menemukan daftar google play service dengan seri tersebut, silahkan anda cari google play service yang release versi paling baru, lalu download.

7. kemudian Instalkan di hp android anda

Sampai langkah di atas jika instalasi berhasil, seharusnya bisa mengatasi masalah error google play service di hp android anda.

Coba saja buka aplikasi produk google misalnya youtube, google +, google play apakah muncul lagi pesan error This app won't run unless you update google play services, jika tidak berarti anda berhasil. jika masih muncul anda harus mencari play service terbaru.

Mengatasi Error Insuefficient storage available ketika instal google play service

Tapi sayangnya beberapa perangkat ketika mencoba instal google play service terutama yang diinstal secara otomatis melalui play store suka muncul error Insufficeient storage available atau tidak cukup ruang. Jika itu terjadi berarti memory hp android anda penuh dan tidak cukup ruang.

Artinya anda harus membuang sebagian hp yang lain atau mencoba membersihkan data dan cache untuk aplikasi google play service di hp android anda.

Tips mengatasi Error Insuefficient storage available ketika instal google play service, adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan hp android anda lalu buka setelan / settings

2. Pilih opsi apps atau instaled apps atau manage apps, di beberapa merk hp android mungkin tampilannya berbeda, intinya anda harus cari daftar seluruh aplikasi yang terinstal di hp android anda.

4. Pada daftar aplikasi terinstal, cari dan klik google play services.

5. Jika sudah ketemu, silahkan klik untuk masuk ke halaman app info, lalu cari tombol Clear data, clear cache, atau stop dulu paksa, lalu tekan tombol clear cache dan clear data.

6. Instalkan ulang google play service.


Jika cara di atas masih saja belum bisa, selalu muncul pesan insufficient storage available, anda bisa mencoba beberapa alternatif, baca saja 6 cara ampuh mengatasi tidak cukup ruang di hp android. sangat jelas dan detail sekali, silahkan dicoba-caranya satu persatu, beberapa cara biasanya sering saya gunakan dan berhasil.

Error tidak bisa membuka aplikasi google karena harus mengupdate google play store, adalah masalah umum yang sering ditemukan di hampir semua merk hp android, baik itu samsung, asus, xiaomi, lenovo dan merk hp lainnya. solusinya pun tidak jauh berbeda.

2 comments

Kalo keterangannya parse error itu gimana? Apa Sama Kaya error insuefficient? Tapi Saya udh ikutin caranya Tetep Sama keterangannya parse error. Mohon bantuannya

Beberapa penyebab parse error:
-file apk korup / tidak compatibel dengan perangkat
-coba jalankan debuging usb ketika melakukan instal
-izinkan hp agar bisa instal dari sumber tak dikenal.
-matikan antivirus jika ada.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon