Wednesday, April 26, 2017

#5 Cara mengaktifkan 4G LTE yang hilang di hp Xiaomi (all version)

Xiaomi saat ini memang cukup populer di indonesia walaupun beberapa versi belum di jual secara resmi, apalagi yang sudah mendukung 4G, ini dikarenakan xiaomi sendiri belum xiap untuk berinvestasi di indonesia, untuk membuat parik, pengembangan software dan hardware rasa lokal dan lain sebagainya, mengingat adanya peraturan TKDN (TIngkat kandungan dalam negeri) dari pemerintah yang mengharuskan setiap ponsel yang mendukung layanan 4G harus memiliki kandungan unsur dalam negeri sebanyak 30%.

Karena xiaomi belum sanggup untuk berinvestasi di indonesia, salah satu cara yang ditempuh oleh perusahaan xiaomi agar tetap bisa memasarkan produknya di indonesia adalah mematikan jaringan 4G pada hp yang sudah support 4G, sehingga jaringan 4g akan hilang tidak bisa dideteksi walaupun perangkat sudah mendukung secara hardware.





mengaktifkan 4g xiaomi redmi


Ini dirasakan oleh banyak pengguna xiaomi redmi note 3, walaupun secara hardware perangkat sudah mendukung 4G, namun sulit sekali perangkat menangkap sinyal 4G jaringan hanya menunjukan H+ saja, walaupun versi miui sudah di upgrade ke versi 8 padahal kita tau jaringan 4G sangat cepat dibandingkan dengan jaringan lainnya, jelas sia-sia dan sayang sekali jika hp xiaomi tidak bisa 4G padahal secara hardware sudah mendukung.



Tidak terdeteksinya jaringan 4G oleh xiaomi redmi note 3 dan xiaomi lainnya ini bukan secara permanen dihapus namun ternyata penyebab utamanya adalah jaringan 4G sengaja di kunci (di-lock) oleh perusahaan xiaomi/distributor xiaomi, itu artinya kita sebenarnya masih bisa mengaktifkan kembali jaringan 4G di hp xiaomi namun terlebih dahulu harus mampu membuka kunci tersebut, kabar baiknya ada banyak sekali tutorial yang memberikan informasi bagaimana cara membuka lock 4g di hp xiaomi sehingga hp bisa diseting ulang guna mengakifkan jaringan 4G pada hp tersebut.

Jika anda adalah pengguna xiaomi dan belum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan 4G pada hp xiaomi anda, maka di artikel kali ini saya akan menguraikan beberapa cara bagaimana mengaktifkan 4g di hp xiaomi, cara ini kemungkinan besar bisa juga digunakan untuk beberapa versi xiaomi seperti xiaomi redmi note 2, xiaomi redmi note 3 pro dan versi xiaomi lainnya yang kebetulan belum dapat menangkap sinyal 4G.

Cara mengaktifkan 4G di hp xiami redmi note 3 pro tanpa root

Berikut beberapa cara yang dapat anda tempuh untuk mengaktifkan sinyal 4G di hp xiaomi anda yang tidak bisa mendeteksi jaringan 4G.

Syarat wajib:


  1. Ponsel xiaomi anda secara hardware sudah mendukung 4G
  2. Anda sudah menggunakan kartu 4G dan layanan 4G di kartu anda sudah aktif.
  3. Pastikan anda sudah berada di area yang sudah terdapat jaringan 4G


Cara ke #1 :

1. Masuk ke setelan / setting kemudian pilih menu setelan tambahan / additional settings

2. pada halaman setelan tambahan pilih menu Lokasi > lalu silahkan pilih lokasi selain indonesia, misalnya singapura / malaysia / hongkong atau lainnya. silahkan amati apakah sinyal 4G sudah muncul (jika sinyal 4G sudah terdeteksi biasanya pada sinyal di kartu 4G ada tulisan 4G dan ada gambar petir).

3. Kembali ke menu settings, lalu pilih menu Kartu SIM & Jaringan seluler / SIM Card & Mobile Network, kemudian pilih salah satu kartu yang sudah mendukung jaringan 4G.

4. di halaman setelan kartu SIM, pilih menu tipe jaringan prioritas, biasanya akan muncul 3 Menu meliputi:

  • Prioritas LTE
  • Prioritas 3G
  • 2G saja (hemat baetarai


Silahkan pilih Prioritas LTE.

Sampai langkah di atas jika berhasil biasanya 4G akan aktif di hp xiaomi anda dan anda sekarang bisa menikmati jaringan 4G yang cepatnya luar biasa, untuk memastikan bahwa seting jaringan 4G permanen maka anda bisa merestart xiaomi anda, lalu kembali lagi ke tahap 3 di atas, pastikan bahwa pilihan Prioritas LTE masih ada, jika tidak lakukan seting dari awal.

Cara di atas sudah terbukti berhasil untuk xiaomi redmi note 2 prime dengan ROM Global official, pada mi 4c dan juga mi 4i, jika xiaomi anda diluar versi tersebut tidak ada salahnya anda mencobanya dulu, siapa tau hasilnya cukup memuasakan.

Kendala :
Karena cara di atas kita sudah mengubah lokasi bukan negara indonesia, biasanya akan ikut mempengaruhi waktu sehingga waktu tidak sesuai dengan indonesia, untuk mengatasi masalah ini, caranya adalah:

1.  Masuk ke halaman setelan / settings, kemudian pilih menu setelan tambahan / additional settings

2. Di halaman setelan tambahan pilih menu Tanggal & Waktu, gulir ke bawah lalu matikan  pilihan Zona waktu otomatis

3. Kemudian pada bagian Pilih Zona waktu, silahkan pilih zona waktu sesuai dengan posisi anda, misal jakarta dll. lalu setelah dipilih Aktifkan lagi pilihan Zona waktu otomatis, dengan cara ini waktu akan kembali sesuai dengan lokasi anda.

 Cara ke #2:

Jika cara pertama tidak berhasil mengaktifkan jaringan 4G pada hp xiaomi anda, maka anda bisa mencoba cara ke 2, ini cara ini work da sudah dicoba di hp xiaomi redmi 3 prime, mungkin saja bisa berjalan di versi xiaomi yang anda gunakan, silahkan dicoba saja, langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Masuk ke halaman setelan / settings, lalu gulir ke bawah pilih menu about ponsel / tentang ponsel

2. Ketuk Menu Memory Internal sebanyak 5 kali, sampai keluar halaman menguji,  biasanya akan terdapat beberapa menu yaitu:

  • Informasi telepon 1
  • Informasi telepon 2
  • Info Baterai
  • Statistik Penggunaan
  • Wi-fi Information
Pilih saja menu Informasi telepon 1 / informasi telepon 2, tergantung dimana anda meletakan kartu 4G anda.

3. Cari dan klik pilihan di bawah teks yang bertuliskan "Setel jenis jaringan yang disukai", seperti gambar di bawah ini:
mengaktifkan 4g di ponsel xiaomi

 Anda juga bisa memilih pilihan lainnya yang tersedia, untuk mengaktifkan 4G anda harus memilih pilihan yang mengandung tulisan LTE. beberapa diantaranya seperti di bawah ini:
  • LTE Only (jika memilih cara ini maka hanya jaringan 4g saja yang akan terdeteksi, cocok untuk area yang 4G nya bagus)
  • LTE/WCDMA auto (PRL), (Jika jaringan 4G tidak ada maka akan dialihkan ke jaringan cdma secara otomatis, sangat direkomendasikan jika di area tempat anda jaringan 4G belum stabil)
  • LTE/GSM/CDMA Auto (PRL) (Jika jaringan 4G tidak ada akan dialihkan ke jaringan GSM atau CDMA secara otomatis)
  • dll... 
Jika pilihan ini tidak ada, anda bisa mencoba cara 3 di bawah.

Pilih saja salah satu, kalau saya sendiri sih memilih LTE only, karena kebetulan di area saya 4G cukup bagus dan dapat terdeteksi dengan baik. silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan anda. Pada saat memilih pilihan, maka sinyal biasanya akan hilang lalu muncul lagi, tidak usah khawatir karena itu sedang proses pencarian sinya, jika berhasil maka sinyal 4G akan muncul dan terdeteksi.

4. Jika langkah 3 sudah, silahkan kembali ke halaman setelan/ settings, kemudian pilih menu  Kartu SIM & Jaringan Seluler, lalu pilih SIM 1 atau SIM 2 tergantung dimana anda memasang kartu 4G.

5. Pada halanan kartu sim & jaringan seluler silahkan pilih menu Tipe jaringan Prioritas, nanti akan terdapat beberapa pilihan meliputi:
  • Global
  • Prioritas 3G(CDMA)
  • Prioritas 4G(CDMA)
Agar kartu selain dapat digunakan untuk 4G bisa juga digunakan untuk SMS atau telepon, maka silahkan pilih global.

Jika berhasil maka jaringan 4G akan terdeteksi oleh perangkat xiaomi anda, sayangnya cara di atas memiliki beberapa kelemahan, yaitu setingan akan hilang ketika hp di restart jari setiap kali hp di restart anda harus melakukan seting ulang, selain itu jika di area anda berada tidak terdapat jaringan 4G, maka jaringan akan dialihkan ke CDMA/GSM  H+ /H.


Cara ke #3:

Jika cara ke dua di atas tidak berhasil mengaktifkan jaringan 4G di hp xiaomi anda, anda bisa mencoba cara ke 3, cara ini docoba di xiaomi dengan muiu versi 8 dan work, langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka kartu 4G

2. Masuk ke halaman setelan /settings, gulir ke bawah pilih menu tentang ponsel / about ponsel..

3. Pada halaman about ponsel cari menu memory internal /internal memori, tap sebanyak 5 kali sampai keluar halaman pengujian.

4. Gulir ke bawah, pada pilihan setel jaraingan yang disukai / set preffered network type, silahkan pilih CDMA only.

5. Kembali ke halaman kepengaturan, lalu pilih menu Kartu SIM & Jaringan seluler, kemudian masukan kartu 4G agar aktif, kemudian pilih jaringan SIM 1 atau SIM 2 tergantung dimana anda meletakan kartu 4G, sangat direkomendasikan di sim 1.

6. Kemudian pada pilihan yang tersedia silahkan pilih Global / Semua, agar kartu selain bisa digunakan untuk jaringan 4G bisa juga digunakan untuk SMS dan juga telepon. silahkan tunggu hingga jaringan 4G terdeteksi, jika jaringan aktif dan bisa terdeteksi oleh perangangkat, maka akan muncul tulisan 4G di atas disamping sinyal kartu 4G anda.

Kelemahan cara ini adalah Setingan akan kembali ke awal ketika hp direstart, oleh karena itu setiap kali hp direstart anda harus melakukan setingan dari awal lagi, tidak sulit kok, apalagi sudah terbiasa.

Cara ke #4:

Cara ke 4 bisa anda coba jika ke 3 cara di atas tidak berhasil, yaitu melalui TWRP recovery, cara ini sangat cocok jika pada kartu 4G anda prioritas LTE / prioritas 4G tidak muncul, untuk memastikannya terlebih dahulu silahkan cek di xiaomi kamu.

1.Masuk ke halaman setelan / settings  kemudian pilih menu pengaturan SIM & jaringan seluler
2. Pilih sim 1/sim 2 letak kartu 4g kamu
3. Pilih menu tipe jaringan prioritas, jika di halaman tipe jaringan prioritas hanya terdapat pilihan:

  • Priritas 3G
  • 2G (hemat baterai) maka cara ini bisa anda coba untuk memunculkan pilihan prioritas LTE.

 
Untuk melakukan TWRP recovery pada redmi 3Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Download patch Redmi3 FIX_LTE_MIUI8 8.1.3.0 
  • Simpan hasil download di memroy internal xiaomi anda
  • Masuk ke TWRP Recovery, dengan cara : Matikan Smartphone kemudian Tekan Volume up + Power secara bersamaan
  • Pada menu utama TWRP pilih Instal > cari file kemudian klik Patch FIX > Swipe to comfirm flash
    Reboot System
  • Jika sudah selesai kemudian silahkan cek di pengaturan pada xiaomi anda, masukan ke halaman setelan /settings, pilih menu pengaturan sim & Jaringan seluler, pilih sim 1/ 2 lokasi kartu 4G anda, lalu pilih menu tipe jaringan prioritas, pastikan menu prioritas LTE / Prioritas 4G.... muncul kemudian pilih, jika menu ini sudah muncul jaringan 4G akan terdeteksi.
Jika instal patch recovery TWRP berhasil maka di menu tersebut akan muncul beberapa pilihan seperti gambar di bawah ini:

cara seting 4g xiaomi


4. Kembali ke halaman setelan / settings, lalu gulir ke bawah pilih menu about ponsel / tentang ponsel

5. Ketuk Menu Memory Internal sebanyak 5 kali, sampai keluar halaman menguji,  biasanya akan terdapat beberapa menu yaitu:

  •     Informasi telepon 1
  •     Informasi telepon 2
  •     Info Baterai
  •     Statistik Penggunaan
  •     Wi-fi Information


Pilih saja menu Informasi telepon 1 / informasi telepon 2, tergantung dimana anda meletakan kartu 4G anda.

6. Cari dan klik pilihan di bawah teks yang bertuliskan "Setel jenis jaringan yang disukai", seperti gambar di bawah ini:
mengaktifkan 4g di ponsel xiaomi


 Anda juga bisa memilih pilihan lainnya yang tersedia, untuk mengaktifkan 4G anda harus memilih pilihan yang mengandung tulisan LTE.

Cara ke #5:

Anda juga bisa mencoba faktory reset, jika langkah-langkah di atas masih belum berhasil mengaktifkan 4G di hp anda, tapi sebelum melakukan factory reset pastikan untuk membackup terlebih dahulu data-data penting di hp kamu.

Untuk melakukan factory reset  agar di reset ke pengaturan awal dengan cara Buka setelan/ settings > Setelan Tambahan > gulir paling bawah dan pilih “Buat Cadangan dan setel ulang” > pilih Kembalikan ke setelan pabrik.

Setelah melakukan factory reset, anda bisa menempuh cara ke #1 di atas, semoga berhasil mengaktifkan jaringan 4G di hp anda.


Demikian tentang beberapa cara bagaimana cara mengaktifkan jaringan 4G LTE yang hilang di hp xiaomi, semoga bermanfaat.


13 comments

ini untuk semua tipe hp Xiaomi?

Sistem miui xiaomi tidak jauh berbeda,

Kalau di recovery apa ada yg kehapus ga ?

Aman tidak masalah jika agan tau caranya, itu bukan untuk pemula jadi hati-hati jangan sampai gagal, bisa minta bantuan teman yang pengalaman

Kalo cara TWRP recovery menghapus data nggak ya?

Jika ingin flashing custom rom TWRP /CWM sebaiknya data diamankan dulu gan

gan klo 4g nya ilang karena setelah di stelan pabrik gimana?

Xiaomi dan Apple itu banyak bgt yang rekondisi/refurbish, jadi hati2 dan gak aneh kalo banyak yang bermasalah padahal pemakaian normal. So, hati-hati dan cerdas dalam membeli.

Ciri-ciri hp aspal(casingnya baru, dalamnya seken bekas rusak pula):
Harga dibawah release vendor resmi, garansinya distributor bukan perusahaan sekelas TAM/Global, hp Xiaomi kalo di reset pabrik bahasanya bukan Indonesia jadi China(wkwkwk), sinyal suka sering ilang padahal pake telkomsel, suka mati sendiri atau hang.

"Ane pake Xiaomi tapi jaringan ane 4G kenceng trus dan ga pernah putus kecuali di basement, ane beli Xiaomi di erafone soalnya dijamin Asli gan drpd beli hp baru dgn harga dibawah pasar resmi impossible bgt(pabriknya aja jual sgtu, masa konter kecil bisa jual lebih murah kan gak logis bgt). Hehe

cara ke 4 itu akan menghapus data nggk? apa perlu di backup dulu?

Cara 4 tinggal iKti langkah2 itu Gan/da tambahan cara langkah2nya?
Krn ane dh coba dr 1-5 kecuali 4 yg blm gagal smw,

Semua cara sdh sy coba tapi belum jg bisa

kemungkinan masalah romnya gan, beberapa rom yang dimodifikasi mengunci 4g, disarankan ganti rom gan ke rom ori sesuai versi hp agan.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon