Sunday, February 4, 2018

Cara Mengatasi Sayangnya ZenUI Launcher telah berhenti di hp asus zenfone

Untuk anda pengguna hp assus zenfone setidaknya pernah mengalami error dengan munculnya pesan  tiba-tiba berupa dialog window yang dilengkapi tombol OK dengan tulisan "sayangnya ZenUI Launcher telah berhenti" atau "Unfortunately ZenUI Launcher has stopped" atau Sistem UI Telah berhenti (Assus Launcher has stopped).

Kabarnya sih error tersebut disebabkan oleh rusaknya peluncur sistem bawaan asus yang kita kenal dengan nama ZenUI, kemungkinan besar sih adanya bug pada sistem ZenUI.

Error tersebut umumnya muncul ketika si pengguna sedang menggunakan hp assus tersebut, atau kadang muncul ketika si pengguna baru mengaktifkan hp asus zenfone miliknya untuk digunakan.

Mengatasi Unfortunately, zenu launcher has stopped


Sebenarnya error tersebut memang bukan merupakan kesalahan serius, karena dengan menekan tombol ok saja error pun hilang, kalo menurut pengalaman sih paling layar hp akan padam beberapa saat dan akan kembali normal, namun walaupun kesalahan kecil, error tersebut untuk beberapa pengguna cukup menjengkelkan, karena error yang sama akan terus muncul secara berulang di waktu-waktu berikutnya.

Karena banyaknya pengguna asus yang mengalami masalah pada asus launcer dengan munculnya pesan Asus zenUi telah berhenti, maka di artikel kali ini saya akan mencoba menguraikan cara sederhana bagaimana cara memperbaiki error tersebut.

Cara Memperbaiki ZenUI Launcher telah berhenti di hp asus zenfone

Untuk anda yang sering mengalami error dengan asus zenfone UI yang anda gunakan dengan munculnya pesan Sayangnya ZenUI Launcher telah berhenti, maka untuk mengatasinya adalah sebagai berikut:

Cara #1:
Hapus Data dan Cache 

langkah-langkah untuk menghapus data dan cache aplikasi ZenUI adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan Asus zenfone Anda.

2. Masuk ke menu setelan / pengaturan / settings

3. Pada menu Settings pilih Menu Apps

4. Pada halaman Apps, arahkan ke tab All (geser layar kekiri atau ke kanan), lalu  cari Menu ZenUI Launcher / Peluncur ZenUI

5. Pada halaman Info applikasi untuk ZenUI Launcher, silahkan anda lakukan Clear Cache setelah itu klik tombol Manage space, biasanya akan muncul Dialog Yang meminta anda untuk menghapus app data, tekan saja tombol OK, untuk menghapus data ZenUI.

6. Tanpa keluar, lakukan restart pada hp android asus zenfone anda.

Dengan cara di atas jika berhasil maka Error Sayangnya zenUI launcher telah berhenti akan bisa teratasi dan tidak akan muncul lagi.

Cara di atas bisa digunakan untuk semua merk asus zenfone yang menggunakan ZenUI.


Cara ke #2:
Factory Reset
Apabila HP Asus anda tidak bisa digunakan sama sekali, bahkan tidak bisa masuk pada menu Setelan maka secara tidak langsung anda juga tidak bisa melakukan metode yang pertama.

Metode kedua yang bisa anda coba dalam mengatasi masalah tersebut adalah #Factory Reset melalui Recovery Mode. Cara ini akan menghapus aplikasi dan data, serta mengembalikan sistem dan pengaturan pada kondisi awal / pabrikan.

Dan untuk melakukannya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.


  • Matikan Smartphone Asus yang anda miliki tersebut. 
  • Tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya anda bisa masuk pada optional Recovery Mode.
  • Pilih “Factory Reset” untuk me-reset Android anda ke setelan pabrik. Tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai.
  • Selesai.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon