Sunday, April 8, 2018

Cara Mengatasi Parse Error (there was the problem parsing the package) saat instal file apk android

ada 2 sumber cara menginstal aplikasi android, bisa melalui google play store dan bisa dari luar google playstore.

Tentu saja yang paling aman adalah melakukan instalasi dari google playstore, tapi sayangnya tidak semua aplikasi tersedia di google playstrore, ada juga banyak aplikasi yang tersedia di luar google playstore yang bisa kita instal secara manual.

Permasalahan yang sering dialami oleh pengguna ketika instal apk terutama ketika menginstal aplikasi android yang bersumber dari luar google playstore adalah munculnya kesalahan parse berupa pesan "Parse Error - there was the problem parsing the package".

mengatasi parse error ketika instalasi aplikasi android

Error tersebut sebenarnya permasalahan klasik yang paling umum yang sering dialami oleh pengguna perangkat android, dan memang permasalahan ini sering muncul ketika menginstal file apk android.

Penyebab Parse Error ketika instal apk android

Penyebabnya bisa bermacam-macam, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pengguna melakukan perubahan pada file manifes aplikasi (misalnya, mengubah versi OS Android) dan struktur package, ini umumnya sering terjadi pada file apk yang dimodifikasi menggunakan apk editor.
  • File APK yang diinstal mengalami kerusakan atau corrupt.
  • Izin instalasi file apk dari pihak ke 3 dari sumber tak dikenal masih non-aktif, pastikan jika menginstal file apk yang sumbernya diluar google playstore pengguna sudah mengaktifkan izin sumber tak dikenal.
  • Versi OS ponsel Android Anda atau perangkat keras ponsel pintar Anda tidak kompatibel dengan aplikasi yang diinstal.
  • Sistem keamanan pada perangkat android Anda memblokir instalasi aplikasi pihak ketiga, pastikan memtikan antivirus di hp anda jika ada.

Cara Mengatasi Parse Error (there was the problem parsing the package) saat instal apk android

Setelah mengetahui penyebabnya, maka untuk mengatasi permasalahan parse error beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan izin pemasangan dari sumber tak dikenal.


Umumnya demi alasan keamanan, ponsel cerdas Android melarang penguna untuk memasang aplikasi dan perangkat lunak pihak ketiga dari semua sumber selain dari Google Play Store. 

Alasannya memasang aplikasi pihak ketiga dari sumber yang tidak dikenal dapat membahayakan ponsel Android Anda.

Jadi, jika Anda mencoba menginstal file .apk, Anda mungkin menghadapi "Parse Error: Ada masalah saat menguraikan paket / there was the problem parsing the package". 

Salah satu cara untuk memperbaiki permasalahan ini adalah anda harus mengizinkan pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. 

Langkah-lankah untuk mengatur izin sumber tak dikenal di beberapa hp android mungkin akan berbeda antara merk hp satu dengan hp lainnya, untuk hp xiaomi langkahnya sebagai berikut:

a. Masuk ke menu settings / pengaturan / setelan

b. Pilih menu Setelan tambahan / additional settingsPrivacy / Privasi

c. Aktifkan opsi Unknown resource / sumber tidak dikenal.

2. Aktifkan Mode USB Debugging

Umumnya mengaktifkan debugging USB tidak terlalu diperlukan untuk menginstal aplikasi Android menggunakan file .apk. Namun demikian beberapa pengguna melaporkan bahwa mengaktifkan USB debugging bisa  memperbaiki masalah berkaitan dengan Parse error.

Opsi USB Debugging terdapat di menu opsi pengembang / developer option, dan umumnya developer option tidak ditempilkan secara default.

Jadi yang pertama adalah mengaktifkan menu opsi pengembang, kemudian baru mengaktifkan USB Debugging.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Aktifkan opsi pengembang
Di beberapa merk android cara mengaktifkan opsi pengembang memang berbeda, namun untuk pengguna hp xiaomi anda bisa mengaktifkan opsi pengembang dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Masuk menu settings > About  kemudian silahkan klik 7 kali pada versi MIUI sampai muncul anda sudah menjadi pengembang.

Untuk melihat opsi pengembang yang sudah aktif maka :
Buka menu settings > additional setting > opsi pengembang / developer options

b. Aktifkan debug USB
Silahkan masuk ke halaman opsi pengebang di menu settings > additional setting > opsi pengembang / developer options, kemudian aktifkan opsi Debugging USB


3. Disable anti virus di hp android anda.

Untuk anda yang kebetulan mengaktifkan antivirus di hp android yang anda gunakan, silahkan coba untuk mematikan antivirus kemudian ulangi untuk instal file apk lagi, beberapa kasus penyebab parse error karena antivirus aktif di hp android yang digunakan.

4. File APK Rusak atau tidak cocok dengan sistem perangkat

Yang berikutnya yang menyebabkan parse error ketika instalasi file apk di hp android itu dikarenakan file apk rusak, silahkan coba download kembali lalu instal ulang karena bisa jadi peyebabnya file APK yang digunakan rusak.

Yang kedua karena versi peruntukan file APK tidak sesuai dengan system android anda,

Jika hal-hal di atas masih juga belum menginstal file apk dengan alasan parse error kemungkinan besar penyebabnya karena file apk tidak support atau tidak compatible dengan sistem android perangkat anda, silahkan cari versi lainnya dan lihat spesifikasinya.


Itulah beberapa cara Mengatasi Parse Error (there was the problem parsing the package) saat instal file apk android, semoga membantu.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon