Monday, February 5, 2018

2 Cara Mudah Keluar (logout) dari Facebook Messenger di HP android

Sempat ditanya oleh seorang teman, bagaimana cara keluar dari aplikasi messenger facebook, awalnya sedikit heran, kok dia tanya seperti itu padahal untuk urusan media sosial dia jagonya, eh ternyata alasannya karena dia tidak bisa menemukan tombol keluar di aplikasi messenger.

Awalnya sempat penasaran, ternyata setelah dicek memang benar di aplikasi messenger facebook tidak tersedia tombol untuk logout, sekali di-instal aplikasi akan terus aktif dan terus dalam keadaan login selama terinstal di hp android.

Sempat mencoba logout dari aplikasi facebook, namun ternyata walaupun aplikasi facebook dalam keadaan logout, mesenger  tetap masih aktif dan dalam kedaaan login, ternyata walaupun kedua aplikasi tersebut bersaudara, untuk urusan logout memang terpisah.

Tapi sebenarnya walaupun tidak ada tombol khusus logout, bukan berarti tidak bisa keluar dari messangger,  jika diinginkan ada cara-cara khusus yang sedikit tersembunyi agar bisa logout dari facebook messangger.

Khusus untuk anda yang merasa kesulitan utuk keluar dari facebook mesangger, di artikel kali ini akan saya uraikan bagaimana trik keluar dari facebook mesangger, namun sebelum itu saya ingin mengulas sedikit apa itu facebook mesangger.

Sekilas tentang facebook messenger ?

Facebook messenger adalah aplikasi khusus yang disediakan oleh facebook untuk memudahkan member facebook saling kirim mengirim pesan antar teman facebook.

Aplikasi ini bisa berjalan mandiri tanpa harus instal aplikasi facebook, namun sejatinya masih terintegrasi dengan facebook, sehingga setiap kali ada teman facebook yang mengirim pesan melalui halaman facebook miliknya, maka pesan tersebut akan otomatis muncul di aplikasi facebook mesenger yang anda gunakan.

Tidak seperti aplikasi berbasis akun lainnya, aplikasi facebook mesangger tidak dilengkapi dengan tombol logout atau tombol keluar, selama aplikasi messangger terinstal aplikasi tersebut akan terus aktif dan dalam keadaan login.

Bagaimana Cara Keluar (logout) dari facebook messenger ?

Untuk anda yang kebetulan ingin keluar dari facebook messenger dan anda kesulitan karena facebook tidak menyediakan tombol untuk logout, maka ada 2 cara yang bisa anda tempuh, yaitu menghapus data aplikasi tersebut melalui pengaturan sistem android dan yang kedua logout all sesi di aplikasi facebook for android.

Cara ke #1 : Hapus data Aplikasi Messenger di Pengaturan HP android

Untuk logout atau keluar dari aplikasi messenger facebook salah satu caranya adalah menghapus data aplikai untuk messenger di  pengaturan sistem android. 

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


1. Aktifkan Hp android anda.

2. Lalu masuk ke daftar aplikasi terinstal, caranya:

Masuk ke menu setelan / settings / pengeturan > General > App

Di beberapa merk hp android mungkin penyajiannya sedikit berbeda.

Di hp xiaomi untuk measuk ke daftar app terinstal ada di menu settings > Installed app / aplikasi terinstal 

Untuk hp assus:
Masuk ke menu settings > Apps / App Manager

3. Cari Aplikasi Dengan nama Mesenger, lalu klik untuk masuk ke sistem info aplikasi yang bersangkutan.

4. Pada halaman App info, silahkan tekan tombol Clear data, untuk menghapus data aplikasi messenger yang tersimpan di hp android anda.

Cara keluar dari aplikasi mesenger


Di tampilan selanjutnya ekan tombol Ok



Dengan menghapus data aplikasi messenger, sekaligus akan membuat aplikasi tersebut logout.

Untuk memastikannya, silahkan anda buka kembali aplikasi messenger di hp android anda, jika berhasil maka aplikasi menssenger akan berada dalam posisi logout dan meminta anda untuk login kembali.

Itulah artikel mengenai trik bagaimana cara keluar atau logout dari aplikasi messenger facebook, semoga bermanfaat.


Cara ke #2: Logout dari  Semua Sesi di Aplikasi facebook.

Selain dengan cara menghapus data, cara lainnya untuk keluar dari aplikasi messenger facebook adalah melalui aplikasi facebook yang terinstal di hp android anda, cara ini menurut saya cukup aman dan legal jika dibandingkan dengan cara 1 di atas.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi facebook.

2. Tekan tombol Garis 3 di sudut kanan atas.

3. Scroll ke bawah Lalu pilih menu Account Settings / Pengaturan Akun 

pengaturan akun fb


4. Di halaman selanjutnya pilih menu Keamanan dan masuk / Security and login



5. Di halaman selanjutnya pada group Tempat anda masuk / Where you are loged in tekan link See others / Lihat lainnya



6. Kemudian tekan tombol  Keluar dari semua sesi / Logout of all session


7. Sekarang silahkan anda coba buka aplikasi messenger di hp android anda, aplikasi messengger akan memunculkan pesan Dialog Waktu Sesi Habis Harap masuk lagi, seperti telihat pada gambar di bawah ini:

Tekan saja tombol Ok, maka aplikasi messenger akan berada dalam mode logout yang meminta anda untuk login kembali.

Itulah dua cara bagaimana keluar atau logout dari aplikasi facebook messenger di hp android anda, semoga membantu.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon