Friday, February 2, 2018

Penyebab HP Xiaomi tidak bisa melakukan panggilan telepon keluar

Tags

Sebelumnya saya pernah menjelaskan bagaiana mengatasi hp xiaomi tidak bisa menerima panggilan, salah satu penyebabnya karena FDN.

Untuk anda pengguna hp android mungkin pernah mengalami hp android yang anda gunakan tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan keluar atau menelepon.

Ketika smartphone android anda digunakan untuk melakukan panggilan, panggilan langsung berakhir dan dialihkan ke sim2, bahkan ada juga yang mengalami hp langsung mati ketika digunakan untuk menelepon.

Masalah di atas bisa terjadi pada semua merk hp baik itu nokia, samsung, bahkan sering sekali dialmi oleh pengguna merk hp xiaomi, seperti apa yang terjadi pada teman saya, hp xiaomi miliknya selalu berhenti melakukan panggilan dan selau dialihkan ke sim 2, padahal kartu celular yang digunakan masih dalam keadaan aktif dan pulsa masih ada.

xiaomi tidak bisa melakukan panggilan telepon keluar


Jelas saja dengan munculnya permasalahan tersebut anda bisa dibuat kesal, apalagi anda sedang sangat perlu sekali untuk melakukan panggilan telepon. dengan masalah tersebut panggilan telepon pun tidak akan bisa anda lakukan.

Sebenarnya ada banyak sekali penyebab kenapa hp xiaomi tidak bisa melakukan panggilan telepon, bisa karena bug pada sistem xiaomi yang digunakan, namun bisa juga karena kesalahan pengaturan kartu dan pengaturan signal yang anda gunakan.

Jika penyebabnya karena salah pengaturan sebenarnya cara memperbaikinya cukup mudah, namun anda harus mampu mengetahui penyebabnya.

Penyebab HP Xiaomi tidak bisa melakukan panggilan telepon keluar

Jika anda kebetulan memiliki hp xiaomi namun anda tidak bisa melakukan panggilan telepon, maka kemungkinan beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut:

Penyebab #1 - Jaringan Kartu di hp xiaomi anda terkunci pada mode 4G LTE Only.

Jika kartu anda hanya mengaktifkan jaringan 4G LTE only, maka kartu tersebut tidak akan bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon, jaringan 4G lte only hanya dapat digunakan untuk internetan dengan jaringan 4G.

SOLUSI :
Untuk memperbaikinya langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Buka HP Xiaomi anda lalu pilih menu settings/ setelan.

b. Pada halaman settings, pilih menu about ponsel / tentang ponsel

c. Ketuk 5 kali bertutur-turut pada menu Internal memory / Penyimpanan Internal, maka akan keluar halaman pengujian dengan beberapa menu berikut:

  • Informasi telepon 1
  • Informasi Telepon 2
  • Info Baterai
  • Statistik penggunaan
  • Wi-Fi Information

Silahkan klik pada informasi telepon 1 atau informasi telepon 2, sesuai dengan kartu telepon anda terpasang.

d. Pada halaman Informasi telepon, Silahkan lihat pada opsi Setel Jenis jaringan yang disukai / set preferred network type. seperti terlihat di gambar berikut:



Pastikan jenis jaringan yang dipilih bukan LTE Only, agar anda bisa internetan dengan jaringan 4G dan juga bisa menerima atau melakukan panggilan, silahkan pilih saja opsi LTE/GSM auto (PRL) atau TD-SCDMA, GSM/WCDMA and LTE atau yang semacamnya, yang penting jangan memilih jaringan LTE Only.


Penyebab ke #2 -  Rom yang digunakan Bukan ROM Resmi

Penyebab ke 2 bisa jadi  disebabkan oleh bug sistem, seperti misalnya karena jenis rom yang digunakan oleh hp xiaomi anda merupakan rom distributor atau rom abal-abal.

Kita ketahui bahwa xiaomi yang beredar di pasaran indonesia sebagaian ada yang menggunakan rom distributor atau rom resmi yang sudah dimodifikasi dengan alasan-alasan tertentu, rom jenis ini biasanya suka banyak bermunculan iklan tanpa dikehendaki ketika hp deigunakan, bahkan rom distributor terkadang memiliki banyak bug sasah satunya bisa mengakibatkan anda tidak bisa melakukan panggilan telepon.

Silahkan amati jenis rom anda apakah rom distributor atau rom resmi, untuk mengetahuinya bisa dibaca:
Cara membedakan rom xiaomi asli atau palsu

Jika rom anda ternyata rom palsu atau rom distributor maka sebaiknya anda ganti (flash ulang) dengan rom resmi.

Penyebab ke #3 - Slot SIM Bermasalah

Jika kartu celular yang anda gunakan dalam kondisi baik, sementara ketika anda gunakan untuk menelepon muncul informasi service not available dan kartu tidak dapat menangkap jaringan, kemungkinan besar ada masalah dengan perangkat hardware, bisa jadi pada hardware telepon atau pada slot kartu.

Untuk memperbaikinya Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut:

1. Restart ponsel.
2. Kalau masih gagal, coba tukar slot sim nya, jadi yg td dipasang di sim 1 pindah ke slot sim 2.
3. Update firmware (update versi MIUI-nya.
4. kalau masih sering error, coba dibedakan sim yg khusus buat nelpon dan simcard satu lagi utk internetan. Nah sim yg khusus telpon, lock jaringannya ke “2G only”.

Jika langkah diatas tidak berhasil ,maka untuk masalah ini sebaiknya anda berkonsultasi dengan orang yang paham tentang hardawar telepon / tukang service, jika itu penyebabnya anda bisa segera menggantinya dengan yang lebih baik.

Penyebab ke#4 -  Panggilan Dibatasi FDN

Apa itu FDN atau fixed dialing number, adalah fasilitas di ponsel berbasis android yang digunakan untuk membatasi panggilan, maka ketika anda akan melakukan panggilan keluar, hanya nomor-nomor yang telah dimasukan ke menu Fixed Dialing saja yang bisa disambungkan, sementara nomor-nomor lain yang tidak dimasukan di menu Fixed Dialing akan diblok supaya tidak bisa melakukan panggilan. Misalkan hanya nomor 08xx12345678 yang anda masukan ke menu Fixed Dialing, maka anda hanya akan bisa melakukan panggilan ke nomor 08xx12345678 dan jika akan menelpon ke nomor lain maka otomatis akan diblok.

Jika anda mendapati pesan peringatan  panggilan keluar dibatasi FDN ketika melakukan panggilan keluar, itu artinya pengaturan FDN dalam keadaan aktif.

Pengaturan FDN di beberapa merk hp mungkin saja berbeda, namun untuk ponsel xiaomi untuk mendisable FDN langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Buka panggilan telepon

b. Tap menu icon garis tiga di sudut kiri bawah (ini di miui 8), lalu pilih menu settings/ setelan bergambar roda gigi

atau

Cara lain Buka setelan/settings > System Apps / aplikasi sistem > Call settings / pengaturan pangginal


c. Di halaman setelan / settings pilih opsi Advanced Settings, di halaman berikutnya scroll ke bawah lalu pilih Fixed dialing numbers, silahakan pilih kartu ponsel anda, lalu pastikan opsi Fixed Dialing Numbers dalam keadaan nonatif /off atau disable.


Penyebab ke #5 -  Nomot Tujuan Terblokir

Peyebab ketika ketika anda tidak bisa menerima panggilan telepon atau melakukan telepon, kemungkinan nomor telepon masuk ke dalam daftar blacklist.

Untuk memeriksa blocklist di hp xiaomi langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. masuk ke bagian setelan / settings

b. Pilih opsi System apps / aplikasi sistem

c. Pilih call settings / pengaturan panggilan

d. Tap opsi Blocklist, pastikan dalam keadaan off, atau jika memang anda sengaja aktifkan, di halaman blocklist, pilih opsi Blocked number, pastikan didalamnya tidak ada nomor hp yang anda maksud.


Demikian artikel mengenai  Penyebab HP Xiaomi tidak bisa melakukan panggilan telepon keluar, semoga bermanfaat.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon