Monday, May 22, 2017

Cara Mudah Masuk dan Keluar Fastboot mode di hp android.

Tags

Karena banyaknya keluhan dari pengguna android yang mengalami kasus tidak sengaja masuk ke halaman fastboot mode, dan hampir semuanya mengalami kesulitan untuk keluar dari halaman fastboot mode tersebut, maka di artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai bagaimana cara keluar dari fastboot mode, namun sebelum saya jelaskan lebih detail, saya akan menjelaskan dulu apa itu arti fasboot mode agar anda mendapatkan informasi yang cukup mengenai istilah ini.

Fastboot mode adalah salah satu istilah di dunia perangkat smartphone yang menggunaka sistem operasi android , istilah ini sebenarnya bukanlah istilah asing dikalangan para teknisi android dan juga untuk anda yang sering oprek hp android, namun untuk pengguna baru atau orang yang baru mengenal system android, istilah fastboot mode adalah istilah asing yang sama sekali tidak mereka fahami.


cara keluar dari fastboot mode hp android

Apa itu fastboot mode ?

Arti fast boot mode itu sendiri adalah suatu kondisi yang terjadi pada hp android dimana hp android hidup dalam kondisi siap untuk menerima modifikasi sistem seperti flashing (instalasi system operasi android baru) atau flashing TWRP (Team win recovery protocol ), twrp sendiri adalah sebuah tool system yang membantu pengguna untuk melakukan recovery / pemulihan sistem, seperti backup, restore, install rom baru, wipe/penghapusan, melakukan factory reset dan fungsi lainnya.

Ketika hp dalam keadaan fastboot biasanya hanya tampilan layar hitam yang dilengkapi sebuah gambar robot hijau yang sedang dioprek dan di bawahnya terdapat tulisan fast boot, ketika h panda dalam keadaan fast boot hp biasanya seperti stuck logo tidak mau bergerak dan itu adalah normal untuk mode fastboot.

Apa fungsi fastboot Mode?

Setelah anda memahami mengenai apa itu fastboot anda juga mungkin menanyakan apa sebenarnya fungsi dari fastboot mode tersebut ?

Fastboot sebenarnya adalah mode bawaan system perangkat andaroid itu sendiri yang sudah disediakan oleh system android,  fungsi dari mode ini salah satunya adalah untuk memperbaiki system android yang terkena bootloop (kondisi hp stuck di logo ketika dihidupkan/direstart dan tidak mau masuk ke halaman utama (home screen).

Bagaimana cara masuk fastboot mode ?

Hampir semua hp android secara bawaan sebenarnya sudah dilengkapi dengan fastboot mode, namun fitur ini biasanya tersembunyi, karena memang mode ini  tidak diperuntukan untuk pengguna android murni, tapi diperuntukan untuk teknisi android atau orang yang benar-benar paham dengan system android.
Untuk mengakses halaman fastboot sebenarnya sangatlah mudah, caranya adalah sebagai berikut:
  • Matikan hp android anda
  • Setelah hp dalam kondisi mati, tekan tombol  volume – (volume bawah) + tombol power secara bersamaan, tahan selama beberapa detik, setelah itu akan muncul halaman fastboot mode.
Ingat halaman fastboot mode biasanya hanya halaman dengan latar belakang hitam, untuk hp xiaomi redmi note 2 biasanya dilengkapi dengan gambar robot hijau yang sedang dioprek oleh se ekor andjing putih, tapi mungkin saja di setiap merk tampilannya hp berbeda-beda.

Ketika anda memasuki halaman fastboot mode maka biasanya halaman tersebut stuck bahkan tidak bisa diklik sama sekali,sulit untuk direstart maupun dimatikan, perlu anda ketahui untuk fastboot mode kasus seperti  itu adalah normal, jadi anda tidak perlu panik.

Bagaimana cara keluar dari fasboot mode ?

Ini yang banyak sekali dipertanyakan, setelah masuk di halaman fastboot maka banyak pengguna android yang kesulitan untuk keluar dari mode tersebut. bahkan mereka tidak bisa melakukan restart maupun mematikan perangkat secara normal, penyebabnya adalah karena peristiwa tersebut pertama kali mereka alami, bahkan ada yang menganggapnya hp nya rusak dan lain sebagainya.


Ini Cara keluar dari fastboot mode?
Untuk anda yang sudah masuk ke fasboot mode baik secara sengaja maupun tidak sengaja (tertekan) dan lain sebagainya, sebenarnya tidak usah panik, silahkan duduk dengan tenang, ambil nafas dalam-dalam, karena itu bukan kerusahan pada hp anda. Anda bisa dengan mudah kembali ke mode normal.

Caranya Tekan saja tombol power selama beberapa detik, lalu hp akan melakukan restart, kemudian  dalam beberapa saat hp and akan masuk ke halaman utama hp android anda seperti biasanya, jika berjalan dengan baik maka hp android pun bisa anda gunakan kembali dengan normal.


Demikian tentang apa itu fasboot mode, fungsinya serta bagaimana keluar dari fasboot mode, semoga paparan di atas bisa menambah informasi bagi yang membacanya.

11 comments

hp saya brandcode b38s kak, trus kejebak di fasboot mode:3 trus sayacoba tips dri situ ttp gbsa kak:3 mohon bls scptnya kak

Stuck fastoot, bisa pake adb fastboot dengan menggunakan bantuan komputer.

Toolnya bisa dilihat di artikel ini:

https://bincangandroid.blogspot.co.id/2017/06/cara-mudah-mengetahui-status-unlock.html

perintahnya fastboot oem reboot

Kalo baterainya kebetulan bisa dicabut, bisa cabut dulu lalu pasang lagi.

Seharusnya dengan menekan tombol power sekitar 10 detik atau lebih hp bisa masuk normal

ada dengan cara lain gak gan,,,
hp saya baterainya tidak bisa dicabut dan tombol powernya rusak

Dear,, klu sudah cabut batree & pencet lama, ga mau juga gimana mas,, kondisi habis batree,, di charge muncul fast boot, #redmi note 2

makasih mas ,, work berhasil .. wkwkkw
gua juga blogger tapi cara ini emang berhasil bukan hanya komentar pura pura ..

bantu jawab ya, tekan tombol volume bawah + power
kira2 8-10 detik
setelah fastboost hilang segera lepas untuk menghindari fastboost kembali

hp ku xiomi remi 4a, tiba tiba mati gitu trus aku tekan tombol power sama power yg bawah, dan tiap aku muat ulang atau restart itu selalu muncul gambar robot oreo nya, itu kenapa ya? cara mengembalikan secara normal kaya biasanya gimana?
makasih

Makasih banyak gan, udah sempat panic gara2 bocah mainin HP dan tidak sengaja masuk ke fastboot. untung saya dapat blog agan.

Thanks ya gan artikel ini sangat membantu

Thanks Sudah memberi info yg bermanfaat

Mksh min ternyata benar tekan tombol power bbrp detik bisa kembali lagi normal 🙏🙏

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon