Thursday, March 29, 2018

Cara Memindahkan data WhatsApp (wa) dari IPhone ke android atau sebaliknya

Sebelumnya saya pernah menulis mengenai cara mudah mengembalikan data terhapus di iphone, masih menyangkut iphone dan data, kli ini saya akan membahas Cara Memindahkan data WhatsApp (wa) dari IPhone ke android atau sebaliknya.

Hadirnya teknologi perangkat mobile android dan iphone menyebabkan banyak developer aplikasi yang harus menyediakan aplikasi yang bisa support untuk kedua perangkat tersebut, sebagai contoh misalnya aplikasi whatsapp, kini whatsapp selain bisa dinikmati di android, bisa juga dijalankan di perangkat iphone.

Kedua sistem perangkat tersebut baik android maupun iphone selalu mendapatkan perhatian khusus dari hampir seluruh pengembang aplikasi mobile, berhubung kedua perangkat tersebut merupakan perangkat yang paling populer dan  banyak digunakan saat ini, sehingga saat ini banyak aplikasi mobile yang memang sengaja dibuat support untuk kedua perangkat tersebut.

Sayangnya banyaknya aplikasi yang bisa digunakan di kedua perangkat android maupun iphone, muncul satu permasalahan yang sering dialami, banyak yang mengalami kesulitan memindahkan data diantara kedua perangkat tersebut, seperti misalnya memindahkan data whatsapp dari iphone ke andaroid atau dari android ke iphone.

Transfer data terkadang menjadi perlu dilakukan berhubung tidak sedikit pengguna yang ingin mengganti perangkat mobile miliknya, dari tadinya pengguna iphone menjadi pengguna android atau sebaliknya, karena di perangkat lama banyak data yang dianggap penting, maka data di perangkat lama perlu dipindahkan ke perangkat baru.

Tapi beruntung, untuk saat ini memindahkan data dari perangkat android ke iphone maupun dari iphone ke android bukan lagi suatu hal yang mustahil, karena banyak sekali aplikasi yang bisa memfasiltiasi untuk keperluan tersebut, salah satu aplikasi yang cukup populer untuk transfer data antara iphone dan android atau sebaliknya adalah aplikasi dr.hone, sebagai salah satu aplikasi data recovery berbasis windows dan MacOS yang cukup mudah untuk digunakan.

Cara Memindahkan data WhatsApp (wa) dari IPhone ke android atau sebaliknya

Khusus untuk anda pengguna whatsapp yang ingin memindahkan data dari perangkat iphone anda ke android atau sebaliknya, maka anda bisa menggunakan aplikasi dr. phone, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Download dan instalkan aplikasi dr.phone di komputer anda.
Aplikasi ini bisa anda instal di windows atau MacOS silahkan sesuaikan/

2. Jalankan aplikasi dr.phone yang sudah diinstal, kemudian pilih menu Backup & Restore


3. Silahkan hubungkan hp android anda dan juga iphone anda ke komputer menggunakan kabel USB.
Tunggu hingga Aplikasi dr.phone dapat mendeteksi perangkat yang anda hubungkan.

4. Setelah perangkat terhubung, di bilah menu kiri pilih menu Whatsapp backup & Restore. untuk transfer data whatsapp dari wa ke iphone pilih menu  Transfer WhatsApp Message,

cara transfer data dari iphone ke android menggunakan dr.phone


Menu tersebut digunakan untuk memindahkan data whatsapp seperti pesan dll dari hp iphone ke android atau dari android ke iphone.

Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:
cara transfer data wa dari iphone ke android


Secara bawaan aplikasi akan menentukan sumber adalah iphone dan tujuan adalah perangkat android, namun jika diinginkan sebaliknya anda bisa menekan tombol flip di tengah.

5. Selanjutnya tekan saja tombol transfer untuk memulai proses pemindahan data rai iphone ke android.

Tunggu hingga proses transfer selesai dilakukan.

Jika proses transfer selesai, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bwah ini:


Tampilan di atas menunjukan ada file backup dari data whatsapp yang tersimpan, jika muncul tampilan di atas silahkan tekan saja tombol restore.

Sampai langkah di atas maka data whatsapp seperti pesan, video, gambar, suara dan data lainnya yang terkait dengan aplikasi whatsapp akan dipindahkan ke perangkat tujuan.

Selain menggunakan aplikasi dr. phone anda juga bisa menggunakan aplikasi wondershare mobile transfer yang fungsinya tidak jauh berbeda dengan dr.phone untuk mentransfer data perangkat iphone ke android atau sebaliknya

Itulah mengenai cara Cara Memindahkan data WhatsApp (wa) dari IPhone ke android atau sebaliknya, semoga bermanfaat.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon