Tuesday, January 22, 2019

Mengatasi Opsi Transfer file (MTP) Xiaomi hilang tidak terbaca di PC

Waduh sepertinya saya sudah lama tidak membuat postingan berhubung banyak pekerjaan offline, kayanya sekarang mau berusaha onfire lagi, maaf ya  komentarnya belum pada dibalas, ya berhubung baru buka lagi blog.

Oh ya pada kesempatan kali ini saya masih akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan xiaomi, nah pada artikel kali ini saya akan coba membahas masalah yang cukup sering dialami oleh beberapa pengguna xiaomi yaitu hilangnya opsi Transfer file (MTP) yang sangat dibutuhkan pada saat kita ingin memindahkan data atau transfer data dari xiaomi ke komputer PC atau sebaliknya.

Umumnya opsi tersebut biasanya akan muncul pada saat hp xiaomi kita sambungkan ke komputer menggunakan kabel USB, dan di beberapa merk xiaomi opsi tersebut biasanya secara default dalam keadaan ON, sehingga ketika HP Xiaomi tersambung dengan komputer via USB maka komputer akan mampu mendeteksi perangkat xiaomi kita dan siap untuk melakukan transfer data.

Untuk pengguna xiaomi dengan android marsmallow (android 6.0) ke atas Opsi Transfer file (MTP) secara normal bisa diaktifkan dan dinonaktifkan dengan mudah bergantian, namun khusus , untuk smartphone xiaomi yang masih menggunakan android Kitkat 4.4 dan android Lollipop 5.0/5.1, seperti Redmi Note 3G/4G, Redmi Note 2, dan Redmi Note 3 Mediatek, opsi transfer file (MTP) tersebut akan menghilang dan tidak akan muncul lagi ketika satu kali saja di disable atau dinonaktifkan.

Tentu saja hal tersebut menjadi masalah, karena dengan begitu perangkat tidak akan mampu lagi melakukan transfer dari hp ke komputer atau dari komputer ke hp anda. Setelah diselidiki ternyata itu merupakan salah satu bug yang terdapat pada hp xiaomi untuk versi xiami tersebut.

Masalah tersebut sebenarnya sangatlah mudah untuk diperbaiki, namun banyak pengguna yang tidak mengatahui caranya, oleh karena itu diartikel kali ini saya akan coba memberikan beberapa solusi.


Cara mengatasi Opsi MTP Xiaomi menghilang dan tidak terdeteksi PC

Untuk mengatasi hilangnya opsi xiaomi ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut:

Cara ke #1: Menggunakan Aplikasi MIUI USB Settings.

Langkah pertama yang dapat anda coba agar hp xiaomi anda terdeteksi kembali oleh PC dan Opsi transfer file (MTP) bisa aktif kembali dalah sebagai berikut:

A. Aktifkan Debugging USB Pada opsi pengembang
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke mode Setting / setelan

2. Pilih menu About Phone / Tentang ponsel

3. Pilih menu  MUI Version / Versi MIUI, lalu tap berkali-kali sampai muncul notifikasi "Anda Sudah menjadi pengembang"

4. Kemudian kembali ke halaman settings/ setelan, lalu pilih menu Additional Settings / setelan tambahan

5. Pada halaman setelan tambahan/ additional settings, pilih menu Opsi pengembang / Developer Options.

6. Pada halaman developer option, aktifkan menu Debugging USB.

Silahkan baca: Cara mengaktifkan opsi pengembang di hp xiaomi

B. Download dan install MIUI USB Settings dari google playstore.

1. Silahkan download dan isntal aplikasi MIUI USB Settings dari google playstore.



2. Selanjutnya Sambungkan HP Xiaomi anda ke komputer pc atau laptop menggunakan Kabel USB.

3. Lalu Aktifkan Aplikasi MIUI USB Settings pada hp xiaomi anda, jika berhasil maka opsi Transfer File MTP akan aktif kembali dan anda bisa kembali melakukan transfer file antara PC Lapotpp dengan HP Xiaomi anda.

Cara ke #2: Menggunakan Q Custom Shortcut
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Download dulu aplikasi Q custom shortcut di sini, lalu instalkan di hp xiaomi anda.

2. Hubungkan hp Xiaomi anda dengan PC menggunakan USB

3. Aktifkan aplikasi Q Custom shortcut, lalu tulis seperti gambar di bawah ini:


 (Perhatikan huruf besar dan kecil, pastikan sama dengan gambar di atas).

4.  Setelah itu Tekan tombol Test (Jika tidak berhasil), anda bisa mengaktifkan mode debuging USB seperti pada cara ke #1 di atas.

5. Jika Ketika tekan tombol test berhasil, maka silahkan tekan tombol Create Shortcut untuk menciptakan sebuah shortcut di halaman home hp xiaomi anda.

6. Pada halaman home hp xiaomi anda,  Silahkan tekan shortcut yang baru saja anda buat, aktifkan setiap kali anda ingin mengaktifkan opsi transfer file MTP pada HP Xiaomi anda.

Cara di atas dapat anda gunakan pada hp xiaomi anda tanpa harus root.



Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon