Friday, April 6, 2018

Cara Menonaktifkan Whatsapp / WA sementara tanpa mematikan data internet (hp android dan iphone)

Cara Menonaktifkan Whatsapp / WA sementara tanpa mematikan data internet (hp android dan iphone).

Whatsapp atau sering disebut dengan WA merupakan aplikasi online yang berfungsi untuk saling kirim mengirim pesan (chating) baik dalam bentuk teks, gambar, video maupun suara.

Aplikasi ini cukup digemari dikalangan pengguna perangkat mobile dikarenakan mudah sekali digunakan, ringan dan kaya akan fitur.

Karena hal tersebut saat ini wa menjadi salah satu aplikasi chating / messengger / perpesanan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia termasuk indonesia, sehingga hampir setiap pengguna menggunakan wa sebagai alternatif untuk berkomunikasi, baik antara saudara, teman, rekan kerja dll.

Ketika ada pesan masuk melalui wa, baik pesan pribadi maupun pesan group, maka wa akan mengeluarkan sebuah nofitikasi baik dalam bentuk suara maupun getaran, dengan munculnya notifikasi tersebut si pengguna bisa secara mudah dan cepat mendapatkan informasi terbaru dari whatsapp miliknya.

Terkadang untuk beberapa situasi, kita menginginkan wa nonaktif untuk sementara, entah itu karena kita tidak mau terganggu dengan notifikasi pesan wa, ingin terlihat offline untuk sementara, atau karena memang kita ingin mematikan wa sementara.

Ada beberapa alternatif yang dapat kita gunakan untuk membuat aplikasi whatsapp nonaktif semenatara dan diaktifkan lagi di lain waktu, cara yang cukup praktis adalah dengan mematikan data seluler (koneksi internet) atau dengan mengaktifkan mode pesawat.

Sayangnya cara tersebut dirasa kurang efektif jika yang kita inginkan hanya menonaktifkan wa saja tanpa mematikan data seluler internet, karena dengan cara tersebut baik wa maupun data seluler atau jaringan ingernet akan ikut nonaktif.

Cara terbaik jika kita hanya ingin mematikan whatsapp saja untuk sementara tanpa mematikan data internet adalah dengan menonaktifkan wa melalui pengaturan yang disediakan oleh whatsapp, dengan menggunakan fitur tersebut, maka wa yang anda gunakan akan nonaktif untuk sementara namun data mobile atau jaringan internet masih aktif.

Cara Menonaktifkan Whatsapp / WA di hp android dan iphone tanpa mematikan data internet

Untuk menonaktifkan whatsapp untuk sementara anda bisa menggunakan aplikasi pihak ke 3 atau menggunakan pengaturan yang terdapat di hp anda (beberapa hp menyediakan pengaturan untuk mematikan koneksi internet untuk aplikasi-aplikasi yang kita inginkan).

1. Untuk pengguna IPhone atau IPad

Untuk anda pengguna iphone dan ipad yang ingin mematikan aplikasi whatsapp atau wa untuk sementara maka langkah-langkahnya cukup mudah, sebagai berikut:

a. Aktifkan iphone anda

b. Buka pengaturan 

c. Buka opsi instaled app lalu cari dan pilih whatsapp

d. Pada pengaturan whatsapp, silahkan nonaktifkan opsi mobile data

Cara menonaktifkan whatsapp sementara di iphone atau ipad

Dengan menonaktifkan Mobile data untuk whatsapp, maka whatsapp akan nonaktif sementara, untuk mengaktifkannya kembali anda cukup mengaktifkan opsi tersebut dengan langkah yang sama.

2. Untuk pengguna hp android xiaomi.

Jika anda kebetulan pengguna hp android xiaomi dan ingin mematikan whatsapp sementara, tidak perlu menggunakan bantuan aplikasi pihak ke 3, anda bisa mencobanya menggunakan pengaturan yang disediakan hp xiaomi.

Langkah-langkah menonaktifkan wa sementara di hp xiaomi adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan hp xiaomi anda.

2. Buka aplikasi Security / keamanan
Anda dapat menemukan apliksi security di folder tool, umumnya semua hp xiaomi secara bawaan sudah terinstal aplikasi security ini, silahkan di cari saja yang gambar iconnya prisai.

menu security / keamanan di hp xiaomi


3. Pada aplikasi security klik menu Data Usage > Restrict data Usage

Cara mematikan data seluler / koneksi internet sebuah aplikasi di xiaomi


Anda akan melihat daftar aplikasi yang menggunakan koneksi internet seperti terlihat pada gambar di bawah ini:



4. Untuk menonaktifkan whatsapp sementara , caranya cukup mudah, cari saja aplikasi Whatsapp, lalu tap pada opsi mobile dan atau wifi hingga iconnya bergambar silang merah seperti gambar di atas.

Dengan mematikan data seluler aplikasi whatapp, maka aplikasi tersebut tidak akan terkoneksi lagi ke internet baik ketika aplikasi tersebut dibuka maupun ketika aplikasi berjalan di latar belakang, meskipun koneksi data seluler dalam keadaan aktif.

Untuk mengembalikannya silahkan gunakan langkah yang sama dan aktifkan kembali opsi mobile dan wifi untuk aplikasi whatsapp sehingga berwarna hijau.

3. Untuk pengguna HP Android Oppo

Kalau pakai HP OPPO, anda bisa masuk ke menu settings /Setelan > SIM Ganda & Jaringan Seluler. Nah dari situ anda bisa menonaktifkan aplikasi yang anda inginkan termasuk aplikasi whatsapp.

4. Untuk pengguna HP Android selain Xiaomi

Untuk pengguna hp android yang kebetulan menggunakan merk hp selain xiaomi, dan di sistemnya tidak menyediakan fitur pengelola data seluler, jika diinginkan anda tetap bisa menonaktifkan aplikasi whatsapp untuk sementara.

Caranya yaitu dengan menggunakan aplikai pihak ke 3. salah satu aplikasi android yang cukup populer untuk menonaktifkan data seluler aplikasi tertentu adalah Aplikasi Mobiwol yang dapat anda download melalui google play store.


Apliksi tersebut merupakan sebuah aplikasi firewall yang cukup mudah digunakan dapat dijalankan tanpa harus root, aplikasi tersebut dapat digunakan untuk menonaktifkan koneksi internet sebuah aplikasi  di hp android anda untuk menghemat daya baterai dan quota internet.

Cara pengunaanya cukup buka aplikasi tersebut dan aktifkan Firewall Status. Selanjutnya pilih Firewall Rules, selanjutnya anda dapat mengatur dan membatasi aplikasi yang kamu inginkan agar hanya dapat tersambung melalui paket data mobile atau WiFi saja, atau keduanya.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon