Friday, October 12, 2018

Mengirim file dokumen (docx, pdf, txt )via Facebook messengger di hp android apakah bisa ?

Ketika kita ingin mengirim file baik file gambar / foto, file dokumen pada umumnya media yang sering sekali digunakan adalah email, baik email google maupun yahoo, dengan menggunakan komputer pc atau laptop.

Namun seiring berkembangnya teknologi informasi kini pengiriman file secara online bisa dilakukan bukan hanya melalui komputer pc atau desktop saja tetapi bisa juga dilakukan melalui perangkat android.

Saat ini ada banyak sekali aplikasi berbasis android yang bisa kita digunakan untuk mengirim file sebagai alternatif email, seperti whats app, facebook messengger dan beberapa media sosial lainnya.

Aplikasi media sosial tersebut selain dapat digunakan untuk keperluan chating atau media mengirim pesan pengganti sms, juga dilengkapi dengan fitur untuk mengirim file terutama file dalam bentuk gambar, atau photo.

Berkaitan dengan facebook,saat ini ada banyak sekali pertanyaan mengenai cara mengirim file dokumen seperti dokumen pdf, docx, excel maupun dokumen lainnya melalui aplikasi facebook messengger.

Untuk facebook berbasis web yang biasa kita akses di komputer, mengirim file lewat fitur chating facebook bukanlah perkara sulit, sangat mudah sekali untuk digunakan, bahkan bisa digunakan untuk mengirim file dokumen dalam berbagai format.

Tapi Bagaimana dengan Aplikasi facebook messengger berbasis android, apakah bisa digunakan untuk mengirim file dokumen selain foto atau gambar, Fasalnya banyak yang mengalami kesulitan untuk mengirim file dokumen melalui facebook messengger seperti pdf, docx dan file dokumen lainnya.

Ternyata Facebook messengger tidak bisa digunakan untuk mengirim file dokumen ( PDF, Docx dll)

Memang ketika kita menggunakan facebook berbasis web menggunakan browser, kita bisa mengirim file dikumen seperti pdf, docx maupun file dokumen lainnya dengan mudah melalui aplikasi chating.

Tapi sayangnya untuk aplikasi facebook messengger berbasis android, sepertinya tidak bisa digunakan untuk mengirim file dalam bentuk dokumen seperti file pdf, docx maupun file dokumen lainnya. 

Facebook messengger hanya bisa digunakan untuk mengirim file dalam format gambar saja tidak bisa digunakan untuk mengirim file dalam bentuk dokumen.

Gunakan facebook berbasis web di komputer anda untuk mengirim file dikumen

Jika anda tetap ingin mengirim file dokumen melalui aplikasi facebook , maka alternatif yang bisa digunakan adalah melalui aplikasi facebook berbasis web yang harus diakses menggunakan browser di komputer pc atau laptop anda .

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Aktifkn komputer anda

2. Akses situs facebook.com

3. Cari dan klik teman yang ingin anda kirim pesan

4. Kemudian klik ikon pesan pada halaman profil teman anda


5. Tekan tombol Untuk mengiirim gambar/foto atau file, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:



6. Kemudian pilih file dokumen seperti pdf, docx dan dokumen lainnya dari komputer anda, maka file pun akan masuk ke pesan dan akan dikirmkan secara otomatis ke teman facebook anda.



Kesimpulan

Mengirim file  dokumen seperti dokumen pdf, docx, dll, via facebook messengger berbasis android tidak bisa dilakukan, karena aplikas facebook messengger berbasis android tidak bisa menyediakan fitur untuk mengirim file, kecuali file gambar atau foto.

Jika anda tetap ingin mengirim file via facebook messengger, maka anda bisa menggunakan facebook messege berbasis web di komputer pc atau laptop anda.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon