Friday, September 22, 2017

Tips mengatasi masalah SOD (Sleep of death) pada hp android

Tips mengatasi masalah SOD (Sleep of death) pada hp android - Android sampai hari ini mampu menjadi salah satu sistem operasi yang paling banyak digunkan di ranah teknologi smartphone, perkembangannya cukup pesat dan fiturnya pun sangat lengkap, namun bukan hanya itu saja, banyak pengguna yang memilih menggunakan smartphone dengan sistem operasi android dikarenakan android sangat mudah sekali digunakan walaupun oleh pengguna awam sekalipun.

Walaupun android dapat dikatakan sempurna, pada kenyataannya masih ada saja permasalahan sistem yang terkadang sering muncul dan dialami oleh beberapa pengguna, salah satu permasalahan yang sering muncul adalah hp android tiba-tiba mati sering mati sendiri dan seolah-olah masuk ke kondisi sleep nanum sangat susah sekali untuk di hidupkan.

mengatasi sod di hp android


Permasalahan tersebut dikenal dengan istilah SOD atau Sleep of death, bisa dialami oleh merk ponsel apapun dengan sistem operasi android dari seri awal sampai marsmallow bisa mengalami hal tersebut. Permasalahan tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya bisa karena pengguna memasang aplikasi tertentu, permasalahan sisten dan lain sebagainya.

Untuk anda yang mengalami masalah SOD (Sleep of death) pada smartphone android miliknya di artikel kali ini saya akan uraikan beberapa tips untuk mengtasi permasalahan tersebut, semoga tips yang saya bagikan ini bisa mengatasi permasalahan SOD yang dialami oleh hp android anda.

 Tips mengatasi masalah SOD (Sleep of death) pada android

Berikut beberapa tips yang bisa anda coba untuk mengatasi masalah SOD atau sleep of death yang mungkin anda alami pada hp android anda:


1. Hidupkan kembali hp android anda yang sudah mengalami sod.
Jika hp android anda mengalami SOD, langkah pertama untuk mengatasinya adalah menghidupkan hp tersebut.

Biasanya Hp android setelah mengalami SOD akan sulit untuk dihidupkan secara normal menggunakan tombol power, oleh karena itu beberapa cara yang bisa anda coba untuk menghidupkannya Jiadalah sebagai berikut:
  • Tekan tombol power dalam waktu yang lama hingga hp melakukan restart dan menyala.
  • Jika masih tidak bisa, copot baterai, lalu pasang kembali kemudian hidupkan ulang menggunakan tombol power secara normal.
  • Jika hp anda baterainya tidak bisa dicopot, maka untuk menghidupkan hp tersebut, anda bisa mencoba dengan cara menekan tombol power + tombol volume bawah secara bersamaan, tahan beberapa saat hingga hp menyala.

2. Jika anda mengalami SOD setelah mengupdate atau menginstal aplikasi, maka coba uninstal aplikasi yang anda update atau anda instalkan, beberapa masalah terjadinya SOD bisa dikarenakan oleh aplikasi yang terinstal.

3. Jika anda mengalami SOD setelah melakukan update ROM silahkan kembalikan ke versi ROM semula, bisa jadi penyebabnya karena adanya bug pada rom yang anda gunakan yang memicu SOD.
 
4. Coba lakukan factory reset / hard reset
Sebelum melakukan factory reset sebaiknya anda backup dulu data di hp anda, siapa tau dengan melakukan hard reset hp bisa berfungsi kembali dengan  baik dan SOD tidak muncul kembali.

Di beberapa merk HP yang kebetulan mengalami SOD, hard reset atau factory reset terkadang tidak bisa berfungsi, permasalahan SOD kembali dan tidak pernah bisa di atasi, cara terakhir adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi khusus.

5. Gunakan Aplikasi SOD Killer / Wake Lock
Jika langkah-langkah di atas setelah anda coba tetap saja belum bisa mengatasi masalah SOD pada hp android anda, maka langkah terakhir adalah menggunakan bantuan aplikasi.

Silahkan instal aplikasi SOD Killer, beberapa kasus dengan menggunakan sod killer permasalahan SOD bisa diatasi, tapi sayangnya  hp anda akan terus dalam keadaan aktif, ini artinya baterai anda akan lebih cepat terkuras.

Jika memakai sod killer masih tidak berhasil, anda bisa coba memakai aplikasi Wake Lock - Power Manager yang bisa anda dapatkan dari google play store, silahkan pasang di hp android anda dan lakukan pengaturan pada opsi PARTIAL_WAKE_LOCK, beberapa kasus dengan menggunakan aplikasi wake lock bisa mengatasi masalah SOD pada hp android.


Demikian artikel sederhana mengenai Tips mengatasi masalah SOD (Sleep of death) pada android, semoga dengan mencoba tips di atas bisa mengatasi SOD yang sering anda alami pada hp android anda.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon