Friday, September 22, 2017

Mengatasi Hamparan layar terdeteksi (screen overlay detected) di android

Untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan izin akses sumber daya di smartphone android, biasanya akan muncul dialog yang meminta anda untuk mengizinkan akses tersebut dengan menekan tombol, informasi izin tersebut  munculnya biasanya sih satu kali saja ketika aplikasi pertama kali digunakan,

Ada satu permasalahan yang terkadang sering membuat jengkel pengguna, yaitu ketika muncul dialog konformasi untuk meminta anda mengizinkan aplikasi tersebut, etelah di konfirmasi muncul lagi dialog yang mengharuskan anda melakukan pengaturan secara manual.

Seperti misalnya pada aplikasi yang mengakses sumber daya GPS untuk mengakses lokasi atau peta, selalu muncul dialog informasi dengan pesan "Hamparan layar terdeteksi  (screen overlay detected)", dialog tersebut akan meminta pengguna untuk membuka pengaturan / setelan untuk menonaktifan hamparan layar secara manual, seperti terlihat pada gambar screen shoot di bawah ini:



Pesan tersebut biasanya sering muncul di hp android dengan sistem operasi versi marsmallow, dan paling sering dialami oleh pengguna beberapa seri hp samsung dengan sistem android, seperti samsung j2 prime, samsung note 4, samsung j7, samsung j5, bahkan hp lenovo dan merk hp lainnya juga kadang mengalaminya juga.

Pesan tersbut sebenarnya bukan error, namun sebuah pesan yang meminta anda untuk melakukan pengaturan secara manual, guna menonaktifkan hamparan layar.

Tentu saja untuk orang awam akan kesulitan bagaimana harus melakukan pengaturan tersebut, karena memang di informasi yang muncul tidak disebutkan langkah-langkahnya.

Mengatasi Hamparan layar terdeteksi (screen overlay detected) di HP android

Jika anda mengalami permasalahan munculnya dialog informasi hamparan layar tidak terdeteksi seperti gambar di atas, dan anda kesulitan bagaimana memperbaikinya, maka anda bisa mengukuti langkah-langkah yang diuraikan di artikel ini.

Langkah-langkah untuk memperbaiki hamparan layar terdeteksi adalah sebagai berikut:

1. Pada dialog yang muncul klik saja pada tulisan  Buka setelan, atau aktifkan hp android anda, lalu masuk ke halaman setelan / pengaturan / settings.

2. Cari menu Aplk / apps / installed app / aplikasi terinstal, (beberapa merk hp menyajikannya di menu berbeda). seperti pengaturan > aplikasi > manager aplikasi >

3. Silahkan klik pada aplikasi yang akan diberi izin, (aplikasi yang ketika dijalankan  muncul dialog informasi "hamparan layar terdeteksi "), sebut saja aplikasi Uber atau aplikasi yang membutuhkan akses lokasi.

Anda akan masuk ke Halaman info aplikasi,

4. Pada halaman info aplikasi, cari opsi Izin / daftar Izin / perizinan apl, mungkin di hp anda menunya berbeda.

5. Kemudian pada halaman daftar izin anda akan melihat beberapa opsi seperti:
  • Kontak
  • Lokasi Anda
  • Penyimpanan
  • SMS
  • Telepon
 Biasanya sih tergantung dari sumber daya yang digunakan aplikasi tersebut.
 Jika pada opsi anda melihat opsi Lokasi anda, maka silahkan aktifkan opsi Lokasi Anda

Dengan mengaktifkan Opsi Lokasi anda di pengturan izin aplikasi biasanya masalah hamparan layar terdeteksi bisa diatasi, silahkan anda coba jalankan kembali aplikasi anda sebelumnya.

Permasalahan belum teratasi, masuk safe mode

Jika masih tidak bisa anda bisa coba masuk ke safe mode hp android anda untuk pengaturan di atas, untuk masuk ke safe mode langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Matikan HP
  • Hidupkan dengan menekan tombol Power + Volume down, sampai layar hp menyala, anda biasanya akan masuk ke tampilan safe mode.
Setelah masuk ke safe mode anda bisa mencoba kembali langkah-langkah yang diuraikan di atas dalam mode safe mode.

Setelah itu restart kembali hp android anda agar kembali pada tampilan normal.

Itulah cara Mengatasi Hamparan layar terdeteksi (screen overlay detected) di android, semoga membantu.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon