Friday, August 18, 2017

2 Tips ampuh Mengatasi Sim card Error tidak terbaca di iPhone (no sim card instaled)

Tags

2 Tips ampuh Mengatasi Sim card Error tidak terbaca di iPhone (no sim card instaled) - HP atau smartphone tanpa simcard akan sangat kurang berguna dan penuh keterbatasan, karena fungsi simcard dalam perangkat mobile sangat penting sekali, setiap perangkat mobile pasti sudah mendukung simcard dan simcard akan otomatis berfungsi ketika digunakan.

Tapi sayangnya ada saja permasalahan yang bisa muncul yang berkaitan dengan simcard ini, permasalahan ini sering muncul bukan hanya di perangkat dengan sistem operasi android, perangkat IPhone sekalipun yang kita kenal sebagai salah satu perangkat mobile yang cukup tangguh dan spesial pun bisa mengalami masalah terkait error simcard ini.

solusi mengatasi masalah sim card tidak terbaca di iphone


Salah satu masalah error pada simcard yang terkadang bisa dialami oleh pengguna iPhone adalah sim card tidak terbaca, sim card seolah tidak didukung, padahal terasa sudah terpasang dengan baik.

Ada banyak sekali penyebab kenapa iPhone tidak bisa membaca keberadaan simcard padahal kartu sudah terpasang di slot yang tersedia, beberapa penyebabnya bisa saja, karena ukuran kartu yang tidak match / cocok dengan slot, kartu sudah rusak, atau slot sim cardnya yang justru mengalami kerusakan.

Ketika kartu tidak terbaca biasanya akan muncul pesan peringatan yang "SIM Card tidak valid atau tidak sah",  atau pesan "tidak ada kartu sim yang terpasang". Itu artinya simcard tidak dikenali oleh perangkat.

Tapi untuk mengetahui permasalahan sebenarnya kita harus mampu apa penyebab sebenarnya sehingga simcard tidak terbaca oleh perangkat iphone, jika penyebab masalah sebenarnya sudah dikenali, kita akan lebih mudah mencari solusinya.

2 Tips ampuh Mengatasi Sim card tidak terbaca di IPhone

Untuk anda yang kebetulan sedang mengalami masalah pada sim card, di iphone yang anda gunakan tidak mau mengenali kartu sim yang terpasang, maka  untuk mengatasinya anda bisa mencoba tips-tips berikut ini:

Tips Ke #1: Lakukan pengecekan dasar

Tips pertama ini berdasarkan apa yang saya kutif dari situs resmi apple mengenai kartu SIM IPhone yang tidak terbaca, bahwa ketika perangkat iPhone tidak bisa mengenali kartu sim yang terpasang, maka lakukan hal-hal berikut:

a. Pastikan kartu sudah terpasang, lalu aktifkan mode pesawat. tunggu beberapa saat lalu nonaktifkan mode pesawat, lihat apakah kartu sudah dapat dikenali.

b. Restart iPhone dengan cara Tekan dan tahan tombol power hingga Anda melihat penggeser. Tarik penggeser untuk mematikan perangkat. Setelah iphone mati, selanjutnya hidupkan dengan cara tekan terus tombol power dan tombol Home  secara bersamaan, tunggu beberapa saat hingga muncul logo Apple pada layar. tunggu sampai iphone menyala dan amati kartu apakah sudah terdeteksi.

c.  Coba lakukan pembaharuan sistem ke iOS versi terbaru,  update atau pembaruan dapat dilakukan melalui menu pengaturan > umum > tentang, coba cek jika ada pembaharuan silahkan coba lakukan pembaharuan.

d. Aktifkan mode pesawat, lalu copot kartu sim kemudian pasang kembali, pastikan posisinya benar dan tidak longgar, silahkan amati apakah sudah terdeteksi.

e. Coba gunakan kartu sim yang lain, amati apakah permasalahan masih tetap sama, dan gunakan kartu sim yang digunakan di iphone di perangkat lain, apakah berfungsi dengan baik, ini untuk memastikan bahwa kartu sim yang digunakan benar-benar dalam kondisi baik.

f. Buka kartu kembali lalu coba bersihkan permukaan logam kartu menggunakan penghapus, lalu pasang ulang, bisa jadi penyebabnya kartu tertutupi kotoran sehingga tidak terdeteksi.

Tips ke #2: Coba cek di service center IPhone.

Jika setelah melakukan tips dasar di atas, permasalahan pada iphone anda masih tetap sama, kartu masih tidak bisa terbaca, maka kemungkinan besar bisa jadi permasalahannya karena slot simcard hp iphone anda rusak.

Untuk memastikannya anda bisa bawa ke tungkat service iphone, jika memang benar terjadi kerusakan anda bisa menggantinya, biasanya tidak lama hanya beberapa menit saja selesai jika ada stock onderdilnya, yang lama biasanya antrinya.

Baca juga: Cara mudah mengembalikan data terhapus di iPhone

Itulah beberapa  Tips untuk Mengatasi Sim card tidak terbaca di IPhone, semoga dengan mencoba cara-cara yang diuraikan di artikel di atas bisa mengatasi permasalahan kartu sim yang tidak terbaca di hp iphone anda. selamat mencoba dan semoga berhasil.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon