Thursday, August 10, 2017

9 keluhan pengguna hp xiaomi (all version / seri) yang sering dialami

9 keluhan pengguna hp xiaomi all version yang sering dialami  - Sebenarnya sebuah produk baik itu produk elektronik maupun non elektronik tidak ada yang 100% sempurna, selain memiliki kelebihan tersendiri juga tidak lepas dari adanya kekurangan termasuk salah satunya terjadi pada perangkat xiaomi.

Beberapa kekurangan yang terdapat pada hp xiaomi baik karena bug sistem, atau karena adanya modifikasi sering membuat pengguna mengeluh, sehingga pengguna merasa tidak puas dengan hp xiaomi yang dimilikinya.

Saat ini sudah banyak produk xiaomi yang sudah di release ke pasaran dengan berbagai versi dan bermacam-macam fitur menarik, xiaomi banyak dilirik karena selain harganya murah fitur dan spesifikasinya terbilang sangat tinggi jika dibandingkan dengan merk hp lainnya dengan spesifikasi sejenis.

keluhan pengguna hp xiaomi


Selain itu walaupun harganya murah tidak lantas membuat hp xiaomi dicap sebagai hp murahan, malahan banyak yang menjuluki hp xiaomi sebagai perangkat iphone dari negeri tirai bambu, dikarenakan inovasi baik perangkat keras maupun perangkat lunak sedikit unik dan berbeda dengan merk hp android kebanyakan.

Sayangnya walaupun murah untuk membeli hp xiaomi sebaiknya harus hati-hati, karena banyak produk xiaomi yang beredar di indonesia rom atau firmware nya sudah dimodifikasi sehingga saat ini banyak beredar produk xiaomi dengan sebutan xiaomi abal-abal atau kutukan, karena memang xiaomi dengan rom distributor banyak memiliki kekurangan bahkan cendrung dapat merugikan anda.

keluhan pengguna hp xiaomi all version yang sering dialami

Di artikel kali ini saya ingin membahas mengenai beberapa keluhan yang sering dialami oleh pengguna hp xiaomi, semoga adanya artikel ini dapat memberikan tambahan informasi buat anda yang berniat ingin membeli hp xiaomi.

1. Jaringan 4G tidak aktif padahal hp xiaomi sudah mendukung fitur 4G LTE

Ini sering terjadi bahkan hampir di semua hp xiaomi dengan beberapa seri terutama hp xiaomi yang sudah mendukung 4G lte seperti xiaomi redmi note 3, xiaomi redmi 3 dll, walaupun perangkat xiaomi sudah mendukung 4G lete, jaringan 4G tidak aktif, padahal kartu yang digunakan sudah support 4G.

Ada beberapa kemungkinan kenapa jaringan 4G di hp xiaomi anda diantaranya adalah:

a. Jaringan 4G di hp xiaomi sengaja di lock atau dikunci.
Beberapa kasus jaringan 4G di hp xiaomi sengaja di lock dengan alasan agar xiaomi bisa dipasarkan di indonesia, mengingat saat ini jika di perangkat tidak ada kandungan dalam negeri ilegal untuk di pasarkan di indonesia. sehingga salah satunya perangkat sengaja di kunci oleh pihak distributor.

b. Rom abal-abal, 
Penyebab kedua karena xiaomi yang digunakan memiliki rom abal-abal alias rom yang sudah dimodifikasi oleh distributor.

c. Bug sistem
Penyebab lainnya karena bug dari sistem xiaomi, ini bisa diatasi dengan cara melakukan update atau flasing rom (berganti rom).


2. Lag pada kamera video dan suara

Permasalahan kedua yang sering dikeluhkan oleh pengguna xiaomi adalah lag pada kamera, pemutar video bawaan dan juga suara yang tersendat-sendat macet.

Ini pernah saya alami pada hp xiaomi saya xiaomi redmi note 4, penyebab permasalahan tersebut adalah karena bug pada sistem xiaomi, padahal rom yang digunakan sudah rom resmi global official.

Tapi untngya permasalahan ini sudah dapat diatasi seluruhnya dengan cara melakukan update miui xiaomi redmi note 4 ke versi 8.2.1.0 untuk atasi lag, dan hp xiaomi redmi note 4 saya saat ini nyaris sempurna, bug sudah hilang dengan cara melakukan update miui xiaomi melalui OTA.

3. Baterai Non removable

Beberapa versi xiaomi seperti xiaomi redmi 3 dan xiaomi redmi note 4 baterainya tidak bisa dibongkar pasang, kalo menurut saya sih tidak masalah, namun beberapa pengguna ternyata banyak yang mengeluhkan  desain baterai yang non removable tersebut. ya mungkin baterai yang bisa dicopot bisa mengantisifasi hal-hal yang bisa terjadi yang menuntut harus mencopot baterai.

4. Banyak produk xiaomi dengan rom abal-abal (tidak resmi)

Rom xiaomi pada umumnya berisi sistem operasi android xiaomi, xiaomi yang beredar di pasara indonesia ternyata banyak yang memiliki rom abal-abal atau rom yang sudah dimodifikasi oleh distributor, sehingga rom abal-abal banyak memiliki kekurangan.

Xiomi dengan rom abal-abal bisa dijumpai hampir di semua seri xiaomi, jadi anda harus hati-hati ketika ingin membeli hp xiaomi silahkan baca tips sebelum membeli hp xiaomi agar anda tidak dirugikan, sehingga anda mendapatkan produk xiaomi yang benar-benar berkualitas dan memuaskan.

5. Tidak bisa melakukan update sistem

Jika xiaomi anda tidak bisa melakukan update sistem, maka itu artinya rom hp xiaomi yang anda miliki merupakan rom abal-abal alias tidak resmi sudah dimodifikasi oleh distributor secara sengaja.

6. Banyak bermunculan Iklan

Ini banyak juga dikeluhkan oleh pengguna hp xiaomi, xiaomi banyak bermunculan iklan tiba-tiba, ini sebenarnya bukan kesalahan dari xiaominya, namun biasanya penyebabnya adalah rom yang digunakan adalah rom abal-abal yang sudah di injek kode iklan dengan sengaja guna mencari keuntungan pihak distributor.

Hati-hati saja ketika membeli produk xiaomi jangan sampai mendapatkan produk xiaomi dengan rom abal-abal, meskipun memiliki kelebihan, rom abal-abal xiaomi memiliki banyak sekali kekurangan. silahkan baca: kelebihan dan kekurangan rom distributor xiaomi

7. Banyak xiaomi dengan Garansi distributor

Xiaomi yang beredar di pasaran indonesia banyak yang memiliki garansi distributor, kabarnya pengurusan klaim garansi distributor terkadang dikeluhkan pengguna ketika hp xiaomi miliknya mengalami kendala bawaan, sedikit ribet untuk mengurusnya.

Tapi saat ini cukup banyak juga xiaomi dengan garansi resmi TAM, jadi ini bisa menjadi pilihan anda ketika membeli hp xiaomi dengan memiliki xiaomi yang memiliki garansi resmi.

Baca: kenali perbedaan garansi resmi dan distributor xiaomi

8. Error pada camera

Beberapa seri xiaomi tidak sedikit yang mengalami error pada kamera, kamera tidak terbuka ketika hendak digunakan, biasanya muncul pesan pemberitahuan can't connect to camera, tapi permasalahan ini muncul biasanya karena ada hal-hal yang dilakukan pengguna terhadap hp xiaomi miliknya, seperti melakukan flashing atau mengganti rom dengan rom yang kurang cocok dan lain sebagainya.

Baca : cara atasi error pada kamera xiaomi

Namun ada juga karena memang perangkat kameranya sudah rusak. jadi jika anda ingin membeli sebaiknya periksa dengan seksama pemutar video, suara dan juga kamera, mengingat kamera saat ini merupakan fitur wajib yang sering digunakan.

9. Tidak ada google play store

Oh ya Salah satu keluhan dari pengguna xiaomi adalah tidak adanya aplikasi google play store, padahal kita tau google play store merukan aplikasi wajib yang harus ada untuk instal aplikasi android.

Tapi harus tau di hp xiaomi bisa jadi tidak ada google play store, penyebabnya adalah rom xiaomi yang digunakan rom cina, biasanya selain tidak ada play store, bahasa yang bisa diplih juga hanya bahasa cina dan inggris.

Jadi pastikan anda membeli xiaomi bukan rom cina, pastikan membeli xiaomi dengan memilih xiaomi dengan rom global official.


Menurut saya xiaomi merupakan produk yang handal dan sangat bandel artinya tidak mudah rusak, permasalahan bisa saja terjadi baik itu karena adanya bug sistem, perangkat hardware yang bermasalah atau karena di oprek secara sengaja oleh pengguna.

Jika karena bug sistem biasanya xiaomi secara rutin selalu melakukan update, untuk memperbaikinya anda bisa melakukan update sistem xiaomi anda.

Untuk mendapatkan hp xiaomi sebaiknya anda memilih hp xiaomi yang sudah memiliki testimoni yang baik dan pastikan juga rom hp xiaom yang anda pilih adalah rom resmi bukan abal-abal, setidaknya anda bisa membedakan ciri rom xiaomi abal-abal dan resmi agar anda mendapatkan xiaomi yang berkualitas.


Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon