Sunday, May 13, 2018

Menjalankan (run) Project android studio langsung ke HP Lenovo via usb

Di artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai cara run projek android studio langsung ke hp xiaomi, masih membahas kasus yang sama kali ini saya akan coba menguraikan langkah-langkah bagaimana cara menjalankan projek android langsung ke hp lenovo.

Kita ketahui bersama, saat ini untuk membuat aplikasi android yang paling direkomendasikan oleh google adalah menggunakan aplikasi android studio. aplikasi ini merupakan aplikasi pengganti eclipse seblumnya, karena eclipse sudah tidak didukung lagi, kini hadir aplikasi android studio yang lebih lengkap dan terus mendapatkan dukungan dari google.

Untuk menjalankan atau run project aplikasi android di android studio, ada beberapa cara yang bisa kita gunakan , kita bisa menggunakan emulator android berbasis windows seperti nox, bluestack dan aplikasi serupa lainnya, kita juga bisa menggunakan android virtual device (AVD) yang sudah disediakan langsung oleh aplikasi android studionya, atau bisa juga menggunakan smartphone android langsung.



Yang paling praktis untuk tes menjalankan projek android adalah langsung menggunakan hp android asli melalui kabel USB, saat ini hampir semua merk hp android bisa digunakan untuk mengetes menjalakan projek android studio, seperti lenovo, xiaomi, asus, samsung, oppo dan merk hp android lainnya.

Sayangnya ketika menggunakan hp android langsung, kendala yang sering dialami adalah hp android tidak dapat terdeteksi oleh aplikasi android studio, sehingga projek android studio pun gagal untuk dijalankan.

Permasalahan tersebut salah satu penyebabnya karena driver android debug bridege (ADB) dan juga driver usb untuk smartphone yang kita gunakan tersebut belum terinstal di perangkat komputer yang kita gunakan.

Menjalankan (run) Project android studio langsung ke HP Lenovo via usb

Ketika ingin menjalankan projek android langsung ke hp lenovo, maka umumnya hp lenovo tidak akan bisa terdeteksi atau terbaca oleh android studio, itu karena adb driver untuk hp lenovo belum dikenali oleh sistem operasi windows yang kita gunakan, sehingga tidak terbaca oleh android studio.

Untuk anda yang kebetulan mengelami hp lenovo tidak terdeteksi oleh android studio untuk me run projek aplikasi android, maka langkah-langkah agar bisa run adalah sebagai berikut:

1. Hubungkan hp lenovo anda dengan komputer menggunakan kabel USB
Pastikan aplikasi android studio aktif, kemudian silahkan coba hubungkan hp lenovo anda dengan laptop atau komputer anda melalui kabel USB

2. Aktifkan Opsi pengembang di hp lenovo anda
Setelah adb driver anda instal, selanjutnya aktifkan opsi pengembang di hp lenovo anda.

Jika setelah diaktifkan hp lenovo anda masih saja tidak terdeteksi oleh android studio, itu artinya adb driver lenobo belum terpasang di komputer anda.

3. Instal LenovoSuite / adb driver untuk lenovo
Beberapa seri hp lenovo, ketika dicolokan ke laptop atau komputer via usb, maka akan diminta untuk menginsal lenovo suite yang sudah tersedia secara bawaan di perangkat penyimpanan lenovo anda.

Jika aplikasi lenovo suite tidak tersedia, maka anda bisa mendownload adb driver untuk seri hp lenovo yang anda gunakan, silahkan download disini untuk mendapatkannya.

Cari adb driver yang sesuai dengan seri hp android anda, kemudian instalkan pada komputer anda, setelah terinstal, restart komputer anda dan jalankan kembali android studio di komputer anda.

4. Jalankan kembali projek android
Setelah adb driver lenovo terpasang di komputer anda, selanjutnya coba jalankan kembali projek android.

Silahkan baca, cara menjalankan projek android di android studio, jika anda baru pertama kali mencobanya.

Lalu nanti pilih perangkat lenovo yang anda gunakan.

Jika berhasil, maka projek android pun bisa dijalankan di hp lenovo anda.

Semoga langkah-langkah di atas bisa mengatasi permasalahan anda untuk kasus Menjalankan (run) Project android studio langsung ke HP Lenovo via usb yang tidak bisa berjalan.

Semoga membantu.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon