Saturday, January 23, 2016

Kenapa Sistem Operasi Android begitu Populer dan Penomenal

Android, mendengar kata tersebut setidaknya anda berfikir tentang sebuah robot yang biasa muncul di film-film, ya itu dulu sebelum sistem operasi android menguasai pangsa pasar teknologi smartphone saat ini, sekarang ketika mendengar kata android orang akan langsung berfikir mengenai sebuah smartphone hp atau tablet dengan sistem operasi android yang menggunakan logo robot hijau yang lucu, dan unyu-unyu.

Android saat ini sudah lekat dengan sebuah brand sistem operasi yang banyak digunakan oleh berbagai teknologi smartphone, dan hebatnya lagi teknologi ini sanggup mengalahkan popularitas teknologi sistem operasi yang sebelumnya digunakan oleh banyak smartphone. sehingga android saat ini bisa menjadi sebuah sistem operasi mobile yang paling populer dan fenomenal.

Popularitas Sistem operasi android

Berbincang tentang sejarah Android

Android pada awalnya berasal dari nama sebuah perusahaan bernama Android, Inc. yang didirikan  di Palo Alto, California Amerika Serikat, pada Oktober tahun 2003 oleh orang-orang hebat di dunia teknologi yaitu:

  • Andy Rubin (pendiri Danger), 
  • Rich Miner seorang pendiri Wildfire Communications, Inc., 
  • Nick Sears seorang mantan VP T-Mobile, dan 
  • Chris White seorang kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV 


Tujuan didirikan perusahaan ini adalah untuk mengembangkan sebuah "perangkat seluler pintar yang lebih sadar tentang lokasi dan preferensi penggunanya". Tujuan awal dari perkembangan tersebut pada mulanya diperuntukkan bagi kamera digital, namun disadari bahwa pasar dari kamera digital tidak besar potensinya, dan pengembangan Android lalu dialihkan pada pasar telepon pintar atau smartphone untuk menyaingi Sistem operasi populer pada saat itu seperti Symbian, Windows Mobile (iPhone Apple pada saat itu belum dirilis), dan sistem operasi populer dijamannya.

Meskipun para pengembang Android tersebut merupakan pakar-pakar teknologi yang berpengalaman, Android Inc. dijalankan secara diam-diam dan hanya diungkapkan bahwa para pengembang tersebut sedang berusaha menciptakan sebuah perangkat lunak yang dapat diperuntukkan untuk telepon seluler.

Masih pada tahun yang sama, Andy Rubin kehabisan uang. Untuknya seorang temannya yang bernama Steve Perlman rela meminjaminya uang sebesar $10.000 tunai serta menolak tawaran saham di perusahaan.

Melihat potensi android, pada tanggal 17 Agustus 2005 Google resmi mengakuisisi perusahaan Android Inc.  dan menjadikannya sebagai anak perusahaan yang dimiliki oleh Google. Pendiri Android Inc. yaitu Rubin, Miner, serta White tetap bekerja pada perusahaan tersebut setelah diakuisisi oleh Google. Di Google, tim yang dipimpin oleh Andy Rubin mulai untuk mengembangkan sebuah platform perangkat seluler dengan menggunakan kernel Linux.

Penyebab Android begitu Populer?

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan kenapa android begitu penomenal sampai saat ini meskipun sistem operasi mobile untuk saat ini banyak sekali yang memiliki teknologi luar biasa, berikut beberapa faktor yang menyebabkan android begitu populer:

a. Android saat ini adalah milik google dan terus didanai dan dikembangkan menjadi teknologi sistem operasi yang lebih baik dan dapat bersaing.

b. Android berbasis open source dan gratis, sehingga memberikan peluang kepada perusahaan-perusahaan perangkat mobile dunia untuk ikut menggunakan sistem operasi android tanpa harus membayar licensi, mereka bebas mengembangkan memodifikasi sistem operasi android untuk digunakan pada ponsel cerdas yang mereka miliki.

c. Pengembangan aplikasi android terbuka bagi siapapun.
Satu hal yang merupakan kelebihan android adalah mereka menyajikan aplikasi pengembang yang bersifat open source dan gratis, ini yang menyebabkan para programmer dunia berlomba-lomba untuk membuat aplikasi android yang bisa berjalan di perangkat mobile yang menggunakan sistem operasi android.

d. Layanan android dikelola oleh google
Semua hal yang berkaitan dengan layanan aplikasi android di kelola secara profesional oleh google, pengguna android dapat dengan mudah mengunduh aplikasi yang tersedi di google play store yang siap diunduh kapanpun dan dimanapun.

e. Adanya kerjasama periklanan dengan pengembang aplikasi android.
Google menawarkan kerjasama dengan pengembang aplikasi dalam bentuk sebuah iklan, pengembang bisa memasang iklan pada aplikasi android yang mereka buat dan mereka akan mendapatkan komisi dari iklan yang mereka pasang, ini yang membuat semangat para pengembang termotivasi.

f. Antarmuka yang sederhana.
Anatarmuka yang disajikan sistem operasi android sangat sederhana sehingga sangat userfrienly dan banyak disukai oleh pengguna.


Saat ini Seluruh pasar perangkat mobile hampir menggunakan sistem operasi android pada smartphone yang diproduksinya, sehingga membuat sistem operasi android makin penomenal dan semakin populer.

This Is The Oldest Page

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon