Tuesday, July 10, 2018

Tidak bisa mengambil screen shoot karena ruang penyimpanan terbatas atau apl tidak mengizinkan.

Di artikel sebelumnya saya pernah menguraikan bagaimana cara mengambil screenshoot atau tampilan layar di hp android, umumnya ada 2 cara yang bisa digunakan untuk mengambil screenshoot, bisa menggunakan aplikasi bawaan yang secara default sudah terinstal di hp android, bisa juga menggunakan bantuan aplikasi pihak ke 3.

Pengambilan screen shoot sangatlah mudah, bisa menggunakan kombinasi tombol perangkat atau bisa juga menggunakan tombol pada aplikasi yang disediakan, setiap screenshoot diambil, maka gambar hasil screenshoot akan tersimpan secara otomatis di tempat penyimpanan perangkat, dan umumnya hasil tampilan gambar secara otomatis bisa dilihat dan akan muncul di aplikasi galeri.


Tapi terkadang karena alasan-alasan tertentu pengambilan screenshoot terkadang menemui kendala, salah satu kenadala yang kerap sekali dialami diantaranya adalah  gagalnya pengambilan screenshoot dengan munculnya notifikasi pemberitahuan (error message) bahwa screenshoot tidak bisa dilakukan seperti munculnya pesan error:


  • Tidak dapat menangkap layar dicegah oleh kebijakan keamanan
  • Tidak dapat mengambil gambar layar karena kebijakan keamanan
  • Tidak bisa mengambil screen shoot karena ruang penyimpanan terbatas atau apl tidak mengizinkan.
  • Couldn't save screenshot. Storage may be in use
  • Could’nt capture Screenshot. Can’t take screenshot due to limited storage space, or it isn’t allowed by the app or your organization’
Dan kendala lainnya.

Munculnya kendala di atas tentu ada penyebabnya, beberapa penyebabnya diantaranya adalah:
  1. Aplikasi tidak mengizinkan untuk diambil screenshootnya, biasanya tampilan di aplikasi mengandung hak cipta sehingga tidak diizinkan untuk discreenshoot. contohnya seperti pada telegram, aplikasi untuk menembunyikan file atau data di hp xiaomi dan aplikasi lainnya.
  2. Ruang Penyimpanan perangkat penuh.
  3. Sistem android bermasalah / mengalami bug.
  4. Perangkat berat karena terlalu banyak membuka aplikasi.

Mengatasi Tidak bisa mengambil screenshoot di hp android

Untuk anda yang kebetulan mengalami kendala tidak bisa mengambil screen atau menangkap tampilan layar hp android anda, maka beberapa langkah berikut bisa anda coba untuk mengatasinya:

1. Coba restart hp android anda.

Langkah pertama yang bisa anda Coba adalah melakukan restart hp android anda,beberapa masalah terkait screenshoot berhasil diatasi setelah hp direstart.

2. Coba lakukan penghapusan memory.

Langkah kedua silahkan cek kapasitas penyimpanan hp android anda, bisa jadi penyebabnya karena kapasitas ruang penyimapanan hp android anda sudah penuh, untuk mengosongkan ruang penyimpanan silahkan coba hapus aplikasi-aplikasi yang tidak banyak digunakan, lalu coba lagi lakukan screen shoot.

3. Coba lakukan screenshoot pada tampilan aaplikasi lainnya

Jika anda menemukan kendala tidak bisa screenshoot untuk tampilan aplikasi tertentu, coba lakukan screen shoot untuk tampilan aplikasi yang lain apakah screen shoot berjalan, jika screenshoot tidak berfungsi hanya untuk aplikasi tertentu saja, boleh jadi penyebabnya adalah karena aplikasi tersebut sengaja tidak mengizinkan untuk ditangkap tampilan layarnya biasanya karena tampilannya mengandung hak cipta.

Jika kasusnya seperti itu maka tidak banyak yang bis anda lakukan.

This Is The Newest Post

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.
EmoticonEmoticon